SWARA-Mengisi akhir pekan dengan kemping bersama anak sedang menjadi tren. Banyak keluarga yang mau repot-repot melakukan persiapan dari A-Z agar impian kemping bersama terwujud. Misalnya, booking tempat kemping, beli atau sewa tenda, menyiapkan stok makanan, pakaian, hingga obat-obatan.

 

Saya akui, persiapan kemping itu cukup ribet, memakan banyak waktu dan tenaga. Namun, kalau sudah sampai di lokasi, semua rasa capek akan lenyap seketika! Nggak hanya cocok buat seru-seruan, kemping juga memiliki manfaat lain yang baik buat anak, lho.

 

Kalau kamu ingin anak lebih aktif dan memiliki perkembangan fisik dan emosional yang baik, kemping adalah jawabannya. Ini saya bocorkan penjelasan lengkapnya dikutip dari Phinemo.com.

 

1. Bebas teknologi

Saya sering ketakutan dengan efek negatif dari kemajuan teknologi. Buktinya, adik saya yang masih SD saja sudah kecanduan smartphone! Karena khawatir dengan efek buruknya, saya sering mengajak adik untuk melakukan sebuah petualangan. Seperti mencari harta karun sampai napak tilas ke tempat bersejarah.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Kamar Anak

  1. Ini Dia Tema Kamar yang Cocok untuk Anak-anak dan Orang Dewasa
  2. Ini Dia Inspirasi Dekorasi Kamar untuk Anak Milenial
  3. Ide Kamar Tematik untuk Kamar Anak Agar Tampak Ceria

 

Selain cara ini, kemping juga terbukti efektif untuk menjauhkan anak dari gadget. Pasti sudah sering melihat anak-anak yang asyik memegang tablet untuk nonton “Baby Shark” di YouTube, bukan? Kalau mau anak nggak kecanduan, silakan diajak kemping.

 

2. Punya rasa percaya diri yang tinggi

Kemping dipercaya bagus untuk pembentukan karakter anak. Makanya, Pramuka diajarkan untuk kemping sedari kecil hingga SMA. Karena memang terbukti, kemping itu bisa memberi dampak positif pada karakter anak.

 

Dengan mendatangi tempat baru, anak akan mengalami sebuah pengalaman berbeda. Dia akan mengorek informasi tentang tempat baru tersebut dan berusaha untuk mengenalnya. Kegiatan seperti ini yang bisa membuat anak jadi sosok yang percaya diri.

 

3. Punya tubuh yang kuat

Apakah kamu meyakini kalau udara luar itu bisa bikin sakit-sakitan dan flu? Ternyata, anak yang sering diajak menghirup udara luar akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, lho! Karena pada prosesnya, tubuh anak akan bekerja secara maksimal saat bersentuhan dengan udara luar yang cukup dingin atau panas. Namun, mesti diingat jangan sampai memaksa untuk beraktivitas di luar ruang ketika tubuh anak nggak fit, ya. Salah-salah, bukannya tambah sehat penyakitnya malah tambah parah.

 

4. Dekat dengan alam

Salah satu alasan saya suka dengan ide kemping bareng anak adalah si kecil bisa dekat dengan alam. Kamu harus mengajarkan bahwa kehidupan nggak sebatas dunia maya dan perkotaan saja.

 

Ajarkan untuk peduli pada lingkungan dengan memberikan contoh-contoh sederhana. Seperti bagaimana menjaga kelestarian hutan, nggak buang sampah sembarangan dan bahaya menebang kayu.

 

5. Menjadi lebih aktif

Rutinitas anak sehari-hari kalau nggak tidur, dia suka mainan gadget di kasur. Kalau sudah sampai di tahap ini, yuk buruan diajak kemping. Ajak dia untuk memasuki alam bebas, bertemu orang baru, dan melakukan hal-hal seru.

 

Tanpa disadari, anak akan menjadi lebih aktif dengan berkemping. Saat tiba di tempat baru, dia pun tertarik untuk menjelajahi banyak tempat. Nggak ada lagi cerita anak malas-malasan tidur di dalam tenda.

 

6. Berlatih sosialisasi

Dengan rutin kemping, bisa membuat anak lebih dekat dengan alam. Selain itu, dia juga akan belajar untuk bersosialisasi dengan orang lain. Entah itu anggota keluarga ataupun keluarga lain yang juga ikutan kemping.

 

Artikel Terkait: Tips Mendidik Anak

  1. Tips Agar Anak Mandiri dan Berani Berangkat ke Sekolah Sendiri
  2. Yuk, Bantu Proses Transisi Anak dari TK ke SD dengan Tips Berikut!
  3. Ini yang Bisa Orangtua Lakukan Agar Anak Nggak Stres Saat Ujian

 

Kamu bisa mengajak anak jalan-jalan pagi di area perkemahan dan  ajarkan untuk menyapa peserta lain. Kalau terbiasa bertemu orang, dia nggak akan lagi takut untuk berkomunikasi. Saat besar nanti, dia nggak akan ada kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Siapa tahu, anak bisa punya teman baru di tempat kemping, bukan?

 

Kemping memang punya banyak manfaat baik buat anak. Tunggu apa lagi? Segera susun rencana untuk kemping saat liburan nanti.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH