SWARA – Kamar kos biasanya identik dengan imej sempit dan berantakan. Alasannya sederhana, satu ruangan seukuran kamar tapi dimaksimalkan untuk berbagai kegiatan. Mulai dari beristirahat, tidur, ngobrol atau berkumpul bersama teman, hingga bekerja. Hal ini akhirnya dianggap lumrah dan bukan hal yang buruk.

Padahal, sebenarnya nggak sulit membuat suasana kamar kos jadi rapi dan lebih nyaman. Mau tahu caranya? Ikuti 10 langkah praktis berikut ini dan buktikan hasilnya, ya!

 

Artikel terkait: Tips menata ruangan rumah

  1. Ingin Cepat Beradaptasi di Lingkungan Rumah Baru? Ini 5 Tipsnya!
  2. 5 Langkah Menata Rumah Tipe 21 Agar Terasa Lebih Lapang
  3. Sulap Dapurmu Tanpa Perlu Keluarkan Banyak Biaya, Ini 6 Caranya!

 

1. Mendaftar dan melabeli semua boks barang

Kamu bisa menandai masing-masing boks mulai dari yang penting dan sering dipakai hingga yang jarang. Gunakan penanda mencolok pada boks berisi barang yang penting agar kamu lebih mudah menemukannya. Bongkar dan pindahkan boks tersebut pertama kali untuk diatur. Berikutnya barulah boks dengan barang yang kurang esensial hingga box barang “receh”.

 

2. Cek ulang daftar barang yang kamu buat sebelum pindahan.

Pastikan kamu sudah menempatkan barang-barangmu sesuai dengan kelompoknya. Data ulang apa-apa saja barangmu dan pilah sesuai kategori. Umumnya kategorikan ke dalam perlengkapan tidur, penghuni meja belajar dan kebutuhan sekolah atau kantor, barang elektronik, perlengkapan dan suplai barang penghuni kamar mandi, obat-obatan, pakaian, perlengkapan makan dan makanan, hingga barang “lain-lain”.

 

3. Manfaatkan rak plastik gantung.

Untuk memanfaatkan space, kamu bisa lho memanfaatkan rak plastik gantung untuk barang “lain-lain”mu. Mulai dari persediaan kebutuhan mandi hingga makanan ringan. Dengan demikian barang-barang tersebut nggak berserakan di laci, meja atau dan lebih mudah ditemukan.

 

4. Buat jadwal bersih-bersih kamar.

Misalnya berapa kali dalam seminggu kamu angkat karpet untuk dijemur, atau bantal guling dan bed covermu. Untuk menyapu usahakan setiap hari saat kamu pulang beraktivitas, lalu mengepel lantai dua-tiga hari sekali. Kamu bisa menyediakan papan tulis gantung untuk menuliskan jadwal tersebut agar lebih mudah kamu lihat.

 

5. Modifikasi kotak penyimpanan tambahan.

Agar kamu nggak cepat bosan dan tertib mengembalikan barang sesuai tempatnya tanpa harus diingatkan, memodifikasi kotak penyimpanan agar terlihat lebih unik mungkin bisa membantumu.

 

6. Tempatkan kabel ekstensi atau power strip dalam laci meja.

Dengan demikian kamu nggak perlu merasa risih melihat kabel menjulur nggak jelas ke mana-mana.

 

7. Sekamar dengan teman, pakai papan jadwal yang mudah dijangkau.

Fungsinya tentu untuk dipergunakan sebagai pengingat.

 

8. Labeli setiap laci.

Agar kamu lebih mudah menemukan barang yang kamu perlu tanpa bongkar ini itu, kamu bisa beri nama setiap lacimu dengan label barang-barang yang jadi penghuninya.

 

9. Buat papan magnet.

Nggak semua barang-barang kamu tempatkan dalam laci atau di atas meja, papan magnet bisa lho kamu jadikan media penyimpanan tambahan. Dengan demikian laci dan meja bisa kamu manfaatkan untuk barang lainnya dan nggak terlihat terlalu penuh.

 

10. Gunakan wadah bersekat untuk barang sehari-hari.

Kunci, dompet, hape, kacamata misalnya. Beri label pada setiap sekat untuk barang-barang tersebut.

 

Artikel terkait: Tips ruangan rapi lainnya

  1. 4 Tips Bersih-bersih Rumah dalam Setahun
  2. 7 Rekomendasi Ide Penataan Apartemen Studio Agar Terlihat Lapang
  3. Baru Pindah Rumah? Supaya Lebih Aman dan Nyaman, Yuk Lakukan Hal Ini

 

Nah, sepertinya tips di atas cukup untuk memaksimalkan kamar seukuran kamar kos dengan efektif dan efisien sehingga bisa terlihat lebih rapi dan tentu juga lebih mudah untuk dirapikan kembali. Selamat mencoba.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


HENDRATANU WIJAYAHENDRATANU WIJAYA