Beranda > Finansial > 6 Tips Sederhana Hindari Perselisihan dengan Saudara Kandung Karena Masalah Uang

6 Tips Sederhana Hindari Perselisihan dengan Saudara Kandung Karena Masalah Uang

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
6 Tips Sederhana Hindari Perselisihan dengan Saudara Kandung Karena Masalah Uangwatermark

TUNAIKU.COM – Bab keuangan selalu menjadi hal yang sensitif. Uang bisa memicu pertengkaran dengan siapapun, bahkan dengan keluarga mu sendiri. Keuangan sangat erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan dan hal-hal yang menunjang masa depan keluarga. Rasanya ini sudah menjadi sesuatu hal yang wajar, tetapi kalau dibiarkan, tentu akan menimbulkan hubungan yang nggak sehat.


Keluarga senantiasa menjadi tempatmu bersandar di kala suka dan duka. Sayang sekali kalau hubungan mu dengan mereka jadi kurang baik, hanya karena masalah uang. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, coba simak tips berikut!

 

Artikel terkait: Ada banyak cara untuk berhemat. Simak beberapa trik nya!

  1. Kamu Bisa Hemat Banyak lho dengan Belanja Online, Ini Tipsnya!
  2. Naik Gaji, Ikuti 6 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Agar Semakin Aman
  3. 7 Cara Tetap Hemat dan Menabung Meski Suka Belanja

 

1. Menentukan prioritas dan tujuan keuangan

Agar kondisi keuangan tetap stabil, tentukan prioritas dan tujuan keuanganmu. Dahulukan beberapa kebutuhan pokok. Hal ini butuh komitmen yang cukup tinggi. Dengan saling menjaga komitmen, maka pertengkaran bisa diminimalisir.

2. Nggak memaksakan diri

Dalam menentukan prioritas dan tujuan, kamu dan pasanganmu harus bersikap realistis. Coba gunakan jumlah gaji kalian sebagai bahan pertimbangan, lalu bandingkan dengan list kebutuhan keluarga. Pilih beberapa kebutuhan yang kira-kira bisa dikejar dengan gaji yang dimiliki.

 CTABARU2

Mobile Site CTA

3. Menentukan alokasi dana sosial

Jika memiliki uang lebih, ada baiknya bisa dialokasikan untuk dana sosial. Misalnya untuk saudara kandung, orang tua, keluarga besar pasangan, atau orang-orang terdekat. Dalam merencanakan dana sosial, baiknya kamu dan keluargamu saling berdiskusi. Sikap terbuka dengan keluarga, adalah kunci menjaga hubungan yang baik antar anggota keluarga.

 

4. Jangan terlambat membayar tagihan

Kalau keluarga mu memiliki hutang, bayarlah tagihan tepat waktu. Terlambat membayar hutang dapat memicu pertengkaran antar saudara lho. Perlu kesadaran diri untuk telaten membayar tagihan, juga jangan lupa untuk saling mengingatkan. Cara lain yang bisa digunakan adalah mengatur tabungan agar terkoneksi secara online dan memperoleh notifikasi tenggat waktu tagihan. Sangat memudahkan mu bukan?

 

5. Teamwork yang baik

Nggak hanya lingkungan kerja saja yang butuh teamwork, tetapi dalam keluarga juga dibutuhkan. Seringkali pertengkaran muncul karena antar anggota keluarga memiliki tujuan yang berbeda. Daripada sibuk dengan keinginan masing-masing, mulai lah untuk saling menyamakan tujuan dan persepsi, agar teamwork keluarga bisa tercipta.

 

6. Mengidentifikasi perbedaan

Perbedaan pendapat pasti selalu muncul. Tetapi berusahalah untuk menahan egomu. Ajaklah bicara bersama, saling mendengarkan pendapat satu sama lain. Carilah solusi agar mencapai kesepakatan.


Apapun persoalannya, semua bisa terselesaikan dengan cara terbuka dan berunding bersama. Yuk bangun hubungan positif dengan orang terdekat!

 

Artikel terkait: Raih keuntungan berinvestasi dengan cara-cara berikut!

  1. Bikin Startup, Ini Tips Dapat Suntikan Dana dari Angel Investor!
  2. Biar Untung, Ini 4 Tips untuk Melatih Intuisimu dalam Bermain Saham
  3. Terapkan Strategi Ini Untuk Main Forex Biar Untung Terus!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett