SWARA – Suatu ketika saat bekerja, saya mendapatkan arahan dari bos untuk menangani klien. Karena satu dan lain hal, pikiran saya kosong dan informasi yang disampaikan akhirnya lewat. Alhasil, saat berada di meja meeting, saya gugup dan nggak tahu harus menyampaikan apa. Dari situ bos saya jadi berpikir kalau saya ini susah dalam mengingat sesuatu dan mudah dalam melupakan, alias cepat pikun.

 

Tentu saja saya nggak membenarkan anggapan tersebut. Saat kuliah dulu, saya pernah membaca suatu materi di buku. Karena tertarik dengan isi di dalamnya, saat itu saya dengan mudahnya mengingat isi artikel tersebut. Bahkan saya masih mengingatnya sampai sekarang, lho.

 

Artikel terkait: Cara memahami sesuatu atau belajar

  1. 5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obama
  2. Cara Terbaik Tingkatkan Kemampuan Berhitung Anak di Usia Dini
  3. 7 Cara Jitu Latih Kecerdasan Moral Pada Anak Sejak Dini

 

Dari pengalaman tersebut dan membaca artikel di beberapa situs, saya jadi tahu untuk bisa cepat mengingat suatu hal itu ada tipsnya. Seenggaknya ada lima tips yang juga bisa kamu terapkan, yaitu:

 

1. Membuat lirik berima

Lirik berima ini sama halnya seperti sebuah quote, menarik untuk dibaca dan diresapi. Karena bunyi berima yang enak didengar ini, kata-kata di dalamnya pun lebih mudah diingat. Nah, buat kamu yang biasanya memiliki agenda padat, sangat cocok untuk membuat list agenda kegiatan dalam bentuk syair yang berima. Jadi kamu pun nggak akan melewatkan satu kegiatan begitu saja.

 

2. Dibuatkan lagu

Poin kedua ini sudah jadi rahasia umum. Saya yakin, kamu pun mengalaminya. Jadi saat menyanyikan sebuah lagu, kita bahkan nggak melewatkan satu kata pun, kan? Yap, merangkai kata-kata dalam sebuah lagu bisa jadi penolongmu dalam mengingat sesuatu. Mulai sekarang kamu bisa merangkai rumus matematika dalam sebuah deretan kata-kata. Kamu bisa gunakan untuk mengganti lirik dari lagu yang kamu suka.

 

Artikel terkait: List lagu yang bisa kamu dengarkan

  1. Rekomendasi Lagu Indonesia yang Bikin Musisinya Dikenal Global, Yuk Dengerin!
  2. 10 Rekomendasi Lagu Inspiratif Pembangkit Semangat dari Tokoh Sukses Dunia
  3. 6 Lagu Anak-anak yang Jadi Ajang Nostalgia Millennial

 

3. Terus menerus diulang

Cara mengingat yang lainnya adalah dengan mengulang informasi berkali-kali. Informasi yang diulang berkali-kali akan membuat otakmu menyerap informasi tersebut dengan lebih mudah. Akhirnya, kamu bisa mengingatnya bahkan di luar kepala.

 

4. Buat asosiasinya

Cara mudah lainnya untuk mudah mengingat adalah dengan mencari satu hal yang punya relasi dengan informasi yang disampaikan. Maksudnya di sini adalah ada momen-momen tertentu yang mendukungmu bisa lebih cepat mengingat sesuatu. Misalnya, dalam menyelesaikan suatu tugas, kamu mendapatkan pengarahan dari bos. Saat bos memberikan arahan, ada beberapa divisi terkait yang hadir dan turut memperagakan arahan tadi.

 

Karena dalam memberikan arahan diperagakan dengan hal-hal lucu, kamu pun pun punya kesan tersendiri dengan kejadiannya. Akhirnya kamu lebih mudah mengingat. Oh, jadi kalau menyelesaikan kasus A, seperti yang dicontohkan oleh divisi C kemarin yang bikin orang di satu ruangan tertawa. Nah, ketika asosiasinya sudah terhubung, kamu pun lebih enjoy dan mudah dalam menarik informasi dari ingatan.

 

5. Jembatan keledai

Membuat jembatan keledai juga jadi salah satu cara jitu untuk mudah mengingat sesuatu. Jembatan keledai adalah membuat singkatan kata-kata dan dirangkai menjadi kalimat yang sekiranya membuatmu mudah mengingatnya. Sebagai contohnya adalah mengingat tabel periodik unsur kimia melalui jembatan keledai. Tentu kalau harus mengingat bentuknya kamu akan susah.

 

Itu dia 5 cara agar kamu bisa lebih cepat mengingat sesuatu. Tentu saja ingatan tadi nggak mudah terlupakan, ya. Selamat mencoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI