SWARA – Siapa bilang kegiatan yoga hanya dilakukan orang dewasa saja? Kamu bisa mengisi waktu dengan melakukan yoga bareng si kecil. Apalagi di tengah pandemi saat ini, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk me-time bareng si kecil.

 

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga sangat banyak, mulai dari membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, juga membantu mengendalikan stres hingga mengurangi rasa mudah gelisah. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, yoga bersama anak menjadi quality time yang akan mempererat hubungan antar ibu dan anak.

 

Manfaat yoga bagi anak 

1. Menjaga keseimbangan tubuh

Tentunya pose-pose yoga akan melatih keseimbangan tubuh pada anak, seperti pose pohon yang sekaligus dapat meningkatkan daya fokus pada anak. Latihan keseimbangan akan bermanfaat dalam mengembangkan kekuatan dari dalam tubuh, dan juga meningkatkan ketenangan pikiran. Sehingga membantu anak dalam mengatasi stres yang dihadapinya.

 

2. Membantu latihan pernapasan

Latihan pernapasan membantu anak dalam relaksasi. Dengan tarik napas dan mengeluarkannya secara perlahan membuat anak merasakan keadaan sekitar lebih tenang dan mengurangi stres. Latihan pernapasan juga dapat meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, seperti halnya kemampuan bernapas dan paru-paru mereka. 

 

3. Meningkatkan kelenturan, kekuatan dan koordinasi pada tubuh 

Dengan melakukan peregangan dan pose-pose yang dilakukan secara teratur, maka akan membantu dalam memanjakan otot tubuh. Peregangan juga dibarengi dengan latihan pernapasan, sehingga otot menjadi lebih fleksibel. Selain itu, peregangan juga membantu membangun kekuatan dan koordinasi pada tubuh. 

 

4. Mempererat hubungan dengan orang terdekat

Tidak hanya manfaat fisik yang didapat, tapi juga manfaat mental bagi anak. Dengan berlatih yoga bersama dengan ibu akan membantu mempererat hubungan dengan anak. Di mana ibu dan anak dapat menghabiskan quality time bagi mereka dan bersenang-senang bersama dalam melakukan berbagai pose yoga.

 

Baca Juga : SWARA KAMU: Pengaruh Media Sosial Terhadap Psikologi dan Kesehatan Mental Seseorang

 

Tips melakukan yoga dengan anak

 

1.  Mulai latihan pose yoga sederhana secara perlahan 

Ketika anak belajar yoga, ajarkan secara perlahan. Misalnya mulai dari latihan pernapasan untuk perkenalan. Arahkan mereka untuk mengikuti langkah demi langkah. Setelah mereka menjadi terbiasa, lalu kamu bisa memberikan pose yoga yang sederhana dengan waktu yang singkat agar mereka tidak bosan. Juga berikan pose yang gampang di awal seperti pose kupu-kupu. Lakukan secara perlahan agar anak dapat menguasai berbagai pose. 

 

Karena struktur tulang pada anak masih belum kuat maka anak tidak diharuskan bersikap yoga secara sempurna. Oleh karena itu, setiap pose ada baiknya diajarkan secara perlahan agar kondisi tubuhnya secara perlahan juga menjadi lebih siap.

 

2. Buat menjadi kreatif

Anak-anak akan mudah jenuh jika hal tersebut membosankan. Oleh karena itu kamu bisa membuat yoga dengan menambah unsur-unsur tarian, drama ataupun lainnya. Kamu juga bisa mengajarkan pada mereka belajar koreografi baru untuk dipelajari. Bisa juga dengan menambahkan lagu yang ceria, agar menambah semangat dalam latihan. Buatlah latihan yoga yang fun. Hal ini akan membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan.

 

3. Memberikan umpan balik dengan ramah 

Dengan bersifat ramah akan menimbulkan koneksi hubungan yang berkesan kepada anak. Sehingga anak akan merasakan suasana yang menyenangkan. Misalnya ketika seorang anak melakukan yoga dengan tarian yang bahagia, maka kamu bisa memberikan dukungan seperti memberinya tos, agar dia lebih semangat. Kamu juga bisa memberikan sedikit hadiah dalam pencapaian yang diraihnya, karena biasanya anak-anak akan semakin termotivasi. Hal ini bisa menjadi umpan balik yang menyenangkan untuknya.

 

Berikut adalah pose yoga yang gampang buat anak 

 

1. Pose pohon (Vrksasana)

Source photo : parenting.fisrtcry.com

 

Pose ini dimulai dengan posisi berdiri, lalu tekuk salah satu kaki dan tempelkan telapak kaki di atas atau bawah lutut kaki lainnya. Berhati-hatilah melakukannya jika mengalami masalah lutut. Gerakan ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan, kemantapan baik fisik maupun mental. Selain itu, pose ini membantu meregangkan paha, tulang belakang, pangkal paha, dan bahu.

 

2. Pose Warrior (Virabhadrasana) 

Pose Warrior (Virabhadrasana) 

Source photo : parenting.fisrtcry.com

 

Pertama-tama, berdiri dengan kaki terbuka lebar menghadap ke depan dan lengan diangkat ke atas, lalu tekuk salah satu kaki. Posisi ini dapat kamu coba selama satu menit. Gerakan ini membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan kekuatan inti pada anak. Pose tersebut juga membantu menciptakan citra positif tentang tubuh mereka.

 

3. Pose gunung (Tadasana)

 

Posisi ini cukup mudah untuk dilakukan. Ajarkan anak untuk berdiri dengan kaki dilebarkan, dan mengangkat tangan di atas kepala. Gerakan ini membantu menyeimbangkan berat badan anak secara merata di kedua kaki. Tarik napas dalam-dalam dan tetap dalam pose ini selama hampir satu menit dan lepaskan.

 

4. Pose kupu-kupu

pose kupu-kupu yogaSource photo : parenting.fisrtcry.com

 

Pose ini dilakukan dengan duduk di lantai dengan kaki terentang. Kemudian lipat kaki bersilang dengan menyentuhkan kedua telapak kaki. Pose ini adalah untuk membantu memperkuat dan melenturkan otot paha bagian dalam.

 

Kamu bisa mengajarkan pose-pose di atas untuk mengajak si kecil  dalam mengenal yoga. Di samping itu, yoga sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik anak. Sekaligus dapat mempererat hubunganmu dan anak.