SWARA- Selama ini, resepsi menjadi hal yang umum yang dilakukan setelah pasangan melakukan akad nikah. Resepsi dilakukan sebagai tanda terima kasih bagi para tamu yang sudah datang merayakan hari besar kedua pasangan dengan disediakannya berbagai macam makanan, minuman hingga hiburan. Namun, resepsi sebenarnya bukanlah hal yang wajib dilakukan dalam pernikahan.

 

Mungkin dari kamu yang ingin melangsungkan pernikahan pernah tebersit untuk nggak mengadakan pesta resepsi atau hanya melangsungkan pesta kecil-kecilan dengan mengundang keluarga dan teman dekat. Entah itu karena ingin penghematan biaya pernikahan atau memang ingin lebih privat saja dalam memaknai sebuah pernikahan.

 

Bagi kamu yang berniat untuk menikah tanpa resepsi, kamu akan tahu seluk beluknya dari yang saya tuliskan dibawah ini. Yuk, simak!

 

1. Sudah siap jika pernikahanmu dibicarakan orang

Resepsi dalam sebuah pernikahan sudah seperti budaya yang harus dilakukan dalam masyarakat. Karena itu, tentu pernikahan tanpa resepsi akan menjadi buah bibir orang-orang yang ada di lingkunganmu. Pasti mereka akan bertanya-tanya dan berspekulasi mengapa kamu nggak merayakan pernikahan dengan acara resepsi.

 

Kamu sebaiknya sudah siap untuk menghadapi omongan seperti itu. Kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu alasan apa yang bisa diterima orang banyak atas keputusan kamu untuk melangsungkan pernikahan tanpa resepsi. Kamu juga nggak perlu takut jika jadi bahan omongan orang, karena belum tentu juga melangsungkan pernikahan dengan resepsi akan bebas dari omongan orang lain. Tanggapi hal-hal tersebut dengan sikap positif agar nggak melukai hubunganmu dengan orang sekitar.

 

Artikel Terkait: Kiat Melangsungkan Pernikahan

  1. Tips Mudah Mengumpulkan Dana Untuk Pernikahan
  2. Ingin Dapatkan Gedung Pernikahan Terbaik? Simak Tipsnya!
  3. 8 Harga Sewa Venue Pernikahan di Jakarta Tahun 2019

 

2. Keterbatasan tamu undangan

Meski tanpa resepsi, orang-orang terdekat kamu akan tetap tahu rencana pernikahanmu dan tetap datang ke acara akadmu. Di sini kamu perlu menyadari jika pernikahan tanpa resepsi memiliki kekurangan yaitu tamu yang akan datang di acara pernikahanmu akan sangat terbatas. Bisa karena minimnya informasi yang tersebar dan karena tempat untuk menampung tamu terbatas.

 

Sebelum memutuskan pernikahan tanpa resepsi, kamu harus siap untuk menerima konsekuensi ini. Kamu bisa membicarakan dulu kepada pasangan dan keluarga. Karena dalam pernikahan semua pihak yang berhubungan langsung haruslah setuju dengan rencana pernikahan yang kamu akan jalani.

 

3. Biaya pernikahan bisa dialihkan untuk hal lain

Biaya pernikahan memang menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan bagi para pasangan yang akan menikah. Dengan pernikahan tanpa resepsi, kamu bisa menghemat biaya pernikahan hingga 50%, lho. Kamu jadi nggak perlu memikirkan biaya gedung, katering besar-besaran, hiburan, dekorasi gedung hingga cetak undangan.

 

Kamu cukup menyiapkan kebutuhan akad nikahmu saja seperti penghulu dan keperluan menyambut tamu yang lebih minimalis. Uang tabungan pernikahanmu bisa dialihkan ke hal lain seperti bulan madu, membeli kebutuhan pokok setelah kamu menikah atau mencicil rumah tempat tinggal kamu dan pasanganmu nantinya.

 

Pernikahan bukanlah akhir dari hubungan pacaran kamu berdua, namun justru awal dari petualangan-petualangan memadu kasih kalian di level yang lebih tinggi, sehingga sangat perlu disiapkan baik dalam sisi materi juga.

 

4. Prosesi pernikahan akan berlangsung cepat

Salah satu yang bikin lelah selama proses pernikahan adalah acara resepsinya. Kamu dan pasangan harus menyiapkan tenaga untuk berdiri berjam-jam guna memberi salam kepada para tamu undangan. Belum lagi pakaian pernikahan yang bakal membuatmu merasa panas dan pegal.

 

Jika kamu melangsungkan pernikahan tanpa resepsi, acara pernikahanmu akan lebih cepat selesai dan kamu nggak akan terlalu lelah untuk menemui banyak tamu. Kamu juga bisa segera menghabiskan waktu dengan pasangan sahmu tanpa perlu menunggu waktu keesokan harinya karena kelelahan.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Pernikahan

  1. 9 Hiasan yang Biasa Digunakan dalam Pernikahan Adat Jawa Beserta Filosofinya
  2. 6 Ide Souvenir Pernikahan DIY yang Bisa Dimakan dan Unik
  3. 4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahan

 

5. Pernikahan menjadi lebih intim

Dengan pernikahan tanpa resepsi, kamu bisa merasakan dengan lebih khidmat tentang apa arti pernikahan itu sendiri dan pernikahanmu akan lebih terasa intim. Meskipun yang datang nggak sebanyak jika melangsungkan resepsi, pernikahanmu akan diwarnai oleh orang-orang yang benar-benar tahu bagaimana kisah cinta kalian, orang-orang yang benar-benar tahu perjuangan kalian dalam mempertahankan cinta dan kamu juga nggak perlu lagi menemui orang yang kadang kamu sendiri nggak kenal saat pernikahan berlangsung karena tamu undangannya hanya orang-orang tertentu saja. Ada suatu kesenangan tersendiri, bukan?

 

Itulah seluk beluk yang perlu kamu ketahui jika ingin melangsungkan pernikahan tanpa resepsi. Apapun rencanamu saat menikah nanti, yang terpenting adalah restu dari kedua belah pihak agar kebahagiaan bisa menyebar nggak hanya untuk kamu dan pasangan tapi juga pihak-pihak terdekat kamu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

   PAULUS RISANG