Beranda > Gaya Hidup > 10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling

10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling

SHELY NAPITUPULUShely Napitupulu
10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Travelingwatermark

TUNAIKU.COM – Menabung untuk liburan biasanya bikin tambah semangat kerja. Apalagi buat kamu yang sudah berencana liburan jauh-jauh hari. Liburanmu juga akan makin seru kalau pergi dengan teman-teman terdekat atau sepupu-sepupu yang sudah lama kompak. Saking serunya, bisa jadi niat liburan justru diperpanjang.

 

Masalahnya, semakin lama liburan, semakin banyak uang yang harus dikeluarkan. Tanpa sadar, kamu melakukan hal-hal yang seharusnya nggak masuk estimasi bujet. Tadinya, hanya mau makan siang. Namun, tiba-tiba kamu tergoda mencoba gelato di kedai es krim seberang restoran. Bahkan, sering banget kamu yang hanya ingin mampir, justru berakhir belanja.

 

Hal ini tentu bahaya banget. Apalagi kalau kamu sampai kebablasan dan menggunakan pos tabungan. Bisa-bisa, kamu malah menunggak tabungan di bulan depannya. Nah, untuk menyiasati keuangan pascaliburan, kamu bisa mencoba 10 tips di bawah ini.

 

Artikel Terkait: Spot liburan yang Dekat dari Jakarta

  1. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah
  2. 5 Solusi Liburan Lebaran di Jakarta Buat yang Tidak Mudik
  3. Di Mana Wisata Alam Eksotis yang Dekat dari Jakarta? Berikut Daftarnya!

 

1. Kurangi jalan-jalan

Saya rasa agak susah ya untuk melakukan ini. Terlebih kalau kamu tinggal dan kerja di pusat kota yang dekat mal. Demi stabilitas keuangan, berusahalah sedikit keras menahan diri untuk nggak banyak jalan-jalan di mal. Soalnya, kamu akan menemukan banyak godaan untuk belanja, sekalipun nggak membutuhkan barang tersebut.

 

2. Cari promo dari berbagai tempat

Saat berbelanja kebutuhan di minimarket, kamu mungkin menemukan label kuning yang berarti promo di rak barang. Selagi mengatur ritme keuangan hingga gajian, kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk meminimalkan pengeluaran.

 

3. Belanja di pasar tradisional

Berbelanja di pasar tradisional memang lebih murah ketimbang supermarket. Untuk satu kilo mangga, misalnya. Kamu bisa membayar seharga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu di pasar, sementara di supermarket–harganya bisa mencapai dua kali lipatnya. Hanya saja, berbelanja di supermarket tentu lebih nyaman.  

 

4. Memasak di rumah

Aktivitasmu tentu akan lebih banyak di rumah saat sudah mengurangi anggaran jalan-jalan di mal. Supaya nggak bosan, kamu bisa berbelanja bahan masakan sederhan di pasar, lalu memasaknya. Perihal menu, bisa kamu tentukan sesuai selera dan bujet, kok. Selain terjamin kebersihannya, kamu juga akan lebih hemat ketimbang harus beli di luar atau via ojek online.

 

5. Bawa bekal ke kantor

Setelah “puas” dengan beragam menu saat liburan, nggak ada salahnya kamu membawa bekal ke kantor. Selain membantu menetralkan racun akibat makanan tidak sehat selama liburan, membawa bekal juga lebih hemat.  

 

6. Simpan uang receh

Di masa-masa genting, uang receh bisa berperang penting buat keuanganmu. Tadinya mungkin kamu biasa membiarkan kembalian Rp1.500 atau Rp2.500.  Namun, kalau sudah saatnya mengencangkan ikat pinggang, kumpulan receh ini bisa sangat berarti. Sediakan satu kaleng kecil di kantor dan kamarmu untuk menaruh uang receh tadi. Siapa tahu, bisa buat jajan di akhir pekan tanpa ganggu bujet mingguan.

 

7. Menabung di tabungan yang bisa ditutup rapat

Celengan ayam yang terbuat dari tanah liat dan cukup berat bisa kamu pilih untuk kembali menabung. Biasakan selalu mengisi celengan ini dengan targetmu sendiri tiap harinya.

 

8. Kembali ke rutinitas kerja freelance

Setelah cuti liburan, saatnya kembali membulatkan niat dan semangat untuk bekerja lagi. Pekerjaan sampingan juga perlu kembali kamu tekuni, supaya bisa mendapat uang lebih di hari gajian nanti.

 

Artikel Terkait: Persiapan Sebelum Liburan, Apa Saja, Sih?

  1. Bingung Pakai Baju Apa Saat Liburan? Simak Tips Fashion dari 5 Desainer Terkenal…
  2. 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan
  3. 7 Benda Wajib Dibawa Saat Liburan Daripada Beli Mahal di Tempat Tujuan

 

9. Buat catatan pengeluaran

Sebelum berangkat berlibur, buat catatan rencana pengeluaran kamu selama di sana. Sekalipun akhirnya pengeluaran membengkak, kamu bisa menelusuri kebocoran pengeluaran.

 

Setelah liburan, kembalilah ke catatan rutin keuanganmu tiap bulan. Atur lagi prioritas bulan-bulan ke depan dan usahakan kamu disiplin dengan rencana ini agar tidak sampai deifisit lalu pinjam uang ke orang tua.

 

10. Jaga kesehatan

Habis libur terbitlah sakit adalah prinsip yang nggak boleh kamu anut. Jaga kesehatan supaya kamu tetap bisa beraktivitas maksimal lagi setelah pulang berlibur. Bukan cuma mengganggu kegiatan dan agenda kerja, kamu juga mesti menyediakan bujet tambahan untuk berobat.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett