SWARA-Untuk mahasiswa yang memiliki aktivitas segudang, motor roda dua tetap jadi primadona. Harganya yang terjangkau membuat mahasiswa memilih motor sebagai moda transportasi utama. Dan lagi, yang terpenting adalah motor roda dua itu nggak bikin khawatir telat. Soalnya kan bisa nyelip-nyelip kalau macet. Mau kemana-mana enak, nggak perlu bingung mencari tebengan, hehehe.

 

Nah, spesial buat kamu yang lagi mencari rekomendasi motor untuk dipakai ke kampus, bisa memilih beberapa tipe di bawah ini. Apa saja, sih, tipe motor yang cocok dipakai mahasiswa ke kampus? Simak hasil pengamatan saya pada tipe-tipe motor yang teman kampus saya miliki.

 

1. Honda Supra-125 cc

Nama Supra masih bertengger di posisi atas kalau berbicara tentang motor dengan kualitas mesin yang mumpuni. Harganya pun masih terjangkau, yaitu sekitar Rp7—8 jutaan untuk motor bekas. Memang, sih, motor ini kalah desain dengan motor matik yang lebih trendy. Namun, kalau kamu mengincar motor hemat bahan bakar dengan mesin tahan banting, Supra bisa menjadi solusi.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Mobil untuk Keluarga

  1. Rekomendasi Mobil Mitsubishi untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga
  2. Rekomendasi Mobil BMW untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga
  3. 8 Rekomendasi Mobil Hyundai yang Nyaman dan Sesuai untuk Kebutuhan keluarga

 

Oh iya, teknologi motor ini nggak kalah keren dengan motor kekinian, lho. Faktanya, kamu bisa menemukan socket untuk mengisi baterai di motor ini. Kurang canggih bagaimana lagi? Sudah irit, lincah, canggih pula, nih, motor. Abaikan dulu soal desain, tetapi pilih motor yang benar-benar bagus kualitasnya dan juga irit.

 

2. Honda C 70

Motor jadul kembali memiliki pamor setelah film “Dilan” booming di Indonesia. Presiden Indonesia saja suka touring pakai motor jadul, masak kamu yang mahasiswa saja malu naik motor jadul, sih?

 

Kalau tertarik dengan motor jadul, bisa mempertimbangkan Honda C 70 yang kini makin dicari-cari. Meski jadul, kamu akan tetap terlihat keren, kok! Kalau saya pribadi suka dengan warnanya yang klasik abis. Perpaduan antara warna merah dan putih memang top.

 

Nah, kalau soal harga, motor ini tentunya hemat kantong. Kamu bisa membeli motor ini seharga Rp3—10 jutaan. Sebelum motor jadul ini ngetren, saya pernah menemukan yang dibanderol seharga Rp700 ribuan saja, lho! Kalau sekarang, harganya sudah berlipat-lipat!

 

3. Honda Beat-110 cc

Ini, nih, motor yang laris manis di pasaran karena punya harga yang merakyat, yaitu Rp14 jutaan. Dulu, saat saya masih kuliah, motor matik keluaran Honda memang banyak yang suka. Untuk kamu anak kegiatan yang super sibuk dan banyak acara, cocok mengendarai Honda Beat-110 cc yang lincah. Bodinya yang ramping, bikin kamu mudah untuk bergerak, lho!

 

Apalagi, motor ini juga terkenal karena bahan bakarnya super irit. Pasti nggak mau dong jatah makan dipakai untuk beli bensin? Nah, makanya beli motor yang hemat bahan bakar ini saja, yuk! Nanti kalau mau mudik, kamu bisa memakai bagasi dengan kapasitas 11 liter juga, lho.

 

4. Vespa PX-150

Nggak hanya motor kekinian, ada juga kok mahasiswa yang tertarik dengan motor antik. Seperti motor Vespa PX-150 yang punya desain jadul tetapi tetap keren dipakai untuk kuliah. Meski bekas, harga motor antik ini bisa dibilang cukup mahal, lho!

 

Motor ini dijual mulai dari Rp5—10 jutaan, tergantung dengan kondisi mesin dan bodi motor. Semakin terawat dan kinclong, maka harganya semakin mahal.

 

Motor ini punya mesin yang tangguh dan bodi yang cukup kekar. Kalau mau bonceng gebetan pulang ke kos, bisa naik Vespa Px-140. Dijamin romantis abis, pasangan Dilan dan Milea mah lewat!

 

5. Honda Vario-125 cc dan 150 cc

Nah, kalau kamu punya badan bongsor, bisa menjatuhkan pilihan ke Honda Vario-125 cc atau 150 cc. Motor ini juga terkenal irit dan asyik buat berkendara jarak jauh. Kamu bisa melalang buana dengan naik Honda Vario tanpa perlu bolak-balik mengisi bahan bakar.

 

Kamu juga bakal dimanjakan dengan pelbagai fitur menarik dari motor ini. Misalnya, adanya sistem penguncian keyless sampai lampu sein dan digital berupa LED! Cakep abis, deh! Kalau ingin mengendarai motor ini ke kampus, siapkan bujet Rp18 jutaan untuk memilikinya.

 

6. Yamaha Lexi-125 cc

Dari namanya saja sudah seksi, apalagi bodi aslinya! Hehehe. Motor keluaran Yamaha ini menjadi pesaing berat motor Honda Nmax. Baik dari fitur maupun dari harganya. Motor ini dijual dengan harga sekitar Rp19-22 juta rupiah. Wah, ngeri banget kan harganya?

 

Ada harga maka ada barang. Meski mahal, motor ini ternyata memiliki banyak kelebihan. Baik dari segi desain motor yang ramping, lampu depan LED hingga memiliki pijakan yang ramping. Selain desain, motor ini juga dilengkapi dengan dengan pelbagai fitur. Seperti adanya teknologi VVA, Stop Start System, speedometer full digital.

 

Meski bodi gede gini, motor ini hemat bahan bakar, lho. Pasalnya, Yamaha Lexi sudah dilengkapi oleh Blue Core yang bikin bahan bakar irit. Nah, masih galau mau beli ini atau nggak? Pasti nggak akan nyesel, kok.

 

7. Yamaha Nmax-155cc

Mau tampil gaul selama naik motor ke kampus? Kamu bisa membeli Yamaha Nmax-155cc yang unggul dari segi desain. Motor ini dijual seharga Rp26 jutaan. Jangan heran dengan harganya yang mahal karena punya kualitas yang sebanding.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Motor Murah dan Hemat BBM

  1. 7 Rekomendasi Motor Sport Murah yang Bisa Kamu Koleksi
  2. 5 Rekomendasi Motor Matic di Bawah Harga Rp15 Juta
  3. Rekomendasi 8 Motor Matic Hemat BBM untuk Anak Muda

 

Desainnya gaul abis dengan banyak kelebihan. Karena bodinya besar, motor ini punya ruang penyimpanan yang besar pula. Cocok deh buat angkut-angkut barang kalau ada acara kampus.

 

Selain itu, kamu bisa berkendara dengan nyaman karena ruang kaki yang luas. Kalau mau, kamu bisa selonjoran, lho! Jok motor yang empuk pun bikin kamu betah berkendara. Sayangnya, motor ini kurang cocok untuk kamu yang memiliki badan mungil seperti saya. Paling cocok untuk mahasiswa cowok atau cewek yang punya badan tinggi dan besar.

 

Memilih motor itu nggak hanya soal bujet, tetapi juga soal hati. Dengarkan apa kata hatimu agar bisa mendapatkan motor yang benar-benar kamu mau sekaligus kamu butuhkan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH