Rumah yang nyaman tentu memerlukan furnitur. Sebagian dari kamu mungkin tergoda untuk membeli furnitur dengan harga miring. Untuk itu, kamu bisa menyimak tips beli furniture bekas berikut ini. 

 

Untuk membuat rumah menjadi nyaman dan enak dipandang, kamu perlu mengeluarkan biaya membeli furnitur yang tidak sedikit. Karena itu, membeli furnitur bekas menjadi opsi yang paling tepat. 

 

Tips Beli Furniture Bekas dengan Bijak

 

Membeli furnitur bekas tentunya akan menghemat biaya kamu. Namun kamu harus mengeluarkan lebih banyak waktu untuk melakukan riset.

 

Riset diperlukan guna memastikan apakah furnitur yang mau kamu beli masih dalam kondisi optimal. Berikut beberapa tips beli furniture bekas yang perlu kamu ketahui:

 

1. Buatlah perencanaan biaya

 

Tips beli furniture bekas pertama yang harus kamu perhatikan adalah membuat budget. Adanya budget bisa membantu kamu agar tidak mudah tergiur membeli furnitur yang terllau mahal.

 

Semakin rinci budget yang dibuat, semakin baik juga keuanganmu. Buatlah budget secara rinci untuk setiap furnitur dengan melakukan riset lebih dulu, mulai dari sofa, meja, dan lain sebagainya. 

 

2. Ukur luas ruangan

 

Tips yang kedua ini mungkin terlihat sepele. Tapi, sebenarnya sangat diperlukan. Jika tidak memperhitungkan luas ruangan, maka furnitur yang terlalu besar akan membuat ruangan kamu terasa penuh dan sesak.

 

Kamu bisa menanyakan ukuran furnitur bekas tersebut ke penjual furnitur. Apabila kamu merasa belum yakin, kamu juga bisa membawa alat pengukur sendiri dari rumah dan memastikan ukurannya sudah pas.

 

3. Perhatikan kualitas dan kecacatan barang

 

Tips beli furniture bekas yang selanjutnya adalah kamu perlu memperhatikan kualitas furnitur yang akan dibeli. Karena bukan barang baru, bisa saja furnitur yang kamu incar banyak memiliki kekurangan.

 

Karena itu, kamu perlu memperhatikan detail dari furnitur yang akan dibeli. Jika ada kerusakan kecil, pastikan kerusakan itu bisa diperbaiki dengan mudah tanpa memerlukan biaya yang terlalu banyak. 

 

Pinjaman Uang Online Mudah Cicilan Ringan 20 Bulan

 

4. Cermat dalam memilih dan menguji kualitas

 

Tips selanjutnya adalah kamu harus cermat dalam memilih dan juga mengetes kualitas. Hal ini mungkin lebih perlu diperhatikan oleh kamu yang membeli furniture bekas secara offline

 

Biasanya kecerobohan terjadi saat kamu lelah mengelilingi toko dan diburu waktu. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyediakan waktu berburu furnitur lebih dari satu hari.

 

Selain itu, kamu juga perlu mengetes kualitas dari furnitur bekas yang kamu minati dengan cermat. Walaupun kita membeli furnitur bekas, jangan sampai kualitasnya tidak sesuai ekspektasi kita.

5. Memadukan furnitur bekas dengan yang baru

 

Tips yang terakhir adalah dengan memadukan furnitur bekas dengan yang baru. Beberapa orang memutuskan membeli furniture bekas mungkin karena ingin menghadirkan nuansa vintage di rumah. 

 

Namun kesan vintage tersebut terkadang membuat ruangan terkesan kaku dan suram. 

 

Kamu bisa memadukan dengan furniture baru dengan model yang lebih modern di tengah susunan furniture bekas agar ruangan lebih terkesan dinamis dan berwarna.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Ide Mempercantik Rumah

  1. Tips Merawat Rumah dengan Interior Dominan Putih
  2. Trik Mempercantik Rumah dengan Desain Interior Praktis

 

Itulah tips beli furniture bekas yang bisa kamu pertimbangkan saat kamu melengkapi rumah kamu. Tentunya banyak keuntungan membeli furnitur bekas, seperti lebih hemat dan mendatangkan nuansa vintage untuk rumah kamu. 

 

Namun kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan saat membeli furniture bekas bahwa keputusan ini lebih memerlukan waktu untuk melakukan riset harga dan kualitas dari furniture bekas tersebut. 

 

Selain itu, kamu juga perlu memperbaiki bagian dari furniture yang rusak dan harus benar-benar cermat dalam memilih furniture bekas tersebut.

 

Apapun keputusan kamu, tentunya selalu ada pro dan kontra. Pastikan kamu mempertimbangkan mana keputusan yang terbaik dan paling cocok untuk gaya kamu.