SWARA– Siapa sih yang nggak kenal buah dengan kulit berduri beraroma harum yang khas ini? Pastinya kamu tahu buah durian, dong. Si raja buah yang satu ini memang banyak penggemarnya.

 

Nah, karena Indonesia adalah surganya durian, tentunya Indonesia punya banyak daerah di mana pohon-pohon durian tumbuh subur. Beberapa daerah di antaranya malah dijadikan sebagai desa wisata. Jadi, kamu bisa jalan-jalan berkeliling melihat indahnya alam sekaligus sambil menikmati lezatnya buah durian langsung dari pohonnya. Kira-kira daerah mana saja yaa?

 

Artikel Terkait: Wisata Kuliner, Yuk!

  1. 7 Kuliner Hits Di Malang, Wajib Coba!
  2. 5 Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dikunjungi dan Dicoba
  3. Ini Dia 10 Kuliner Hits Kota Semarang yang Wajib Dicicip

 

1. Desa Wisata Durensari, Trenggalek, Jawa Timur

Daerah yang wajib dikunjungi pertama oleh para pecinta durian adalah Desa wisara Durensari yang ada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Desa Durensari ini punya kebun durian yang asri dan indah, jadi kamu bisa jalan-jalan di sana dengan nyaman. Selain jalan-jalan melihat suasana kebun yang asri, kamu juga bisa menikmati durian yang langsung dipetik dari pohonnya. Atau durian matang yang jatuh di sekitar pohonnya.

 

Sebenarnya, desa wisata Durensari ini nggak terlihat seperti kebun durian, tapi lebih tepatnya seperti hutan durian. Karena suasananya memang seperti hutan dengan pohon-pohon besar yang rindang dan udara yang segar. Di dalam hutan durian ini ada jalan setapak yang bisa kamu susuri. Seru banget, bukan?

 

2. Desa Sangkanwangi, Lebak, Banten

Desa wisata durian selanjutnya terletak di daerah Banten yaitu tepatnya di Desa Sangkanwangi, Kecamatan Leuwidemar, Kabupaten Lebak, Banten. Awalnya petani setempat mendirikan desa wisata ini untuk meningkatkan perekonomian warga daerah tersebut. Kemudian desa ini menjadi dikenal masyarakat karena memiliki koleksi pohon durian yang cukup banyak dan khas.

 

 

 

 

 

 

Jenis durian yang menjadi produk unggulan desa ini adalah durian otong, durian hepi dan durian matahari. Serunya jalan-jalan di desa ini, kamu bisa menikmati durian langsung dipetik dari pohonnya. Pohon durian di sini pun terletak di pekarangan-pekarangan rumah warga. Hal ini memungkinkan kamu berinteraksi dan bercengkrama langsung dengan warga setempat sembari menikmari durian.

 

3. Agrowisata Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Kalau kamu lagi jalan-jalan di daerah Sulawesi, jangan lewatkan berkunjung ke Agrowisata Polewali Mandar, kecamatan Bulo, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Daerah penghasil durian ini menawarkan berbagai jenis buah durian yang bisa kamu nikmati langsung dipetik dari pohonnya, khususnya adalah jenis durian montong.

 

Asyiknya di agrowisata ini adalah selain kamu bisa menikmati lezatnya daging buah durian, kamu juga akan diajarkan bagaimana cara bercocok tanam pohon durian. Kamu bisa mengikuti kursus singkat cara merawat pohon durian agar dapat menghasilkan buah durian yang lebih produktif.

 

Artikel terkait: Rekomendasi Tempat Makan di Jakarta

  1. Penyuka Ramen, Ini 5 Tempat Makan Ramen Terenak di Jakarta yang Wajib Dicicipi
  2. Tempat Makan Murah di Jakarta Timur Ini Wajib Kamu Coba
  3. Jelajah Kuliner Jakarta Barat, Ini 5 Tempat Makan Murah Enak Yang direkomendasikan

 

4. Kebun Durian Warso

Daerah penghasil durian berikutnya ada di daerah Bogor yang bernama agrowisata Warso Farm. Kamu bisa mengunjungi Warso Farm di daerah Cihideung, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kota Bogor. Warso Farm ini sendiri nggak menarik tiket masuk alias gratis bagi para pengunjung. Karena, pendapatan dari Warso Farm ini bukan berasal dari tiket masuk melainkan murni dari hasil penjualan buah-buahannya.

 

Kebun Durian Warso ini punya sekitar lebih dari 900 pohon durian yang berasal dari 12 jenis durian yang berbeda seperti durian petruk dari Jepara, durian musangking dari Malaysia, durian monthong dan durian pelangi dari Thailand, durian jay dari Kalimantan Timur, durian sukun dari Karanganyar serta durian-durian lain hasil persilangan di Warso Farm ini.

 

Wah, daerah penghasil durian di Indonesia cukup tersebar di berbagai penjuru Indonesia, ya. tentunya kamu sudah  nggak sabar untuk mencicipi manisnya si raja buah tersebut.

 

Jangan lupa kunjungi daerah-derah tersebut di atas, ya. Kamu bisa jalan-jalan sambil menikmati durian langsung dari pohonnya. Tapi jangan terlalu banyak memakan durian ya, karena kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatanmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA