SWARA – Nggak terasa ya, Lebaran sebentar lagi sudah menyapa. Rasanya baru semalam berangkat salat Tarawih untuk pertama kali. Eh, tahu-tahu puasa sudah mau habis saja. Akhirnya kita pun akan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

 

Bicara soal Hari Raya Idul Fitri, pasti pembahasannya nggak akan jauh dari yang namanya mudik. Bagaimana Lebaran tahun ini, mudik nggak? Memang agak nyesek, ya. Banyak orang yang nggak bisa mudik karena nggak dapat tiket kereta. Beberapa juga nggak bisa mduik karena harga tiket yang melangit. Semuanya memang terkendala biaya dan juga fasilitas publik.

 

Artikel Terkait: Pengin Mudik? Baca Ini

  1. Siap-siap Lebaran! Inilah 5 Tips Hemat Saat Mudik
  2. Ditinggal ART Mudik? Housekeeping Robot Ini Bisa Jadi Solusinya!
  3. Tips Anti Gagal Ketika Berburu Tiket Mudik Lebaran

 

Cara lain untuk mudik yang nggak mahal adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika kamu memilih opsi ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Khusus buat kamu yang ingin mudik menggunakan mobil, seenggaknya, cek terlebih dahulu 5 bagian ini!

 

1. Mesin

Mesin menjadi bagian penting dalam pengecekan. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan general check up. Dengan pengecekan ini, otomatis bagian seperti oli mesin, minyak rem, minyak power steering, oli transmisi, hingga air radiator juga dicek. Pengecekan ini memungkinkan mesin berjalan dengan lancar. Dengan mesin yang bekerja optimal perjalanan mudikmu pun jadi lancar.

 

2. Rem

Rem juga menjadi bagian penting dalam mobil. Rem memastikan kamu aman dalam berkendaraan. Ada baiknya kamu melakukan pengecekan pada kanvas atau cakram rem. Jika setelah dicek hasilnya 50:50, sebaiknya kamu ganti saja.

 

3. AC

Sudah bisa dipastikan kalau saat perjalanan mudik besok akan macet. Untuk itu, dibutuhkan kondisi mobil yang nyaman untuk menghadapi kemacetan dan perjalanan jauh. Salah satu sumber kenyamanan ini karena AC. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada AC mobilmu, ya.

 

4. Lampu

Lampu ini nggak hanya berfungsi untuk penerangan perjalanan malam saja. Saat siang kamu juga membutuhkan lampu sebagai tanda komunikasi dengan pengendara lain. Nah, pastikan sebelum mudik kamu melakukan pengecekan semua kondisi lampu, baik lampu utama, lampu belakang, lampu hazard, lampu sein, dan lampu kabin.

 

Artikel Terkait: Begini Cara Perawatan Mesin Kendaraan

  1. Ikuti Tips ini Jika Ingin Mesin Mobilmu Awet Terus
  2. Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Memanaskan Mobil Terlalu Lama
  3. Jangan Dipercaya, Perawatan Mobil ini Hanya Mitos

 

5. Wiper dan reservoir air wiper

Perjalanan jauh pastilah membuat mobilmu menjadi berdebu. Debu-debu ini akan menempel pada kaca depan yang akhirnya mengganggu penglihatan saat kamu menyetir. Belum lagi kalau hujan turun tiba-tiba. Untuk itu, wiper dan reservoir air wiper akan sangat penting untuk perjalananmu.

 

Bagaimana persiapan mudikmu sejauh ini? Pastikan 5 bagian mobil di atas kamu cek dengan baik, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI

 

CTABARU3

Tunaiku