Atur uang setelah menikah tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan baru. Memasuki jenjang kehidupan pernikahan, tentu banyak hal yang berubah. Penyesuaian diri perlu dilakukan, mulai dari kebiasaan kecil seperti bangun tidur, makan, hingga kebiasaan mengatur uang.

 

Tentunya kamu mau mengawali kehidupan pernikahan kamu dengan kebahagiaan bersama dengan pasangan. Perlu waktu untuk kamu membiasakan diri satu sama lain, namun tidaklah sulit. Selama kamu dan pasangan mau berjuang bersama, tujuan kalian pasti bisa tercapai.

 

Atur Uang Setelah Menikah dengan Nyaman

Mengatur uang setelah menikah tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Asalkan satu sama lain mau terbuka dengan kondisi masing-masing, kamu akan bisa mengatur uang dalam rumah tangga kamu dengan baik. Mari kita bahas beberapa tips atur uang setelah menikah yang bisa langsung kamu praktekan:

 

1. Membuat Perencanaan dan Tujuan Keuangan Bersama

perencanaan keuangan

Tips atur uang setelah menikah yang pertama adalah membuat perencanaan dan tujuan keuangan bersama. Menjadi keluarga sama seperti mengendarai kendaraan bersama. Jika kalian tidak memiliki tujuan yang sama, kalian akan cekcok di tengah jalan. Setelah mempunyai tujuan yang sama sekalipun,  kalian juga harus seiya sekata untuk perencanaan jalur yang akan dipilih.

 

Hal ini sama dengan perencanaan keuangan. Kamu perlu mengetahui apa tujuan keuangan kamu dan pasanganmu, apakah membeli rumah impian, membuat bisnis, dan sebagainya. Jangan meremehkan tujuan keuangan masing-masing, karena setiap dari kita memiliki hal penting yang berbeda dalam hidup kita.

 

Setelah tujuan keuangan keluargamu disepakati bersama, tentu kamu perlu melakukan perencanaan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Mulailah dengan melakukan budgeting terhadap hal yang dibutuhkan dan diinginkan. Kamu bisa menggunakan sistem budgeting 50, 30, 20, yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk investasi. Sisihkan dana investasi di depan, sehingga tidak terpakai untuk keinginan yang impulsif.

 

Baca juga: Biaya Hidup Setelah Meningkah Meningkat? Ketahui Sebabnya

 

2. Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

catat pemasukan dan pengeluaran

Setelah membuat perencanaan dan tujuan keuangan, tips atur uang setelah menikah yang selanjutnya adalah mencatat arus kas rumah tanggamu. Pastikan kamu dan pasanganmu saling transparan dan mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran masing-masing.

 

Pada dasarnya, tips kedua ini adalah tentang bagaimana kamu memonitor perjalanan perencanaan keuangan kamu untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mengetahui dimana bocor halus pengeluaran yang terjadi. Selain itu, jika kamu merasa ada budget yang terlalu besar, kamu bisa kurangi dan memasukkan kelebihannya ke dalam investasi.

 

Baca juga:

Hadapi Pasangan Boros, Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Aman

Dear Keluarga Baru, Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Resesi

 

3. Menyiapkan Dana Darurat Sesuai Kebutuhan

persiapan dana darurat

Tips atur uang setelah menikah yang selanjutnya adalah menyiapkan dana darurat sesuai kebutuhan. Dana darurat adalah tabungan kamu yang hanya boleh digunakan saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Contohnya saat terjadi atap rumah yang bocor, kendaraan mogok, ataupun perlu periksa ke dokter saat sedang sakit. Selain itu, kamu juga bisa gunakan saat kamu dirumahkan dari pekerjaan kamu secara mendadak seperti kasus pandemi yang lalu.

 

Besaran dana darurat setiap keluarga berbeda-beda. Yang ideal adalah sebesar 6 kali pengeluaran atau pemasukan dari keluarga tersebut. Dana darurat tidak perlu terlalu besar, agar kamu berinvestasi di instrumen yang memberikan hasil yang lebih baik. Kamu bisa menempatkan dana darurat ini di instrumen yang memberikan return yang mengalahkan inflasi, seperti di reksadana pasar uang. 

 

4. Menyisihkan Dana Asuransi dengan Tepat Sasaran

asuransi

Selain dana darurat, menyiapkan asuransi untuk kamu dan pasangan juga menjadi tips atur uang setelah menikah yang selanjutnya. Asuransi disini bukanlah investasi, namun proteksi yang mengalihkan resiko di saat kamu mengalami hal yang buruk.

 

Beberapa hal yang bisa ditanggung oleh asuransi adalah biaya pengobatan saat terjadi kecelakaan, ataupun saat kamu dirawat di rumah sakit karena sakit. Dengan adanya asuransi, kamu tidak perlu membongkar tabungan hanya demi biaya pengobatan dan tetap menjaga investasi kamu.

 

Ambilah asuransi yang sesuai kebutuhan. Untuk pasangan yang baru menikah, kamu bisa mengambil asuransi kesehatan yang sesuai tagihan. Apabila kamu sudah mempunyai anak, kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengambil asuransi jiwa ataupun sakit kritis.

 

5. Mulai Berinvestasi Untuk Kebutuhan di Masa Depan

investasi masa depan

Untuk mencapai tujuan keuangan kamu dan pasangan dengan lebih cepat dan tepat, kamu perlu mengikut tips atur uang setelah menikah yang satu ini. Dengan kamu berinvestasi, kamu membuat uang kamu bekerja disaat kamu sedang tidur. Sebagai contoh, jika kamu memiliki tujuan keuangan dana pendidikan untuk anak kamu, investasi akan membantu kamu lebih cepat mencapai dana yang kamu butuhkan.

 

Lakukan investasi rutin setiap bulan ke instrumen yang sudah kamu pelajari dan sesuai profil risiko kamu. Sisihkan pemasukan kamu di depan dan langsung belikan instrumen investasi yang kamu percaya. Saham dan reksadana menjadi pilihan apabila kamu memiliki tujuan keuangan jangka panjang.

 

Artikel terkait:

5 Jenis Investasi Jangka Panjang Terbaik untuk Masa Depan

 

Demikian tips atur uang setelah menikah yang bisa langsung kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu. Ingatlah bahwa kamu dan pasangan memiliki posisi yang sama dalam mengatur keuangan keluarga. Baik suami atau istri hendaknya saling menghargai satu sama lain, sehingga keluarga tetap harmonis dan rukun. Semoga kamu bahagia selalu ya!