SWARA – Jauhnya jarak yang harus ditempuh, plus tingginya mobilitas membuat saya dan pengendara motor lain memilih merek dan jenis motor yang irit bahan bakar. Beberapa orang bahkan ada yang mengganti motornya dengan jenis keluaran terbaru lantaran dianggap lebih menghemat bahan bakar.

 

Memang, mengandalkan spesifikasi merek dan jenis motor irit bahan bakar itu nggak salah. Namun, tanpa itu semua–sebetulnya kita bisa menghemat bahan bakar, kok. Berikut beberapa langkah yang perlu diambil untuk menghemat bahan bensin motor.

 

Artikel Terkait: Yuk Rawat Motormu dengan Benar

  1. Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjir
  2. Rawat Motor Vespamu dengan Beberapa Tips Ini!
  3. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!

 

1. Memasang power booster

Agar motor lebih irit bahan bakar, kamu bisa memperbesar pengapian motor. Dengan cara tersebut motor secara otomatis akan melakukan pembakaran yang lebih sempurna.

 

Logikanya adalah jika motor dapat melakukan pengapian lebih besar dan sempurna,  maka sudah nggak perlu lagi membuka gas motor terlalu besar. Karena tanpa membuka gas motor terlalu besar pun pengapian yang sempurna sudah menjadikan motormu menjadi jauh lebih bertenaga. Untuk memperbesar pengapian ini, kamu bisa membawa motormu ke bengkel dan menambahkan onderdil power booster pada mesin motormu.

 

2. Menyetel ulang pelampung karburator

Karburator akan menampung bensin sebelum mereka memasuki ruang pembakaran. Nah, dengan proses ini, kamu bisa menghemat bensin dengan cara menyetel pelampung karburator. Cara ini bisa dilakukan dengan menyetel pelampung dari karburator dengan menurunkannya sekitar 1-22 mm. Kamu nggak perlu khawatir dengan tarikan motormu karena menyetel pelampung karburator nggak membuat tenaga dari motormu menurun.

 

3. Menyetel kerapatan klep motor

Kalau mempunyai motor 4 tak, kamu bisa menghemat bensin dengan mengubah setelan klep. Setelan klep ini berguna untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Jika kamu merapatkan klep motormu maka bukaan valve akan menyempit. Hal ini akan membuat bensin yang teralirkan lebih sedikit sehingga kamu akan jauh lebih menghemat bensin.

 

4. Membersihkan kerak motor

Kerak yang ada di motormu akan membuat pembakaran motor menjadi kurang maksimal. Kamu bisa membersihkan kerak pada seher, silinder kopo, klep, komponen mesin yang lain, bahkan pada knalpot motor.

 

5. Menggunakan pelumas berkualitas

Pelumas atau oli mesin adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk motormu. Karena fungsinya yang cukup penting, jangan asal memilih oli mesin untuk motormu. Selalu gunakan oli mesin berkualitas karena hal itu akan membuat gesekan lebih halus dan mengurangi efek panas dari mesin motor. Selain itu dapur pacu pun akan menjadi lebih ringan yang tentunya berimbas pada iritnya pemakaian bensin di ruang pembakaran.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Motor Pilihan

  1. Rekomendasi 10 Motor Hemat Bensin yang Nggak Bikin Boros
  2. Minati Moge, Ini 5 Pilihan Moge Keren dan Gagah
  3. Tertarik Membeli Mobil Keluarga? Simak 7 Rekomendasi Ini!

 

6. Jangan nge-gas mendadak

Saat kamu akan menarik gas motor lakukanlah secara perlahan bertahap dan stabil. Karena kalau kamu menarik gas dengan keras dan mendadak, itu akan membuat bensin yang terisap ke ruang pembakaran menjadi lebih banyak. Hal inilah yang sering menjadi alasan mengapa motor menjadi boros bensin.

 

7. Ubah gigi dengan segera

Untuk motor bebek yang bergigi, saat pertama kali menghidupkan motor pasti kamu akan memasukan gigi paling rendah terlebih dahulu. Setelahnya, kamu bisa langsung mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Jangan sampai motormu gereng duluan minta di oper gigi, ya. karena hal tersebut akan memengaruhi juga pada pembakaran bahan bakar.

 

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghemat bensin motor. Sebenarnya menghemat bensin itu bisa dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal di atas. Selain itu kamu juga bisa lebih bijak dalam menggunakan motor. Caranya, dengan nggak terlalu sering menggunakan motor.

 

Kalau dirasa kamu hendak pergi ke tempat yang nggak terlalu jauh lebih baik jangan gunakan motor. Kamu bisa berjalan kaki menuju tempat tersebut. Selain bisa menghemat bensin kamu juga bisa sedikit berolahraga, bukan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU2

 

Mobile Site CTA


NESA WILDA MUSFIA    NESA WILDA MUSFIA