Liburan yang berkesan tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang besar. Dengan perencanaan matang, kamu bisa menikmati liburan keluarga murah

 

Liburan sekeluarga memang dibutuhkan, baik sebagai reward atau untuk menjaga kekompakan antar anggota keluarga. 

 

Setelah sehari-hari disibukkan dengan kesibukan bekerja dan anak-anak yang sekolah, meluangkan waktu beberapa hari untuk diisi bersama keluarga jadi momen yang berharga.

 

Persiapan untuk Bisa Liburan Keluarga Murah

 

Untuk mendapatkan liburan keluarga murah yang berkesan, kamu harus mempersiapkan sejak jauh-jauh hari. Baik untuk liburan di dalam negeri atau luar negeri, persiapan matang akan menghindarkanmu dari pengeluaran yang membengkak.

 

Selain itu, dengan membuat perencanaan matang sejak jauh-jauh hari, kamu bisa membuat tabungan khusus untuk mewujudkan liburan ini. 

 

Sebab, kamu sudah punya perencanaan budget yang dibutuhkan. Berikut beberapa perencanaan yang bisa kamu persiapkan:

 

1. Pemilihan waktu yang tepat

 

Hindari peak season, seperti musim liburan sekolah, libur lebaran, tanggal merah yang menyambung ke akhir pekan. Umumnya, liburan di peak season akan memakan biaya lebih banyak.

 

Pilih waktu yang tidak begitu favorit, sehingga bisa menekan harga. Selain itu, kamu bisa mengajukan cuti sejak awal agar tidak ada risiko liburan batal menjelang hari H.

 

2. Pilihan tujuan liburan

 

Destinasi tujuan juga berkaitan dengan budget. Apakah kamu ingin liburan ke luar negeri atau cukup antarpulau di Indonesia?

 

Ajak anggota keluarga berdiskusi soal destinasi yang ingin dituju, sehingga semuanya bisa menikmati liburan. Selain itu, perhatikan juga kondisi keluarga. Kalau kamu punya balita, liburan di kota tentu jauh lebih ramah bagi balita ketimbang liburan di pegunungan.

 

Artikel Terkait: 7 Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan

 

Setelah menemukan titik temu soal destinasi liburan, barulah kamu bisa membuat anggaran biaya yang dibutuhkan.

 

Jika kamu memiliki budget terbatas, bisa dengan mencari lokasi yang sesuai dengan keinginan tapi lebih murah. Misalnya, kamu ingin liburan ke kota besar. Kalau Singapura lebih mahal, mungkin kamu bisa mencoba ke Kuala Lumpur.

 

3. Jalan sendiri atau ikut travel?

 

Selanjutnya, kamu bisa memutuskan untuk jalan sendiri atau ikut agen perjalanan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk lebih hemat, disarankan untuk jalan sendiri.

 

Kalau kamu memutuskan jalan sendiri, pastinya kamu lebih bebas menentukan lokasi yang akan dituju dan tidak merasa diburu-buru. Kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur itinerary perjalanan dan menekan biaya penginapan.

 

4. Booking jauh sebelumnya

 

Ada dua biaya besar yang wajib kamu penuhi dalam melakukan liburan sekeluarga: transportasi dan akomodasi. 

 

Kalau kamu memutuskan untuk liburan ke luar negeri atau di dalam negeri dan butuh transportasi jarak jauh seperti pesawat dan kereta api, bisa diakali dengan memesan sejak jauh-jauh hari.

 

Kamu bisa menyalakan notifikasi di maskapai penerbangan sehingga tidak kelewat paket promo yang pastinya membuatmu lebih hemat. Kamu juga bisa mengandalkan website Skyscanner untuk membandingkan harga tiket dan mengetahui harga termurah.

 

Begitu juga halnya dengan akomodasi. Berhubung kamu sendiri yang menyiapkan liburan ini, kamu bisa mengecek hotel yang menyediakan harga murah. Untuk sekeluarga, kamu bisa menyewa AirBnb yang lebih ramah untuk keluarga.

 

Pinjaman Uang Online Mudah Cicilan Ringan 20 Bulan

 

Rencanakan Liburan Keluarga Murah, Perhatikan Biaya Ini

 

Setelah persiapan matang, kamu juga perlu menyiapkan budget untuk hal lain agar liburan makin berkesan. Berikut beberapa biaya yang perlu kamu pertimbangkan:

 

1. Biaya hiburan

 

Buat itinerary liburan, termasuk tempat apa saja yang akan kamu tuju? Cek biaya yang harus dikeluarkan. Saat menyusun budget, lebihkan dari biaya yang tertera. Terlebih jika kamu menggunakan mata uang asing, perlu untuk mempertimbangkan kelebihan kurs.

 

Perhatikan juga hari kamu mengunjunginya. Beberapa tempat mematok harga lebih mahal di akhir pekan ketimbang tengah minggu. Misalnya kamu liburan ke Jepang dan ingin ke Universal Studio Japan. 

 

Artikel Terkait: 5 Cara Ampuh Biar Nggak Bangkrut Usai Liburan

 

Harga tiket masuk di tengah minggu lebih murah dibanding weekend, jadi kamu bisa memasukkan rencana ini di hari biasa. Selain itu, biasanya juga lebih sepi sehingga bisa lebih menikmati.

 

2. Biaya konsumsi

 

Bagaimana konsumsi selama kamu ada di tujuan? Apakah kamu memutuskan untuk membawa bekal? 

 

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya membawa bekal untuk menghemat. Bisa juga dengan membawa makanan kering atau instan sebagai perbekalan.

 

3. Biaya transportasi

 

Di tujuan wisata, transportasi sangat penting. Perhatikan itinerary yang dibuat sehingga kamu bisa memperkirakan transportasi yang digunakan. 

 

Misalnya di Bali, rasanya jauh lebih hemat dengan menyewa mobil lalu menyetir sendiri ketimbang mengandalkan transportasi umum.

 

4. Hindari biaya yang tidak penting

 

Biaya enggak penting misalnya biaya bagasi. Seringkali biaya ini menambah budget ketika barang bawaan melebihi kapasitas yang diperbolehkan.Terutama saat akan pulang, umumnya oleh-oleh dan belanjaan bisa membuatmu terancam membayar biaya bagasi.

 

Liburan keluarga murah bukan sesuatu yang enggak mungkin. Dengan perencanaan matang sejak jauh-jauh hari, kamu bisa mendapatkan liburan berkesan dengan biaya yang tidak mencekik.