SWARA – Membahagiakan orang tua adalah kewajiban bagi semua anak yang di seluruh dunia. Kenapa? Karena orang tua sudah membesarkan kita dan membimbing kita sejak kecil. Peran orang tua yang sangat penting itulah yang membuat kita harus mengapresiasi mereka sebagai rasa terima kasih yang mendalam.

 

Setiap orang punya cara masing-masing dalam membahagiakan orang tua mereka. Ada yang dengan memberi kejutan atau hadiah, dan ada juga yang hanya dengan memberikan perhatian sepenuh hati untuk orang tua mereka. Semua cara itu pasti akan membuat orang tua akan semakin bahagia.

 

Terutama, kita harus selalu ada pada momen-momen penting yang terjadi pada mereka. Baik itu momen yang menggembirakan, atau justru momen saat mereka sedang down. Mereka pasti membutuhkan kehadiran kita untuk menemani mereka dalam momen tersebut.

 

Artikel Terkait: Tips Membuat Nyaman Saat Bersama Keluarga!

  1. Tips Menempatkan Sofa Sudut Agar Suasana Kumpul Keluarga Lebih Asik
  2. Cara Mempererat Hubungan Keluarga Berdasarkan Zodiak
  3. 3 Rekomendasi Film Keluarga yang Wajib Ditonton Saat Akhir Pekan

 

Nah, untuk membahagiakan orang tua bisa dengan berbagai cara. Kamu pun bisa membahagiakan orang tuamu dengan cara yang sederhana tapi sangat bermakna. Berikut ini adalah beberapa cara membahagiakan orang tua dengan cara yang sederhana tapi bisa sangat bermakna.

 

1. Luangkan waktu untuk bertemu

 

Saat anak sudah semakin beranjak dewasa, anak tersebut akan memiliki kesibukan tersendiri. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga mengurus keluarga kecilnya. Hal ini yang terkadang membuat jarak antara anak dengan orang tua sedikit renggang, dikarenakan keterbatasan waktu yang membuat intensitas pertemuan mereka semakin berkurang.

 

Oleh karena itu, solusinya adalah kamu harus membuat jadwal khusus untuk meluangkan waktu dan bertemu dengan orang tuamu. Kamu bisa menggunakan waktu weekend-mu atau hari liburmu untuk bertemu dengan mereka.

 

Dengan kamu membuat jadwal khusus, kamu bisa menolak agenda lain yang waktunya bersamaan dengan jadwal bertemu dengan orang tuamu.

 

2. Selalu update kabar setiap harinya

 

Tahukah kamu? Terkadang orang tuamu akan sungkan untuk menelponmu karena takut mengganggu kesibukanmu. Mereka sangat mengharapkan kabar terbaru darimu setiap harinya.

 

Mereka hanya ingin mendengar suara atau melihat wajahmu via videocall untuk menenangkan hati dan menghilangkan rasa khawatir mereka. Oleh karena itu, kamu sebagai anak harus selalu meluangkan sedikit saja waktumu untuk menghubungi mereka setiap harinya.

 

Kamu bisa menghubungi mereka saat sebelum memulai aktivitas harian. Tanyakan kabar mereka, apakah mereka sudah makan, dan pertanyaan-pertanyaan sederhana lainnya. Hal-hal kecil itu ternyata bisa membuat orang tua bahagia, lho. Yap, karena dengan kamu menghubungi mereka setiap hari, mereka akan merasa keberadaan mereka adalah hal penting bagi anak-anaknya.

 

3. Temani mereka saat sedang down

 

Dengan berjalannya waktu, umur orang tua kita akan semakin menua. Maka dari itu, kemungkinan untuk terjadinya kondisi sakitpun akan semakin besar. Di saat-saat seperti inilah kehadiranmu di samping mereka sangat dibutuhkan.

 

Tidak hanya saat mereka sakit, momen-momen lainnya yang membuat mereka menjadi down juga membuatmu harus mendampingi mereka secara langsung. Karena, kehadiranmu bisa menjadi obat yang ampuh untuk meningkatkan semangat mereka untuk bisa lebih baik lagi. Kamu harus tahu bahwa anak adalah moodbooster bagi orang tuanya!

 

4. Perbanyak sharing dengan orang tua

 

Kehadiranmu di samping mereka memang penting bagi mereka, tapi lebih penting lagi adalah momen duduk bersama orang tua untuk sharing segala hal. Kamu bisa menceritakan apapun yang terjadi pada hidupmu selama ini. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran dan nasihat ketika kamu sedang merasa kebingungan pada suatu masalah.

 

Dengan kamu cerita mengenai dirimu kepada mereka, orang tuamu akan merasa dihargai dan dianggap keberadaaanya oleh anak mereka. Hal ini tentunya bisa membahagiakan mereka tanpa kamu sadari.

 

5. Bawakan oleh-oleh ketika berkunjung ke rumah mereka

 

Tidak semua orang tua mengharapkan bingkisan dari anak mereka. Tapi, tidak ada salahnya kamu membawa oleh-oleh saat kamu berkunjung ke rumah orang tuamu.

 

Orang tuamu tidak akan melihat bingkisan yang kamu bawa dari nilai harganya. Yang mereka lihat adalah bentuk perhatian dari seorang anak pada orang tuanya. Tentunya, hal ini pasti membuat mereka merasa lebih bahagia saat mereka sedang dikunjungi.

 

6. Selalu patuhi dan taati permintaan orang tua

 

99% orang tua di dunia ini menginginkan segala hal yang terbaik untuk anaknya. Mereka tidak akan menjerumuskanmu ke dalam lubang yang buruk. Oleh karena itu, selalu patuhi dan taati apa yang mereka ucapkan kepadamu.

 

Kalaupun kamu memiliki argumen yang bertentangan, cobalah sampaikan dengan cara yang sangat santun. Karena dengan hal itu, kamu bisa membuat sebuah diskusi sehat dalam menyelesaikan sebuah masalah.

 

Orang tua pasti akan bahagia jika anaknya selalu patuh dan taat pada mereka, karena hal itu menunjukkan bahwa anaknya memang sangat menghormati orang tuanya.

 

Artikel Terkait: Potret Unik Tentang Keluarga!

  1. 5 Zodiak yang Selalu Mengutamakan Keluarga dari Segalanya
  2. Wow, Ini Dia 5 Keluarga dengan Poligami Terbesar di Dunia
  3. Potret Harmonis Keluarga Seleb Indonesia, Bisa Ditiru

 

7. Buat sedikit kejutan

 

Boleh lah kamu sesekali membuat kejutan untuk orang tuamu. Siapa sih yang nggak suka diberi kejutan? Apalagi kejutannya diberikan oleh seorang anak pada orang tuanya.

 

Kamu bisa memberikan kejutan pada momen-momen penting hidup mereka, seperti hari ulang tahun, hari anniversarry, hari raya, atau pada momen-momen penting lainnya. Namun selain itu, kamu juga tetap bisa memberi kejutan pada orang tuamu di saat hari-hari biasanya.

 

Seperti contoh, mungkin saat kamu ingin berkunjung, kamu tidak memberi kabar dan secara tiba-tiba muncul di hadapan mereka. Hal itu sangatlah sederhana tapi bisa membuat orang tuamu merasa sangat bahagia.

 

8. Selalu doakan orang tuamu

 

Selain bentuk nyata perhatian dan kasih sayangmu, jangan lupakan untuk selalu doakan mereka dalam setiap kesempatan. Di setiap agama apapun, kekuatan doa adalah kekuatan yang terbesar di dunia ini. Jadi, kamu harus selalu doakan mereka di setiap aspek kehidupannya.

 

Doakan kebahagiaan mereka, kesehatan mereka, dan segala yang terbaik untuk orang tuamu. Dengan doamu, kebahagiaan orang tua akan semakin lengkap.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


dhandyDhandy Dwi Yustica