SWARA- Pernikahan adalah sebuah peristiwa yang sangat sakral, apalagi bagi kaum hawa. Persiapan harus dilakukan secara maksimal sehingga kadang membuat sulit tidur. Agar saat hari pernikahan tiba semuanya berjalan lancar, maka persiapan harus dimulai jauh-jauh hari. Nggak hanya tenaga, banyak biaya yang dikerahkan untuk menyambut hari spesial ini. Kalau kamu termasuk orang yang sedang mempersiapkan pernikahan, kali ini saya akan membagikan tips agar persiapan pernikahanmu lebih efisien. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Efisien saat melakukan lamaran

Lamaran atau tunangan adalah awal dari rangkaian acara pernikahan. Biasanya ada pertemuan kedua pihak keluarga lalu melakukan acara lamaran yang merupakan sebuah simbol kemantapan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun, agar waktu dan biaya yang kamu keluarkan lebih efektif, nggak ada salahnya kalau kamu menggabungkan acara pertemuan dua keluarga besar dengan acara lamaran atau pertunangan itu sekaligus. Sehingga proses menuju pernikahan juga lebih cepat dan efisien. Setidaknya kamu bisa menentukan tanggal lamaran sekitar 4-6 bulan sebelum acara pernikahan.

 

Artikel Terkait: Persiapan Sebelum Pernikahan

  1. 5 Persiapan Penting Urusan Penghulu Pernikahan, Jangan Anggap Sepele
  2. Jalani LDR di Masa Persiapan Pernikahan, Kenapa Nggak?
  3. 8 Tahapan dalam Prosesi Pernikahan Adat Yogyakarta, Ini Urutannya!

 

2. Diskusikan hal teknis pernikahan

Menyambut acara pernikahan memang menyenangkan. Namun, sebelum tiba hari H kamu akan disibukan dengan berbagai hal teknis. Mulai dari tema hingga isi acara pernikahan. Di sini kamu dan pasangan akan memutuskan apakah ingin menggunakan wedding organizer atau mengurus sendiri.

 

Jika menggunakan wedding organizer memang akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal daripada mengurus sendiri. Namun, waktu dan tenaga yang kamu keluarkan lebih sedikit dan lebih tenang menghadapi hari pernikahan. Sedangkan jika kamu ingin lebih merasakan keseruan dalam berdiskusi dengan pasangan, kamu juga boleh mengurus pernikahan sendiri, kok. Kamu bisa menentukan tema, dekorasi, dan memesan katering yang akan digunakan di hari pernikahan sehingga lebih sesuai dengan budget dan seleramu.

 

3. Menentukan gedung pernikahan

Pernikahan impian nggak bisa terlepas dari tempat di mana pernikahan itu berlangsung. Nggak ada keharusan kamu harus menyewa gedung yang mewah dan besar, semua kembali pada kebutuhan dan kesepakatan kedua belah pihak. Jika ingin menyewa gedung, ada baiknya kamu sudah booking gedung incaran kamu beberapa bulan sebelum hari pernikahan.

 

Pastikan waktu yang kamu ingin gunakan nggak bertabrakan dengan acara lain di gedung itu. Jika kamu ingin melakukan pernikahan yang lebih simpel, kamu bisa menikah di rumah yang lebih mudah dan nggak terlalu terikat waktu.

 

4. Pernak-pernik pernikahan perlu disiapkan

Pernikahan juga nggak jauh dari pernak-perniknya seperti undangan, suvenir, baju pengantin, seragam keluarga, foto prewedding, seserahan, dan mahar. Kamu bisa mengakalinya agar lebih hemat, misalnya menggabungkan pemesanan undangan dan souvenir di tempat yang sama, menyewa baju pengantin sekaligus dengan seragam keluarga, memesan paket foto prewedding sekaligus dokumentasi saat hari pernikahan, serta memesan hantaran pernikahan sekaligus jasa dekorasi.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Persiapan Pernikahan Impian

  1. 6 Ide Souvenir Pernikahan DIY yang Bisa Dimakan dan Unik
  2. 4 Inspirasi yang Bisa Kamu Jadikan untuk Mahar Pernikahan
  3. 7 Ide Dekorasi Wedding yang Tren 2019 untuk Pernikahanmu

 

5. Bereskan keperluan administrasi

Melangsungkan pernikahan nggak hanya pesta resepsi saja, tapi juga keperluan administrasi di KUA. Berbagai macam surat-surat hingga imunisasi wajib kamu dan pasangan jalani sebagai syarat menikah lho. Kamu harus memahami dulu apa saja yang dibutuhkan untuk keperluan administrasi ini dan jangan tunda-tunda untuk menyelesaikannya agar kamu bisa lebih mudah menyiapkan keperluan pesta pernikahan.

 

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar acara pernikahan lebih tertata secara efisien. Kunci dari acara pernikahan yang sukses adalah persiapan dan pengecekan yang baik. Semoga pernikahanmu lancar, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

   PAULUS RISANG

 

CTABARU3

Tunaiku