Beranda > Gaya Hidup > Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjir

Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjir

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjirwatermark

TUNAIKU.COM – Bulan yang berakhiran –ber sudah datang, itu berarti musim hujan sudah akan menghantui. Kalau kamu tipe orang yang naik angkutan umum atau mobil, mungkin musim hujan hanya mempengaruhi durasi dan kenyamanan perjalanan kamu saja. Tapi kalau kamu adalah pengendara motor, musim hujan benar-benar jadi momok menakutkan.

 

Terlebih kalau sudah ada genangan apalagi banjir, motor mati tiba-tiba sudah bukan sesuatu yang luar biasa lagi. Kalau sudah begitu, bawaannya mau malas melanjutkan aktivitas deh.

 

Nah, karena musibah seperti itu sangat mungkin terjadi pada para pengendara motor, lebih baik kamu persiapkan diri, dong. Jadi, karena saya peduli sama kamu, hehehe, saya mau kasih tahu 5 tindakan yang bisa kamu langsung lakukan kalau motor kamu mendadak mogok karena banjir. Jadi kalau pas kejadian, kamu nggak lagi panik, alias bisa langsung mengantisipasi. Simak yuk!

 

1. Bersihkan Busi

Busi adalah bagian yang berfungsi untuk melakukan proses pembakaran di dalam mesin. Karena itu busi sangat sensitif kalau sampai terkena air. Kalau busi terkena air ya akibatnya busi nggak bisa berfungsi dengan baik bahkan mati motor kamu karenanya.

 

Yang harus kamu lakukan pertama adalah keringkan dan bersihkan busi kamu. Pastiin bagian elektrodanya juga kamu bersihkan ya, karena itu yang menghasilkan pemantik api yang langsung menyalurkannya ke mesin motor kamu.

 

2. Cek Karburator

Setelah membersihkan busi, bagian motor selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah saringan udara atau karburatornya. Kalau karburator motor kamu bermasalah, biasanya saluran udaranya akan sedikit mengeluarkan bunyi-bunyi.

 

Cara membersihkan bagian saluran udara ini adalah dengan menutup kran saluran bahan bakar dari tangki ke karburator. Setelah itu, putar baut pembuangan yang ada di karburator ke arah yang berlawanan dari arah jarum jam hingga mentok. Kalau kedua hal itu sudah kamu lakukan, maka air yang masuk ke karburator akan terbuang.

 

Artikel terkait: Rawat motormu dengan benar

  1. Yuk, Patuhi 3 Prinsip Dasar Ini Agar Motor Selalu Prima!
  2. Waspada! Jangan Sampai Garansi Motormu Hangus Karena 7 Hal Ini!
  3. Agar Sepeda Motormu Tak Jadi Sasaran Maling, Ini 5 Tips Mengamankannya

 

ajukan pinjaman tanpa agunan di tunaiku

 

3. Periksa Knalpot

Kalau kamu baru saja menerjang banjir dengan motormu, kemungkinan besar knalpot kamu sudah dimasuki air dan akhirnya menyebabkan kendaraan kamu mogok. Segara standar tengah (standar ganda) motor kamu, kalau bisa ganjal standar kamu pakai batu atau kayu sampai motor kamu berada dalam posisi miring. Roda depan lebih naik ke atas dibanding roda belakang.

 

Kalau miringnya sudah pas, air dari knalpot akan keluar dengan sendirinya. Jangan lupa olesi oli sedikit lubang knalpotnya ketika air sudah keluar semua supaya nggak karatan knalpot motor kamu.

 

4. Periksa Oli Motor

Jangan lupa periksa oli motor kamu, karena biasanya motor yang menerjang banjir itu kemungkinan besar bagian mesinnya sudah kemasukan air dan bercampur dengan oli. Kalau oli sudah tercampur air, ya performa mesin motor kamu akan menurun.

 

Mengingat penggantian oli cukup merepotkan dan kecil kemungkinan kamu membawa oli cadangan saat bepergian, ada baiknya hal ini kamu serahkan ke bengkel terdekat. Kalau waktunya mepet, bisa setelah kamu selesai beraktivitas baru kamu mencari bengkel terdekat atau sekalian saja ke bengkel langganan kamu. Cuma ya mungkin sampai kamu melakukan pemeriksaan oli, tarikan motor kamu akan agak berubah rasanya.

 

Artikel terkait: Tips memilih kendaraan bermotor

  1. Beli Mobil Baru: Memang Butuh atau Sekadar Ikut Tren?
  2. Hati-hati Tertipu Saat Beli Motor Bekas untuk Mudik
  3. Jangan Keliru! Ini 5 Kesalahan Ketika Membeli Sepeda Motor yang Kerap Dilakukan

 

5. Panaskan Motor

Kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya adalah tinggal memanaskan mesin. Motor yang baru saja mogok karena menerjang banjir ada baiknya jangan langsung dijalankan ketika sudah bisa hidup lagi.

 

Dalam keadaan mesin motor mati, coba starter motor kamu 4-5 kali menggunakan starter manual. Setelah itu, baru nyalakan mesin motor dan starter lagi hingga motornya nyala kembali. Jangan langsung dibawa jalan, tunggulah kurang lebih 5 menit untuk kemudian kamu melanjutkan perjalanan.

 

Begitulah 5 tindakan yang bisa langsung kamu lakukan untuk menyelamatkan nyawa motor kamu saat mogok menerjang banjir. Ada baiknya kalau kalau kamu sudah menerjang banjir tapi motor kamu masih menyala, tetap ikuti langkah-langkah di atas.

 

Kenapa memang? Soalnya, walaupun motor kamu masih menyala, kemungkinan besar beberapa bagian dalam mesinnya sudah terendam air. Kalau kamu paksakan membawa motor kamu, bisa-bisa mesin kamu rusaknya lebih parah nanti.

 

Oh ya, untuk kamu yang sedang butuh dana cepat dan malas cari pinjaman yang ribet, ada juga tindakan yang juga langsung bisa kamu lakukan sekarang. Ya, langsung aja ajukan pinjaman online  di Tunaiku.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett