Beranda > Gaya Hidup > 5 Persiapan Penting Urusan Penghulu Pernikahan, Jangan Anggap Sepele

5 Persiapan Penting Urusan Penghulu Pernikahan, Jangan Anggap Sepele

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
5 Persiapan Penting Urusan Penghulu Pernikahan, Jangan Anggap Sepelewatermark

TUNAIKU.COM – Rangkaian acara pernikahan memang enggak sederhana. Butuh waktu dan tenaga besar yang harus kamu luangkan untuk mempersiapkan sebuah pernikahan. Sayangnya yang sering terjadi adalah terlalu sibuk dengan acara resepsi sehingga kurang memperhatikan persiapan untuk akad nikahnya.

Ingat, akad nikah merupakan rangkaian acara pernikahan yang utama. Sebab ini berkaitan dengan pengesahan atas pernikahanmu. Di sana juga ada beberapa orang penting yang harus kamu libatkan, salah satunya adalah penghulu.


Selain resepsi, mencari penghulu juga enggak kalah penting untuk diperhatikan demi suksesnya pernikahanmu. Dalam agama islam penghulu adalah petugas pemerintah yang bertugas untuk menikahkan kedua mempelai. Nah, keterlibatan penghulu harus kamu perhatikan.

Sempatkan waktu untuk mempersiapkan penghulunya, termasuk biaya yang harus kamu keluarkan. Pada umumnya, akad nikah di KUA enggak dikenakan biaya. Tetapi kalau kamu mengundang penghulu untuk menikahkan di lokasi lain, maka dikenakan biaya yang harus dibayarkan sekitar Rp 600 ribu.


Ada pun persiapan lain yang harus kamu perhatikan. Yuk, mari disimak!

 

Artikel terkait: Banyak cara agar kehidupan pernikahanmu makin harmonis!

  1. 10 Hal Kecil dan Sederhana untuk Mempererat Masa Awal pernikahanmu
  2. Hindari Perdebatan Sebelum Pernikahan dengan Lakukan Hal Berikut Ini
  3. Kiat-Kiat Jitu Atasi Depresi di Awal Masa Pernikahan

1. Mencari penghulu jauh-jauh hari

Setelah menentukan lokasi venue, saatnya kamu mencari penghulu yang berada dalam satu kecamatan dengan lokasi pernikahan. Kalau venue pernikahanmu cukup populer, cari penghulu sejak jauh-jauh hari ya.

Datangi langsung KUA terdekat, cari penghulu yang available di hari pernikahanmu. Kamu harus memastikan ini, sebab enggak sedikit penghulu yang menikahkan mempelai lain di hari yang sama. Semakin cepat mendaftarkan diri, maka semakin cepat kamu mendapatkan slot penghulu sesuai dangan waktu yang kamu inginkan.

 

2. Menjaga komunikasi dengan penghulu

Kalau kamu sudah mendapatkan slot, selanjutnya jaga komunikasi dengan penghulu dengan cara mencatat nomor kontaknya. Hubungi penghulu untuk membicarakan detail persiapan akad nikah, sembari mengingatkan hari akad nikahmu. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan beberapa hal yang dibutuhkan penghulu di hari pernikahan.

 

3. Diskusikan lebih lanjut transportasi menuju lokasi

Sangat penting untuk membicarakan transportasi yang digunakan penghulu menuju lokasi. Waktu penghulu cukup berharga, ia harus bisa menentukan estimasi waktu yang ia keluarkan untuk perjalanan dan akad nikah, mengingat masih ada mempelai lain yang akan dinikahkan. Tanyakan apakah kamu perlu menjemputnya atau penghulu cukup berangkat sendiri.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Jadikan salah satu panitia sebagai LO

Supaya penghulu enggak kebingungan saat datang ke lokasi, baiknya kamu tunjuk salah satu panitia untuk menjadi LO, yang bertugas untuk mengarahkan dan mengawal penghulu sampai selesai menyelesaikan tugasnya. Katakan pada LO untuk mengkomunikasikan dengan baik segala persiapan akad nikah kepada penghulu. Dengan begini, kamu bisa fokus mempersiapkan diri sebagai mempelai.

 

5. Berikan buah tangan jika ada

Ini fleksibel saja, bukan suatu kewajiban. Pada dasarnya biaya resmi pernikahan hanya 600 ribu yang dibayarkan kepada negara. Namun, sebagai tanda ucapan terima kasih, boleh saja kamu memberikan buah tangan berupa bingkisan makanan atau souvenir.

Kamu perlu melibatkan segelintir orang, karena persiapan pernikahan itu sendiri enggak mudah. Jangan sampai kamu luput dan enggak sengaja mengabaikan hal lain, apalagi soal penghulu. Yuk, persiapkan dengan hati-hati!



Artikel terkait: Atasi hubungan yang makin rumit dengan beberapa saran berikut!

  1. 15 Ide Chat untuk Gebetan Agar Lebih Saling Mengenal
  2. Ini yang Harus Kamu Lakukan Kalau Mendengar Nasihat Cinta Tidak Masuk Akal!
  3. Kamu Mencintai Pasangan Lebih dari Dia Mencintaimu? Ini Kata Ahli!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett