SWARA – Baru minggu kemarin saya liburan ke Thailand selama 6 hari. Begitu pulang ke Indonesia pikiran saya jadi fresh kembali. Meskipun sempat mengalami ‘holiday lag’, keadaan di mana nggak rela kalau liburan telah usai, mau nggak mau saya harus kembali semangat bekerja. Ya, bagaimana nggak semangat, wong keuangan sudah menipis.

 

Apakah kamu juga mengalami hal serupa dengan saya? Pulang liburan dan dihadapkan dengan keuangan yang menipis? Jujur saja saya sempat merasa bangkrut karena ada banyak pengeluaran nggak terduga kemarin, terutama ketika saya mengalami kelebihan bagasi. Saya jadi waswas menghadapi pengeluaran minggu depan.

 

Tentu saya nggak akan membiarkan kebangkrutan terjadi. Ini dia beberapa hal yang saya lakukan!

 

Artikel Terkait: Buat yang Ingin Liburan ke Luar Negeri, Baca Ini!

  1. Ingin Liburan Luar Negeri Murah? Ini Destinasi dengan Bujet Rp10 Juta
  2. 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri
  3. Cara Mengelola Gaji Rp 3 Juta untuk Liburan ke Luar Negeri

 

1. Menghitung utang-piutang selama liburan

Berhubung liburan kemarin adalah liburan berkelompok, jadi ada pengeluaran yang dibayar ramai-ramai. Otomatis ada utang-piutang di sana. Saya sempat waswas karena rasanya saya pulang ke Indonesia tanpa uang sepeser pun. Bagaimana saya akan bertahan hidup sampai akhir bulan?

 

Ternyata setelah dilakukan penghitungan keuangan, jumlah piutang saya lebih besar daripada utang. Alhasil saya pun masih punya uang yang bisa digunakan sampai waktu gajian tiba. Saran saya, jika kamu melakukan trip entah itu kelompok atau pun sendiri, segeralah melakukan penghitungan keuangan. Takutnya keburu lupa dan kamu melewatkan catatan pengeluaran penting.

 

2. Menyelesaikan target pekerjaan

Kebetulan saya memiliki pekerjaan sampingan menjadi content contibutor. Untuk menyelamatkan keuangan, saya harus cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan ini. Sebenarnya apa pun pekerjaannya, entah itu pekerjaan utama ataupun sampingan, ya harus segera diselesaikan. Karena secara nggak langsung, dengan segera menyelesaikan pekerjaan dengan baik, akan mempermudah kariermu di kemudian hari.

 

Artikel Terkait: Pekerjaan Sampingan yang Bisa Menambah Pemasukan

  1. Nambah Pemasukan Lewat Bisnis Sampingan? Ini Pilihan Tepat untuk Para Pekerja!
  2. Punya Modal 2 Juta? Ini Bisnis Sampingan yang Bisa Kamu Tekuni!
  3. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah

 

3. Membuat perencanaan keuangan

Hal selanjutnya yang harus saya lakukan adalah membuat perencanaan keuangan. Perencanaan di sini berupa target penghasilan yang harus saya dapatkan di bulan berikutnya, cara mendapatkannya, cara mengontrol keuangan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, tindakan finansial saya pun lebih tertata. Namun, yang harus saya ingat adalah disiplin dengan perencanaan yang sudah saya buat. Jadi jangan cuma rencana, jadikan juga wacana!

 

4. Mengencangkan ikat pinggang

Saya yakin keterbatasan keuangan ini hanya sementara waktu saja. Namun, memang ada baiknya hidup nggak terlalu boros. Jadi, mulai sekarang saya harus lebih cermat mengontrol keuangan. Sebenarnya ini masuk dalam perencanaan keuangan saya di atas. Jadi, lebih pandai lagi dalam membedakan mana itu kebutuhan penting dan keinginan semata.

 

5. Menurunkan gaya hidup

Sebagai generasi milenial yang belum berkeluarga, saya terbiasa nongkrong ke luar bersama teman-teman. Kelihatan seperti pengeluaran sepele, tapi ini merupakan pengeluaran yang cukup lumayan juga kalau ditotal selama sebulan. Jadi, pelan-pelan saya harus mengurangi kebiasaan-kebiasaan boros semacam ini.

 

Itu dia tips yang harus saya lakukan biar nggak bangkrut setelah liburan. Semoga saya berhasil dan semoga juga itu berhasil buat kamu, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI