Beranda > Gaya Hidup > Pahami 10 Fitur Keselamatan ini Agar Tetap Selalu Aman dalam Perjalanan

Pahami 10 Fitur Keselamatan ini Agar Tetap Selalu Aman dalam Perjalanan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Pahami 10 Fitur Keselamatan ini Agar Tetap Selalu Aman dalam Perjalananwatermark

TUNAIKU.COM – Dalam berkendaraan, pastilah kita menginginkan rasa nyaman dan juga aman. Buat apa mobil bagus kalau kita nggak aman? Sama saja memiliki mobil mahal kalau fitur keselamatannya nggak pernah digunakan.

 

Sayangnya, fakta di lapangan memang demikian. Banyak pengendara masih menyepelekan fitur-fitur keamanan. Contoh yang paling sering saya temui adalah malasnya pengendara dalam mengenakan seatbelt. Bisa jadi saat melewati gerbang tol mereka menggunakannya. Namun, begitu kelar dari loket pembayaran, buru-buru seatbelt dilepas.

 

Artikel Terkait: Tips Aman Berkendaraan

  1. 5 Tips Pilih Kursus Mengemudi yang Tepat dan Aman
  2. Intip Tips Mudah Mengemudi Mobil Setir Kiri di Luar Negeri
  3. Jalur Tanjakan, Ini 5 Cara Menyetir Agar Aman dan Kurangi Risiko Celaka

 

Saya harap, kamu bukan termasuk yang buru-buru melepas seatbelt saat melewati gerbang tol, ya. Untuk memastikan keamananmu dalam berkendaraan, mulai sekarang pahamilah 10 fitur keselamatan berikut!

 

1. Seatbelt

Inilah saya maksud di depan. Ada-ada saja alasan yang membuat pengendara malas memasang seatbelt. Yang nggak mau bajunya lusuh, yang katanya ribet! Padahal, seatbelt ini bisa mempertahankan posisimu tetap berada di dalam mobil jika terjadi sesuatu yang nggak diharapkan, lho.

 

2. Sensor parkir

Buat yang memiliki mobil baru, fitur ini sangat berguna buat kamu. Apalagi jika kamu adalah pengemudi pemula. Fitur ini memiliki sensor yang akan berbunyi jika mobilmu mendekati objek tertentu. Jadi, risiko untuk mobil lecet pun bisa dihindari.

 

3. Kamera parkir

Bisa jadi saat memundurkan mobil kamu terbantu dengan adanya spion tengah. Namun, untuk lebih amannya lagi kamu membutuhkan kamera parkir. Fitur ini akan membantumu melihat objek belakang semakin jelas. Sehingga risiko mobil belakang penyok pun bisa dihindari.

 

4. Hill start assist

Kadang suka kesal kalau kita berhenti di belakang mobil saat lampu merah. Sebelum melaju mobil terkadang mundur dahulu. Risikonya tentu bisa menabrak pengemudi di belakangnya. Untuk itu, sangat diperlukannya fitur hill start assist ini. Fitur ini akan sangat berguna lagi saat berada di tanjakan. Jadi, cara kerjanya adalah menahan rem ketika kaki sedang berpindah dari rem menuju gas.

 

5. ABS

ABS adalah kependekan dari Antilock Braking System. Guna fitur ini adalah mencegah roda mobil terkunci jika pengendara melakukan pengereman keras atau mendadak. Pasalnya jika roda terkunci, akan membuat mobil oleng dan nggak bisa dikendalikan.

 

6. Air bag

Air bag ini adalah kantung udara yang bisa mengembang jika pengemudinya menabrak sesuatu dalam kecepatan tertentu. Adapun jika belum mencapai batas kecepatan, air bag nggak akan mengembang. Lazimnya, air bag ada dua, di depan supir dan penumpang depan. Fungsinya untuk meminimalkan luka jika terjadi kecelakaan.

 

7. EBD

Electronic Brakeforce Distribution atau yang biasanya disingkat dengan EBD merupakan teknologi dalam rem. Cara kerjanya adalah mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai dengan keperluan si mobil. Adapun nantinya sistem ini akan bekerja sesuai dengan beban yang dipikul masing-masing ban. Sebagai contoh, jika penumpang mobil hanya dua, distribusi pengeremannya hanya di roda depan saja.

 

8. Smart brake

Biasanya fitur ini dimiliki oleh mobil yang tergolong mewah. Mobil yang memiliki fitur keamanan ini mampu secara otomatis mengambil alih rem jika dirasa ada kemungkinan menabrak sesuatu. Hal ini didukung oleh sensor yang letaknya di balik kaca spion tengah yang bisa membaca jalan.

 

Artikel Terkait: Berikut Referensi Harga Mobil Buat Kamu yang Ingin Membeli

  1. Berapa Harga Mobil Masa Depan yang Futuristik dan Canggih?
  2. Harga Terbaru Beberapa Tipe Mobil Lansiran Jeep
  3. Ini 7 Mobil Mewah Koleksi Seleb Indonesia, Harganya Wow!

 

9. Blind spot monitoring

Merupakan titik buta atau area yang nggak terlihat saat mengemudi. Mobil ini menggunakan sensor yang diletakkan di bagian bawah kaca spion mobil. Sensor akan berbunyi jika ada mobil yang luput dari pengawasan. Tujuannya agar kira terhindar dari tabrakan.

 

10. VSC

Vehicle Stability Control atau yang biasanya disingkat dengan VSC adalah fitur keamanan yang mencegah oversteer atau understeer yang biasanya dialami saat berbelok. Dengan adanya fitur keamanan ini, kondisi mobil pun jadi lebih stabil. Di pasaran kadang fitur ini juga disebut dengan VSA atau s dan ESC.

 

Itu dia 10 fitur keamanan dalam mobil yang sebaiknya ada. Hayo, apa saja yang nggak ada dalam mobilmu?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett