Beranda > Gaya Hidup > Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Rangsang Motorik Halus Balita

Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Rangsang Motorik Halus Balita

TimotiusTimotius
Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Rangsang Motorik Halus Balitawatermark

TUNAIKU.COM – Memasuki usia balita, perkembangan gerak motorik anak turut berkembang secara signifikan. Gerakan motorik terbagi menjadi tiga, yaitu gerakan refleks, motorik kasar, dan motorik halus. Pada dasarnya, gerakan refleks dan motorik kasar akan berkembang dengan sendirinya melalui aktivitas gerak anak sehari-hari. Contohnya adalah aktivitas berjalan, berlari, merangkak, meraba, melompat, dan berbagai gerakan lainnya.

 

Namun, diperlukan usaha ekstra untuk melatih gerakan motorik halus pada anak, karena kegiatan ini membutuhkan kesabaran, konsentrasi, serta sinkronisasi otak, saraf, dan gerak tubuh. Sehingga, anak balita membutuhkan aktivitas lain untuk merangsang tumbuh gerak motorik halusnya. Jangan khawatir, melalui permainan-permainan sederhana berikut ini, kamu dapat mengajak anak bermain sambil melatih motorik halusnya, lho! Permainan apa sajakah itu? Simak penuturannya!

 

1. Bermain pasir

Apabila kamu sedang berlibur ke pantai bersama dengan anak atau keponakanmu yang masih berusia balita, ajaklah dia untuk bermain pasir. Ajarilah dia untuk perlahan-lahan mengumpulkan pasir di ember dan mencetaknya mengikuti bentuk tertentu seperti istana pasir atau benteng kerajaan. Tanpa kamu sadari, kegiatan ini dapat merangsang gerak motorik halus dan juga melatih anak untuk berimajinasi lebih tinggi lagi. Namun, telebih dahulu pastikan pasir tersebut bebas kotoran dan benda berbahaya lainnya, ya!

 

Artikel terkait: Berbagai masalah pada anak dan cara mengatasinya!

  1. 7 Kiat Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak, Mudah dan Terarah
  2. Tips Menghadapi Anak yang Tidak Sependapat Denganmu
  3. 6 Kiat Mudah Ajarkan Anak Supaya Tidak Boros, Begini Memulainya!

 

2. Origami

Bermain kertas lipat atau origami dapat membantu melatih gerak motorik halus pada anak balita. Pada awalnya memang sulit memperkenalkan origami pada anak, oleh karena itu kamu harus memperkenalkannya dengan baik dan sabar. Ajaklah anak untuk membuat pola sederhana seperti pesawat, lalu mengajak anakmu menerbangkannya dan berlari untuk mengejarnya. Setelah berhasil membuat pesawat kertas, kamu dapat memperkenalkan anakmu dengan bentuk yang lebih kompleks seperti perahu, burung, ikan, katak, atau bentuk lainnya.

 

3. Plastisin

Selain origami atau melipat kertas, membuat kerajinan tangan dari bahan plastisin atau lilin juga mampu merangsang gerak motorik halus pada anak balita. Karena dengan bermain plastisin, anak harus meremas, menggulung, dan merangkai lilin tersebut menjadi bentuk yang diinginkan. Namun, kamu harus berhati-hati, jangan sampai lilin tersebut termakan oleh anak karena dalam lilin tersebut terkandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

 

3

 

 

Mobile Site CTA

4. Balok kayu atau lego

Mainan balok kayu bisa digunakan untuk melatih gerakan motorik halus pada anak. Kamu bisa mengajak mereka untuk menyusunnya menyerupai bangunan tertentu. Bantulah anak untuk menyeimbangkan balok tersebut apabila mereka kesulitan dalam menjaga keseimbangan balok kayu tersebut. Bila kamu mempunyai koleksi Lego, kamu juga bisa meminta mereka untuk merangkainya mengikuti pola yang diberikan atau sesuai dengan kreativitas anak sendiri.

 

Artikel terkait: Kenali, asah, dan dukung bakat anak sedari dini!

  1. Hai, Orang Tua! Mari Kenali serta Asah Minat dan Bakat Buah Hati Sedari Ia Kecil dengan 3 Langkah Berikut
  2. Sadar pada Bakat Olahraga Anak, Ini Tips untuk Mendukungnya!
  3. Yuk, Gali Potensi Anak Selama Liburan Melalui 6 Kursus Ini

 

5. Puzzle

Salah satu permainan ampuh untuk meningkatkan kecermatan, konsentrasi, sekaligus melatih gerakan motorik halus pada anak adalah puzzle. Pertama-tama, carilah puzzle dengan tingkat kesulitan sesuai dengan umur balita, acak rangkaian puzzlenya, dan mintalah mereka untuk menyusunnya kembali. Untuk menambah minat anak dalam menyelesaikan puzzle-nya, carilah puzzle dengan gambar tokoh kartun atau superhero favorit anak agar mereka nggak cepat bosan dalam merangkai puzzle tersebut.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett