SWARA – Tidak hanya orang yang memiliki penyakit pernapasan yang disebabkan karena keturunan, kebiasaan merokok, penyakit jantung, yang mudah terpengaruh oleh kondisi yang buruk akibat kondisi udara yang buruk di kawasan karhutla. Orang-orang yang secara fisik kuat namun memiliki daya tubuh rendah dalam rentang waktu tertentu juga rawan terkena penyakit sesak napas. Untuk menghindari sesak napas, penduduk daerah yang terkena dampak kebakaran dianjurkan untuk melakukan hal-hal ini:

 

Konsumsi antioksidan

Menurut Ketua Pokja Paru Kerja dan Lingkungan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Feni Fitriani Sp.P(K)., untuk mencegah sesak napas, kita harus memperbanyak konsumsi air putih, makan makanan yang bersifat antioksidan tinggi, misalnya sayuran dan buah berwarna oranye, seperti wortel dan jeruk.

 

 

Artikel terkait:

Biar Lebih Sehat, Coba Bikin Resep Salad Buah dan Sayur yang Mudah dan Murah Ini di Rumah!

Jelajah Pasar Tradisional di Bali, Ini 5 Lokasi yang Murah dan Layak Dikunjungi

Terapkan 7 Tips Menata Ruang Makan Agar Berbuka Lebih Praktis

 

 

Asap yang dihasilkan kebakaran hutan dan lahan mengandung berbagai gas berbahaya seperti sulfur dioksida (SO), karbon monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan Ozon Permukaan (O3). walaupun sudah memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, seseorang yang terpapar asap karhutla dalam jangka waktu yang panjang akan membuat darah kekurangan oksigen dan menyebabkan tubuh lemas hingga pingsan. Jika terpaksa ke luar ruangan, gunakan masker.

 

Masker untuk melindungi saluran pernapasan

 

Hasil gambar untuk masker n95

 

Masker ideal yang disarankan oleh Feni adalah N95 karena memiliki perlindungan yang bagus bila dipakai dengan benar, tidak boleh bocor. Selain itu, masker bedah yang hijau bisa digunakan karena masih memiliki efek perlindungan dibandingkan tidak pakai sama sekali.

 

Untuk menghindari efek terhadap pernapasan, masyarakat disarankan untuk lebih lama berada di dalam rumah, meskipun saat bau asap sudah mulai tercium hingga dalam ruangan. Jangan memperparah kualitas udara di rumah dengan membakar obat nyamuk ataupun merokok.

 

Jika di rumah ada alat penjernih udara ataupun pendingin ruangan, gunakan untuk membantu menyejukkan udara di rumah, terlebih tipe AC yang mampu menyaring partikel udara 2,5 (PM 2,5).

 

Perhatikan kondisi tubuh supaya efek buruk asap karhutla menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Jika merasa tubuh kurang nyaman, segera periksakan ke instansi kesehatan dan jangan tunggu hingga merasa benar-benar sakit. 

 

 

Artikel terkait:

https://swara.tunaiku.com/gayahidup/tahukah-kamu-kacang-edamame-bermanfaat-untuk-kesehatan-jantung-lho-yuk-simak-manfaat-lainnya

Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!

6 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Hindari

 

 

“Waspada kalau keluhan pernapasan yang dirasakan menetap. Ada yang cuma sebentar, setengah jam, satu jam hilang sendiri, pertahanan tubuh masih bagus. Kalau enggak nyaman dan cenderung bertahan, sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan,”

Masker N95 dapat dibeli di berbagai lapak online maupun offline dengan harga mulai 15 ribu rupiah. Klik di sini untuk membeli masker N95 secara online. 

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas