SWARA – Dalam beberapa tahun terakhir, diskursus soal kesehatan mental kian menyeruak. Nggak sedikit ahli maupun riset yang menekankan betapa vitalnya kondisi emosional dan mental yang sehat. Pasalnya, kondisi mental dan jiwa yang baik sangat berpengaruh terhadap pikiran, emosi, dan perilaku manusia. Nggak cuma itu, sehat secara emosional dan mental bisa bikin kamu lebih produktif dan efektif dalam segala aspek, seperti pekerjaan, hubungan keluarga, maupun relasi sosial dan sekolah. 

 

Gangguan mental seperti depresi dan kecemasan bisa dialami oleh semua orang. Karena itu, sangatlah penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat untuk mengurangi risiko. Salah satu caranya adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga dikenal dapat meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan senang dan ringan. 

 

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental 

1. Menjaga dan memperbaiki mood

Kalau pengin merasakan perasaan senang yang tinggi atau relaks, kamu harus berolahraga. Aktivitas olahraga apa pun, seperti nge-gym atau main basket, dapat memicu peningkatan senyawa dalam otak yang bikin kamu ceria. Olahraga dalam tim juga bagus untuk menjalin interaksi sosial. 

 

2. Meningkatkan level konsentrasi 

Berolahraga secara teratur dapat mempertajam kemampuan mental seiring bertambahnya usia. Kemampuan seperti berpikir kritis, kecepatan belajar, dan berpikir positif dapat kamu kembangkan dengan melakukan aktivitas aerobik maupun penguatan otot tiga hingga lima kali seminggu selama 30 menit. 

 

3. Mengurangi stres dan depresi 

Kalau kamu aktif berolahraga, pikiran kamu bisa teralihkan dari stres sehari-hari. Dengan begitu, kamu pun dapat terhindar dari pikiran negatif yang bikin kamu gampang depresi maupun cemas. Olahraga memang bikin hormon pemicu stres berkurang, dan pada saat yang bersamaan memproduksi endorfin. Endorfin inilah yang bikin depresi jauh-jauh, dan bahkan bisa bikin kamu relaks setelah beraktivitas. 

 

4. Memperbaiki kebiasaan tidur

Olahraga dan aktivitas berat lainnya cenderung memengaruhi kualitas tidur kamu. Olahraga bikin kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Tidur yang baik tentu saja sangat berpengaruh pada mood kamu keesokan harinya. Hal yang perlu kamu ingat, jangan berolahraga dalam waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur. Nanti kamu malah bisa segar-bugar. 

 

5. Meningkatkan kepercayaan diri 

Aktif bergerak dapat mempertahankan berat badan kamu. Aktivitas individu seperti lari dan bersepeda dapat membakar kalori dan membentuk otot. Tetap fit dengan berat badan yang direkomendasikan dapat menghindarkan kamu dari penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, maupun hipertensi. 

 

Lalu, jenis olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan mental itu apa?

1. Jogging

Olahraga lari atau jogging dapat meningkatkan endorfin, yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan stres, serta bikin kamu merasa bahagia. Bagi yang menderita depresi, lari bisa menjadi semacam meditasi. 

 

2. Berenang

Menurut sebuah riset, berenang mengurangi gejala depresi dan kecemasan secara signifikan di Inggris. Nggak cuma itu, banyak orang dewasa di negara tersebut mengaku telah mengurangi waktu berkunjung ke terapis karena manfaat dari berenang. Berenang memang bisa bikin kamu relaks dan melupakan kepelikan hidup untuk sesaat.

 

3. Olahraga tim 

Olahraga populer yang dilakukan bersama tim, seperti bola basket dan futsal, dapat meningkatkan komunikasi, interaksi sosial, tawa, resiliensi, maupun melatih jiwa kepemimpinan. Sebuah studi bahkan mengungkap bahwa warga Amerika yang berolahraga dalam tim mengalami bad mental health day lebih sedikit dibandingkan dengan yang nggak berolahraga.

 

4. Olahraga ekstrem 

Olahraga ekstrem seperti skydiving dan naik gunung ternyata dapat mengurangi depresi, lho. Arus adrenalin dan perasaan bebas yang timbul ketika melakukan kegiatan tersebut dapat memengaruhi mood kamu secara positif, dan dengan demikian mengurangi kadar stres kamu.

 

5. Bersepeda

Bersepeda adalah moda transportasi yang paling banyak memberi manfaat. Tubuh kamu jadi lebih sehat dan kesehatan mental kamu pun terjaga. Selain itu, riset juga mengatakan kalau bersepeda bikin kamu lebih nggak kesepian. 

 

Nggak masalah olahraga mana yang kamu pilih, selama kamu merasa cocok dan senang menjalaninya, jalani saja. Hal yang penting, tujuan utamanya terwujud yakni kesehatan kamu tetap terjaga dan kamu pun lebih produktif dan bahagia dalam menjalani hari.