SWARA – Traveling menjadi hal yang wajib kamu lakukan selagi masih muda. Nggak hanya mengeksplorasi keindahan alam, kamu pun wajib mencicipi beragam kuliner khas di tempat wisata. Apalagi kalau kamu sedang berkunjung di daerah yang memang surganya tempat kuliner dan tersedia banyak pilihan makanan menggiurkan.

 

Lalu bagaimana jika pengeluaran untuk makan lebih besar daripada oleh-oleh atau membeli barang? Bagaimana pula cara meminimalkan budget makan saat sedang traveling agar nggak kalap? Yuk, simak!

 

1. Sarapan di hotel

Biasanya setiap hotel akan memberikan fasilitas sarapan pagi untuk tamunya. Kamu bisa memanfaatkan sarapan di hotel daripada harus mencari sarapan di luar. Terkadang ada juga hotel yang memberikan harga sedikit lebih murah jika nggak pakai sarapan. Padahal, kalau dihitung-hitung sebenarnya lebih murah untuk mengambil paket hotel yang ditambah dengan sarapannya, lho! Selain menghemat uang, kamu pun akan menghemat waktu ketika sarapan di hotel karena nggak perlu mencari-cari restoran.

 

Artikel Terkait: Tips Traveling Murah

  1. Traveling Hemat? Sharing Cost atau Open Trip Bisa Jadi PIlihan!
  2. Ingin Traveling Tapi dengan Budget yang Murah? Begini Caranya!
  3. Lakukan 5 Cara Ini untuk Nikmati Akomodasi Murah saat Traveling

 

2. Pilih penginapan yang dekat dengan tempat kuliner

Sebelum memutuskan untuk memesan penginapan, sebaiknya kamu melihat apakah penginapan tersebut dekat dengan tempat-tempat yang menjual makanan dengan harga murah? Biasanya, ada lokasi hotel-hotel murah untuk pelancong yang menyediakan berbagai jenis makanan khas dengan harga terjangkau, misalnya daerah Little India di Singapura dan daerah Malioboro di Yogyakarta.

 

3. Masak di dapur penginapan

Beberapa pelancong memilih mencari penginapan yang ada dapurnya. Tentu saja hal ini akan membuat biaya makanmu jauh lebih hemat. Memasak di dapur penginapan bukanlah hal buruk karena kebersihan dan gizi makananmu jauh lebih terjamin daripada membeli makanan di luar.

 

Kamu juga bisa menyetok beberapa mie instan siap seduh untuk berjaga-jaga kalau malam-malam kelaparan. Beli roti tawar dan selai untuk sarapan praktis di pagi hari. Kalau dihitung-hitung, pengeluaran makananmu selama liburan bisa dihemat hingga ratusan ribu per hari, lho!

 

4. Bawa air minum ketika bepergian

Jangan ragu untuk membeli air mineral dalam jumlah banyak ketika berada di warung atau minimarket. Bawalah air minum tersebut ketika kamu bepergian karena di objek wisata biasanya harganya bisa dinaikkan hingga 2 atau 3 kali lipat.

 

Kalau di penginapanmu menyediakan air minum, kamu bisa mengisi air tersebut di botolmu. Cara lain, kamu juga bisa merebus air di penginapan yang menyediakan dapur umum. Jangan lupa membawa botol minum dari rumah agar nggak banyak membuang sampah plastik!

 

5. Lihat review restoran dari internet

Sebelum membeli makanan di suatu restoran, sebaiknya kamu melihat review-nya di internet. Lihat berapa harganya, kualitas pelayanannya, desain interiornya, serta kualitas makanannya. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang banyak, tapi restoran tersebut nggak recommended dan kamu akan kecewa. Pilih juga restoran yang sudah banyak direkomendasikan teman-temanmu atau influencer di media sosial, ya.

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata Terbaik di Luar Negeri

  1. 5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Yunani
  2. 5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Traveling ke Brisbane
  3. 5 Tempat Terbaik Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Sydney

 

6. Gunakan aplikasi untuk mengecek harga

Adanya aplikasi untuk memesan makanan seperti Go-Food dan Grab-Food tentu memudahkan kita, lho! Kamu bisa melihat tempat makan terdekat dari lokasimu beserta harganya. Pilihlah sesuai keinginanmu, lalu kamu dapat memesan lewat aplikasi atau langsung datang ke lokasinya agar mendapatkan harga lebih murah karena nggak perlu membayar ongkos kirim.

 

Itulah 6 cara mengatur keuangan untuk makan saat traveling. Mudah dilakukan, bukan?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

   PAULUS RISANG

 

Tunaiku