SWARA – Cuaca yang nggak menentu membuat kita lebih rentan terserang berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah radang tenggorokan. Kalau tenggorokan lagi radang, makan pun jadi nggak enak, soalnya menelan jadi susah, sih! Selain itu, kamu juga harus pilih-pilih makanan agar radangnya nggak semakin parah.

 

Untungnya, ada cara alami untuk mengatasi penyakit yang satu ini lewat makanan, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Dijamin, tenggorokanmu bakal lebih nyaman, deh! Nah, ini dia buah-buahan yang sebaiknya kamu konsumsi saat sedang radang tenggorokan!

 

1.Lemon

Lemon manjur banget untuk mengatasi radang tenggorokan. Secangkir air lemon hangat mampu melegakan jaringan tenggorokan dengan segera dan menghalau virus dan bakteri. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok teh perasan lemon dengan secangkir air hangat.

 

Artikel terkait: Kiat menjaga kesehatan.

  1. Biar Makin Sehat, Ganti Keripik Kentangmu dengan 10 Jenis Camilan Ini!
  2. Yuk, Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini Setiap Hari agar Lebih Sehat!
  3. Hati-Hati, 9 Penyakit Ini Sering Menyerang di Musim Hujan!

 

2. Jeruk Nipis

Nggak nemu lemon, tapi cuma ada jeruk nipis? Tenang, buah yang satu ini juga mampu menyingkirkan rasa nggak enak pada tenggorokanmu. Seperti halnya lemon, jeruk nipis juga kaya kandungan vitamin C yang mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuhmu. Untuk mengobati radang tenggorokan, campurkan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu murni.

 

3. Pisang

Tekstur buah ini cukup lembut, sehingga mudah ditelan meski tenggorokanmu tengah meradang. Selain itu, kandungan kalium pada pisang juga menjadi obat alami bagi radang tenggorokan.

 

4. Nanas

Selain tinggi akan vitamin C, nanas juga kaya akan kandungan enzim bromelain. Senyawa ini punya sifat anti-inflamasi yang ampuh untuk meredakan iritasi pada tenggorokanmu. Agar mudah ditelan, konsumsi nanas dalam bentuk jus lalu perbanyak istiirahat.

 

5. Belimbing

Buah berbentuk bintang ini kaya vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nggak cuma itu, buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba serta sudah dipercaya sebagai salah satu obat tradisional Tiongkok untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung maupun dijus.

 

Artikel terkait: Manfaat buah-buahan.

  1. Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turun
  2. Cek lagi, Waktu Makan Buahmu sudah benar belum?
  3. Yuk, Detoks Tubuhmu di Awal Tahun 2018 dengan Mengonsumsi 7 Buah Ini!

 

6. Kiwi

Buah kiwi juga terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Menurut penelitian, anak-anak yang rutin mengonsumsi buah kiwi lebih kebal terhadap batuk dan bersin. Selain itu, buah ini juga mengandung hormon serotonin. Salah satu efeknya adalah membuat kamu tidur lebih nyenyak. Lewat istirahat yang cukup, kamu pasti lebih cepat pulih!

 

Sebelum mengonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan radang tenggorokan, sebaiknya kamu coba dulu yang alami seperti buah-buahan di atas. Semoga lekas sembuh!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

 


PAULUS RISANGPAULUS RISANG