SWARA – Jika kamu suka traveling dan ingin merasakan sensasi yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk jalan-jalan ke pasar tradisional. Salah satu pasar tradisional yang juga bisa sekalian menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ada di Bali.

 

Selain tempatnya yang penuh barang kerajinan tangan untuk oleh-oleh, kamu juga bisa merasakan serunya berkomunikasi dengan para penjual lokal yang ada di sana. 

 

Saya sendiri pernah mengunjungi pasar tradisional untuk sekadar berjalan-jalan dan mencari spot foto Instagram. Di sana saya bertemu para penjual lokal yang ternyata sangat ramah. Mereka nggak ragu untuk mulai mengobrol duluan dengan kita, dan yang paling seru adalah candaan ala para pedagang pasar yang membuat terpingkal. 

 

Nah, buat kamu yang ingin traveling ke pasar yang ada di Bali, yuk, simak rekomendasinya di bawah ini.

 

1. Pasar Seni Ubud

Di pasar seni Ubud kamu akan mendapati banyak pedagang karya seni ukir, patung, lukisan, hingga anyaman yang menarik untuk dilihat maupun di bawa pulang. Jika kamu berniat untuk membeli barang-barang yang dijual di sana, kamu wajib cek-cek dulu harga di tiap kios yang ada karena harga di tiap kios akan berbeda-beda. Jadi agar mendapatkan harga yang paling murah, nggak ada salahnya untuk berjalan-jalan dulu mencari barang sekaligus menikmati suasana pasar ini.

 

2. Pasar Badung

Di Pasar Badung, kamu dapat menemui beragam kebutuhan harian seperti sembako hingga sayuran yang dijual oleh pedagang lokal. Selain itu, kamu juga bisa sekalian kulineran di area pasar Badung karena terdapat makanan-makanan khas pasar yang memanjakan lidahmu. 

 

Nggak perlu capek untuk berkeliling ke pasar karena di pasar ini sudah mulai diberi sentuhan modern dengan adanya lift dan eskalator. Pasarnya cenderung bersih dan para pedagang di sini memakai baju khas Bali yang menambah suasana seni semakin kental.

 

Artikel Terkait: Liburan ke Bali

  1. 10 Hotel Ramah di Kantong Bikin Liburan di Bali Makin Hemat dan Menyenangkan
  2. Ini Dia Rekomendasi Olahraga Air Buat yang Mau Liburan ke Bali
  3. 5 Lokasi Liburan di Bali Cocok untuk Leo, Hype Place dan Santai

 

3. Pasar Seni Kuta

Dekat dengan pantai Kuta, pasar ini nggak pernah sepi dikunjungi turis baik lokal maupun asing, lho. Di sini kamu bisa menemui berbagai macam barang-barang kerajinan tangan tradisional seperti tas, topi, hingga baju khas Bali. Pedagang yang ramah, hingga harga barang yang bisa ditawar menambah keseruan kamu saat berbelanja di sini. 

 

4. Pasar Sukawati

Salah satu pasar tradisional yang paling recommended untuk dikunjungi jika ingin membeli oleh-oleh khas Bali. Di sini tersedia berbagai macam pernak-pernik khas Bali yang bisa dibeli dengan harga yang murah melalui proses tawar-menawar. Kamu juga bisa membeli barang secara grosir, sehingga cocok untuk mengambil stok banyak barang untuk dijual kembali. Tempatnya hanya memakan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Ngurah Rai, Bali.

 

5. Jalan Legian

Di sini bukanlah sebuah pasar tradisional seperti pada daftar-daftar sebelumnya. Namun, kamu bisa menemukan berbagai macam pedagang lokal yang menjajakan banyak pernak-pernik khas Bali. Kamu bisa puas berjalan-jalan sepanjang hari di Jalan Legian ini, dan saat malam datang, tempat ini nggak sepi karena terdapat banyak bar, kafe restoran, dan tempat seru untuk dikunjungi di malam hari. 

 

Banyak pasar dan tempat tradisional yang menarik di Bali, bukan? Cocok untuk mengisi liburan kamu! Dengan jalan-jalan di pasar tradisional dan berinteraksi langsung dengan para pedagang lokal, kamu bisa sambil belajar mengenali karakter orang lokal dan mendapat informasi menarik dari mereka, lho.  Menyenangkan, bukan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.