Setiap keluarga pasti memiliki kegiatan keluarga yang spesial dan dapat menambah keharmonisan masing-masing anggota keluarga. Kegiatan keluarga yang dilakukan bersama-sama dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan jangka panjang.

 

Lalu apa saja kegiatan keluarga yang dapat menambah keharmonisan dalam jangka panjang?

 

Manfaat Keluarga Bahagia untuk Anak

 

Banyak hal yang dapat memberikan manfaat jika dapat membangun keluarga bahagia:

 

1. Membuat anak bahagia dan tumbuh berkembang

 

Jika dalam satu keluarga, orang tua yang selalu membangun dengan anak secara baik dan menyenangkan maka anak-anak dapat merasakan bahagia. Mereka akan lebih merasa bangga memiliki keluarga yang harmonis dan saling support semua kegiatan si anak.

 

Tidak hanya kegiatan akademik saja namun juga kegiatan non akademik. Sehingga, si anak dapat dibesarkan dengan lingkungan keluarga yang positif serta memudahkan mereka dalam mewujudkan semua cita-cita yang diinginkan.

 

Lain hal dengan keluarga yang tidak peduli dengan anggota keluarga, biasanya orang tua lebih cuek dengan segala aktivitas maupun impian sang anak. Sehingga, sang anak tidak memiliki support system yang mendukung untuk tumbuh kembangnya.

 

Padahal, keluarga menjadi tempat pertama anak untuk melakukan tumbuh kembang sesuai dengan apa yang diinginkan. Keluarga harus menjadi tempat yang nyaman dan harmonis agar anak-anak dapat fokus untuk mengejar impian tanpa dibayangi rasa ketakutan.

 

2. Mendukung perkembangan emosional dan psikologi anak hingga tumbuh dewasa

 

Perkembangan anak dari masa kecil hingga dewasa baik sisi emosional serta psikologi membutuhkan peran besar orang tua. Sang anak jika dibesarkan di lingkungan keluarga yang bahagia dan harmonis maka perkembangan psikologi bisa berjalan secara maksimal.

 

Keluarga menjadi tempat belajar pertama dalam mendidik nilai-nilai yang benar untuk membangun sisi emosional dan psikologi sang anak. Peran keluarga menjadi penting karena akan mengingatkan si anak jika melakukan hal yang salah atau di luar norma.

 

Semua dapat dibangun asal setiap anggota keluarga memiliki hubungan yang harmonis dan saling membantu satu sama lain. Sehingga, menjadi satu kesatuan yang tak terlepaskan untuk membangun keharmonisan dalam jangka panjang.

 

3. Membuat lingkungan yang nyaman, hangat, dan penuh dengan cinta kepada anak

 

Sebuah kebahagiaan dari sang anak saat mereka menyadari betapa besar cinta dan kasih sayang yang diberikan orang tua sejak kecil hingga dewasa. Dengan berbagai kegiatan keluarga akan membuat lingkungan yang nyaman bagi sang anak.

 

Tidak hanya kenyamanan, kegiatan keluarga yang sering dilakukan bersama akan memberikan kehangatan dan menunjukkan kecintaan orang tua pada sang anak. Setelah dewasa mereka pun akan bertumbuh menjadi sosok yang tangguh dan peduli dengan keluarga.

 

Kebutuhan dasar manusia untuk dicintai, dihargai, dan dikasihi akan terpenuhi saat anak dibesarkan di lingkungan keluarga bahagia. Dengan begitu maka akan dapat membuat karakter sang anak kuat dan tidak mudah untuk jatuh pada hal buruk lainnya.

 

Contoh Kegiatan Keluarga Menambah Keharmonisan

 

kegiatan keluarga

 

Ada banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah keharmonisan antar anggota keluarga seperti:

 

1. Memasak bersama seluruh anggota keluarga

 

Mulai dengan kegiatan keluarga yang sederhana dan seru seperti memasak bersama orang tua dan anak. Kamu dapat memilih waktu di akhir pekan ketika semua anggota keluarga dapat berkumpul.

 

Tentukan terlebih dahulu makanan apa yang akan dimasak bersama bisa camilan, sayur mayur hingga kue. Jika semua sudah sepakat, bagi setiap orang dengan tugasnya masing-masing.

 

Aktivitas memasak dapat meningkatkan kerjasama tim dan membangun keharmonisan.

 

2. Berkemah di luar rumah

 

Jika kegiatan keluarga bosan dilakukan hanya di dalam rumah, kamu dapat memilih untuk berkemah di luar rumah bersama keluarga. Namun, cari tempat yang aman agar keamanan tetap dapat dijaga. 

 

Sekeluarga dapat memilih alam terbuka yang banyak dipilih oleh orang lain sebagai tempat berkemah juga. Kegiatan keluarga ini akan menambah keseruan dalam membangun keharmonisan.

 

3. Bersepeda bersama di luar rumah

 

Hari minggu biasanya menjadi hari yang paling enak untuk melakukan kegiatan keluarga bersepeda bersama keluarga. Pastikan dari pagi-pagi sudah mulai berangkat agar tidak terlalu panas.

 

Tentukan rute yang dapat dijangkau oleh semua anggota keluarga dengan sepeda. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat menambah kesehatan semua anggota keluarga.

 

4. Menonton film di bioskop

 

Banyak film-film baik produksi dalam negeri dan luar negeri yang menyajikan cerita yang bagus dan menarik. Sekeluarga dapat janjian untuk menonton bersama sambil memilih film yang menarik dan selera ditonton sekeluarga.

 

Dengan menonton film bersama maka dapat menambah bahan obrolan seru sesampainya di rumah dan juga menjadi waktu quality time bersama keluarga.

 

Baca juga:

9 Ide Kado Pernikahan yang Bisa Kamu Hadiahkan untuk Sahabat Dekat

5 Tips Atur Uang Setelah Menikah Agar Tidak Keteteran

Ingin Keluarga Bahagia? Lakukan 4 Tips Ini Agar Makin Harmonis!

 

5. Belanja pakaian bersama

 

Belanja pakaian bersama anggota keluarga dapat menambah keharmonisan karena dapat membeli pakaian mana yang diinginkan. Asalkan lakukan dengan bersama-sama maka baik orang tua maupun anak akan terjalin diskusi dan keharmonisan.

 

Nantinya dengan pakaian baru dapat dipakai dalam acara besar keluarga misal menghadiri pernikahan kerabat. Salah satu yang terpenting adalah kekompakkan dalam memilih pakaian yang masing-masing sukai.

 

6. Membaca buku yang disukai

 

Stok bacaan habis? kamu dapat membeli buku di toko buku langganan dan dapat membaca buku bersama dengan keluarga. Nantinya setelah membaca sesama anggota keluarga dapat berdiskusi isi dari buku dan terjalin komunikasi antar keluarga.

 

Pilihlah jenis buku yang kamu sukai seperti fiksi atau non fiksi.

 

7. Bersih-bersih rumah bersama keluarga

 

Kegiatan keluarga bersih-bersih rumah menjadi kegiatan yang menarik karena memanfaatkan kerjasama tim yang baik antar anggota keluarga. Pilihlah tempat paling berantakan atau tidak terurus seperti gudang.

 

Kamu dan keluarga dapat memilah-milah mana barang yang masih dapat digunakan dan mana yang tidak. Biasanya kegiatan ini dilakukan hingga berjam-jam dan menjadi seru jika dilakukan bersama keluarga.

 

Tujuh kegiatan keluarga di atas dapat menjadi referensi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena dapat membangun keharmonisan antar anggota keluarga.