Sebagai calon orang tua baru, kamu mungkin belum punya pemahaman mendalam mengenai persiapan sebelum punya anak. Perlu kamu sadari bahwa persiapan secara finansial tidak kalah pentingnya dari persiapan mental sebelum kamu memutuskan untuk memiliki momongan.

 

Bermodalkan kasih sayang saja tentu tidak akan cukup untuk dapat merawat dan menjaga tumbuh kembang si kecil. 

 

Sebagai orang tua, kamu juga perlu pos pengeluaran finansial khusus untuk memenuhi kebutuhan anak, mulai dari fasilitas kesehatan hingga pendidikan di masa mendatang.

 

Persiapan Sebelum Punya Anak di Masa Kehamilan

 

Kesiapan finansial dalam memiliki momongan diperlukan sejak masa kehamilan. Pada periode ini, akan ada banyak kebutuhan pengeluaran. 

 

Sang ibu memerlukan perlakuan medis khusus agar kondisi kesehatan dan janin yang sedang berkembang di rahim ibu tetap sehat.

 

1.     Membeli asuransi kehamilan dan persalinan

 

Cobalah menggunakan asuransi untuk menanggung biaya pemeriksaan kehamilan rutin hingga biaya persalinan. Harga produk asuransi kehamilan beragam, tergantung jenis dan manfaat yang ditawarkan. 

 

Pada dasarnya, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya pemeriksaan kehamilan hingga persalinan. Namun, ada keterbatasan manfaat BPJS dibandingkan dengan asuransi.

 

Jadi tidak ada salahnya kamu mulai mempelajari produk-produk asuransi kehamilan dan persalinan,sebagai persiapan awal untuk memasuki periode kehamilan.

 

2.     Biaya tes kehamilan

 

Saat kamu atau istrimu pertama kali merasakan adanya gejala kehamilan, kamu akan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack untuk pengetesan awal.

 

Jika hasil pada test pack menunjukkan positif, maka untuk pemeriksaan lebih lanjut, kamu perlu mendatangi bidan atau dokter spesialis kandungan.

 

Harga test pack di pasaran berkisar antara yang paling murah Rp9.500 hingga yang paling mahal ada yang mencapai Rp179.000. 

 

Sementara biaya pemeriksaan bidan dan dokter spesialis kandungan berkisar antara Rp50.000 hingga Rp350.000.

 

3.     Biaya pemeriksaan rutin

 

Selama masa kehamilan, kamu perlu melakukan pemeriksaan rutin, baik di bidan ataupun dokter kandungan, sedikitnya satu kali dalam sebulan. Hal ini diperlukan untuk memantau perkembangan buah hati.

 

Besaran biaya ini akan sangat bervariatif, bergantung dari reputasi klinik atau rumah sakit. Biaya pemeriksaan ke bidan lengkap dengan vitamin bulanan berkisar antara Rp50.000 sampai Rp200.000. 

 

Sementara, biaya pemeriksaan di dokter kandungan ditambah biaya USG dan vitamin berkisar antara Rp250.000  sampai Rp750.000. Pertimbangkan biaya ini sebagai persiapan sebelum punya anak.

 

4.     Biaya asupan gizi selama kehamilan

 

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi baik. Memenuhi asupan gizi juga jadi bentuk persiapan sebelum punya anak yang sangat penting.

 

Selain asupan makanan berupa buah-buahan, sayuran, daging ikan, dan daging merah, selama masa kehamilan kamu juga akan membutuhkan susu. 

 

Susu ini berupa susu khusus bagi ibu hamil yang harganya berkisar antara Rp85.000 – Rp300.000 per kemasan. 

 

Artikel Terkait: Persiapan Sebelum Melahirkan

  1. Prosedur Melahirkan Menggunakan BPJS Kesehatan
  2. Protokol Kesehatan Melahirkan di Era New Normal

 

Persiapan untuk Proses Kelahiran 

 

Setelah menyiapkan finansial untuk periode kehamilan, kamu juga perlu melakukan persiapan sebelum punya anak untuk proses melahirkan.

 

Persiapan biaya untuk masa persalinan akan sangat tergantung pada proses kelahiran si bayi, apakah secara normal ataupun secara operasi caesar

 

1.     Biaya persalinan normal di bidan

 

Tarif melahirkan di bidan pribadi biasanya hanya sekitar Rp800.000 hingga Rp3.500.000. Biaya ini sudah mencakup pengecekan setelah persalinan. 

 

Apabila persalinan ditangani oleh bidan melalui puskesmas, maka biayanya sekitar Rp600.000, termasuk fasilitas kesehatan seperti obat-obatan. 

 

Tapi, perlu diingat bahwa bidan hanya bisa menangani persalinan normal. 

 

2.     Biaya persalinan normal di dokter kandungan

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk prosedur melahirkan normal bervariasi. Ini tergantung pada pihak rumah sakit yang menyelenggarakannya.

 

Kelas perawatan, obat-obatan yang digunakan, dan tindakan lain yang dilakukan saat proses persalinan juga akan memengaruhi biaya. 

 

Biaya melahirkan normal dimulai dari Rp2.000.000 hingga lebih dari Rp15.000.000.

 

3.   Biaya persalinan caesar di dokter kandungan

 

Biaya operasi caesar di Indonesia bervariasi mulai dari Rp.11.000.000 hingga lebih dari Rp.50.000.000, tergantung dari rumah sakit dan kelas ruang perawatan.

 

Besaran biaya persalinan di atas akan sangat tergantung pada kondisi kesehatan si ibu dan juga bayi selama dalam masa kandungan. 

 

Selain hal tersebut, tempat berupa klinik, rumah sakit, maupun kelas kamar yang dipilih juga akan menentukan jumlah biaya yang dikeluarkan. Cobalah tentukan jenis persalinan yang diinginkan sejak awal, agar bisa melakukan persiapan sebelum punya anak. 

 

4.     Perlengkapan ibu melahirkan

 

Selain biaya untuk proses persalinan kamu juga  perlu membeli berbagai perlengkapan bagi ibu. 

 

Sebab setelah melahirkan ibu biasanya akan menggunakan beberapa perlengkapan khusus ibu bersalin. Beberapa di antaranya pembalut bersalin, breast pad, dan gurita ibu melahirkan.

 

Untuk sejumlah komponen perlengkapan di atas, kamu membutuhkan biaya sedikitnya Rp350.000 sampai Rp500.000.

 

Persiapan Pasca Kelahiran

 

Pasca-melahirkan, orang tua masih perlu mengeluarkan sejumlah biaya rutin seperti biaya imunisasi anak sebulan sekali harganya akan bergantung dari jenis vaksin yang disuntikan. 

 

Di luar itu, terdapat beberapa printilan lain seperti pakaian anak, popok, pompa asi, susu formula, bahan makan mpasi, hingga bubur fortifikasi.

 

Artikel Terkait: Mempersiapkan Kebutuhan Anak

  1. Cara Cerdas Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak
  2. Cara Bijak Memilih Asuransi untuk Anak

 

Di periode pasca-kelahiran, ada baiknya juga bila orang tua mulai mempersiapkan dana untuk pendidikan anak di masa depan. Malah, akan lebih baik kalau kamu bisa melakukan persiapan ini sebelum punya anak. 

 

Kumpulkan dan lakukan perencanaan anggaran pendidikan buah hati secara perlahan. Kamu juga bisa melakukan instrumen investasi seperti deposito, tabungan berjangka, atau pun reksa dana.

 

Ingatlah bahwa anak merupakan anugerah yang melengkapi rumah tangga kamu dan pasanganmu. Sehingga, diperlukan persiapan yang matang sebelum kalian berdua memutuskan untuk punya anak. 

 

Persiapan merupakan bagian dari tanggung jawab orang tua dalam merawat dan membesarkan anak hingga ia dewasa nanti.