SWARA – “Lebih baik mencegah daripada mengobati.” 

 

Barangkali ungkapan itu familier buat kamu. Menjaga kesehatan itu memang penting. Sebab, kalau sudah sakit, apalagi kena penyakit kronis, lebih berat urusannya. Karena itu upaya pencegahan selalu ditekankan oleh tenaga kesehatan. 

 

Medical check-up merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit pada manusia. Medical check-up terdiri atas serangkaian tes untuk memeriksa kondisi tubuh secara menyeluruh. Cara ini baik untuk mendeteksi penyakit agar bisa ditangani lebih awal. Karena itu, penting juga melakukan medical check-up secara berkala yaitu setahun sekali. 

 

Secara umum, semua orang wajib medical check-up, pria maupun wanita. Namun, dalam artikel ini saya akan membahas yang terkait dengan kesehatan perempuan. 

 

Kaum perempuan memiliki penyakit tertentu yang terkait dengan sistem biologisnya, di antaranya, kanker payudara atau kanker rahim. Medical check-up perlu untuk mencegah hal ini terjadi. Selain itu, pemeriksaan medis berkala juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

  

1. Payudara 

Kanker payudara adalah salah satu pembunuh perempuan Indonesia. Karena itu kamu wajib memeriksa payudara secara berkala. Cara ini pas untuk mendeteksi kelainan atau calon penyakit. Kalau kamu berusia 20-39 tahun, pemeriksaan payudara tiga tahun sekali. Kalau wanita usia 40 tahun, satu tahun sekali. 

 

Artikel Terkait: Menjaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

  1. Konsumsi 7 Makanan ini untuk Meningkatkan Kosentrasimu Saat Beraktivitas
  2. 8 Makanan Prebiotik yang Bagus Untuk Pencernaan
  3. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!

 

2. Pap Smear 

Selain kanker payudara, kanker serviks juga musuh utama perempuan. Penyakit ini sering nggak terdeteksi oleh penderita, dan biasanya paling terasa ketika memasuki stadium empat. Akibatnya, penanganan terlambat. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa melakukan pap smear setahun sekali. Pap smear dilakukan dengan mengambil sampel lendir serviks oleh dokter untuk kemudian diperiksa di laboratorium. 

 

3. Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Bagi yang sudah aktif secara seksual, dokter akan menyarankan vaksinasi setelah hasil tes pap smear keluar (jika hasilnya baik). Namun, kalau belum aktif secara seksual, kamu bisa langsung vaksinasi setelah konsultasi. Vaksin HPV bisa diberikan saat remaja berusia 12 tahun. 

4. USG 

USG dilakukan untuk memeriksa kondisi rahim dan indung telur. Pemeriksaan ini penting bila kamu mengalami rasa sakit di bagian bawah perut. USG juga bisa mendeteksi tumor di bagian rahim. 

 

5. Tes laboratorium

Jenis tes ini dilakukan untuk memeriksa kondisi darah kamu, mulai dari kadar gula darah, tekanan darah. Selain itu, fungsi hati dan ginjal serta kadar kolesterol juga ikut dites di sini. Kalau ada sesuatu yang berbahaya, kondisi kamu bisa segera ditangani. 

 

6. Tes kulit

Kulit sering kali terlewat. Padahal bagian ini juga penting, lho. Penyakit seperti kanker kulit juga mengancam kesehatan kamu, terutama bila ada riwayat genetis atau sering terpapar sinar matahari. Kalau sudah begitu, memeriksakan diri kepada dokter kulit juga disarankan untuk mencegah penyakit ini. 

 

Artikel Terkait: Berani Olahraga Itu Baik  

  1. Kesehatan Mental Itu Penting, Jaga dengan Berolahraga, Yuk!
  2. 5 Tips Aman Berolahraga yang Sesuai dengan Usia
  3. Anak Nggak Suka Olahraga? Cara Jitu Ini Bisa Kamu Coba!

 

7. Rontgen dada

Pemeriksaan medis seperti rontgen dada penting untuk mendeteksi ataupun mencegah penyakit kronis seperti gangguan jantung dan paru-paru. Dua organ itu vital, sehingga bisa ditangani kalau ada gangguan. 

 

Kesehatan itu mahal harganya, terutama kalau sudah terjangkit penyakit stadium lanjut. Karena itu langkah pencegahan selalu menjadi solusi untuk tercegah dari penyakit tertentu. Yuk, periksa diri lebih awal.