SWARA – Kendati dianggap sepele, faktanya mengelola keuangan masa kehamilan penting banget. Bagaimanapun, kamu bukan hanya harus memperhitungkan biaya persalinan, melainkan juga biaya mengurus anak setelah ia lahir, pemulihan sang istri, hingga biaya untuk hal-hal lain seperti popok, baju dan peralatan bayi. Oh ya, karena kamu tinggal di Indonesia, ini belum termasuk biaya syukuran, ya.

 

Tentu saja, meski mulanya terlihat sedikit, jika disatukan, biaya-biaya itu tadi bisa saja jadi bukit. Itu sebabnya, kamu butuh perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik menyambut hari bahagia. Nah, agar semuanya aman-terkendali, yuk, prioritaskan lima kebutuhan ini!

 

Artikel Terkait: Sadari Berbagai Persoalan Keuangan dalam Keluarga Lewat Informasi Berikut!

  1. 6 Tips Sederhana Hindari Perselisihan dengan Saudara Kandung Karena Masalah Uang
  2. Untuk Pasangan Baru, Prioritas Keuangan Ini Nggak Boleh Kamu Lupakan
  3. Pahami Apa Itu Single Income dalam Kehidupan Pernikahan dan Cara Memaksimalkannya

 

1. Pemeriksaan rutin

Rasa syukur dan bahagia pasti selalu ada ketika kamu akan memiliki bayi. Apalagi, kalau itu bayi pertama. Pasti segala cara akan dilakukan untuk menjaga si calon bayi tetap sehat, nyaman, dan hidup enak sejak dari kandungan.

 

Nah, lantaran istrimu harus bolak-balik cek kesehatan dan perkembangan bayi ke dokter, biaya yang dikeluarkan pun nggak sedikit. Itu sebabnya, kamu harus mempersiapkan anggaran dengan matang. Setidaknya, ada beberapa embel-embel biaya, seperti konsultasi, cek USG, laboratorium, hingga obat-obatan dan vitamin.

 

Aanggap saja, istrimu rutin check up ke dokter tiap satu bulan sekali. Satu pertemuannya, kamu harus membayar Rp150 ribu. Bayangkan jika harus dikali sembilan. Akan ada angka Rp1,35 juta. Itu belum termasuk biaya lain, terutama mendekati hari persalinan.

 

2. Perlengkapan ibu hamil

Namanya mempersiapkan kedatangan si bayi, mau tidak mau, kamu harus menyisihkan bujet untuk membeli beragam perlengkapan ibu hamil. Jenisnya banyak banget. Mulai dari yang umum seperti baju hamil, susu, vitamin, hingga yang sifatnya untuk kenyamanan si ibu–seperti bantal/sepatu khusus, skin care, anggaran untuk massage kehamilan, dan masih banyak lagi! Sudah mulai pusing?

 

3. Perlengkapan bayi

Sama halnya dengan sang ibu, kamu pun harus punya anggaran untuk si bayi. Mulai dari yang paling dasar, deh–seperti perlengkapan bayi. Apalagi, kalau kamu sudah tahu jenis kelamin si bayi. Wah, makin gampang belanjanya, deh.

 

Mempersiapkan anggaran sendiri jadi penting, mengingat harga perlengkapan bayi ini nggak murah. Bahkan, ada yang harganya mencapai jutaan, lho!

 

4. Biaya untuk melahirkan

Namun, dari semua biaya, inilah pos yang paling penting. Tentu, sebagai orang tua dan calon ayah, kamu ingin istrimu bisa melahirkan dengan nyaman dan aman, kan?

 

Memang, biaya melahirkan sendiri bervariasi. Setiap tempat berbeda-beda. Bergantung pada cara apa istrimu akan melahirkan, plus fasilitas yang akan diberikan. Sebagai ancar-ancar, kamu membutuhkan biaya sekitar Rp1 juta hingga puluhan juta. Kendati demikian, biaya ini masih bisa ditekan lagi, kok, dengan adanya kartu BPJS Kesehatan atau asuransi.

 

5. Biaya pascamelahirkan

Selamat, kamu resmi jadi seorang ayah! Ini artinya, kamu juga harus kerja lebih keras untuk menghidupi keluarga. Nah, bukan hanya pemasukan saja yang harus dikelola, melainkan juga pengeluaran.

 

Soal biaya pascmelahirkan, umumnya lebih tinggi dari masa kehamilan. Pertama-tama, kamu harus membeli beragam kebutuhan bayi seperti susu, popok, alat perah asi, hingga makanan khusus, hingga mempersiapkan syukuran atau akikah.

 

Sebagai gambaran, akikah membutuhkan satu ekor kambing dengan harga Rp1,5 juta hingga Rp3 juta sesuai besar dan kualitas kambing. Tinggal kalikan sesuai kebutuhan. Meski demikian, kalau memang nggak mampu, nggak perlu memaksa, kok.

 

Artikel Terkait: Solusi Agar Hubungan Antaranggota Keluarga Semakin Kuat!

  1. 7 Cara Menghadapi Anggota Keluarga yang Menyebalkan dan Suka Ikut Campur
  2. Moms, Hindari Beberapa Kalimat Negatif Ini yang Bisa Menjatuhkan Mental Anak
  3. Anak Sudah Remaja? Ini Dia Tips untuk Mempererat Hubungan dalam Keluarga

 

Nah, itulah beberapa keperluan yang harus diprioritaskan saat masa-masa kehamilan istri. Jadi, siapkan jauh-jauh hari, ya.

 

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


HENDRATANU WIJAYAHENDRATANU WIJAYA