Beranda > Gaya Hidup > Ini Dia 5 Tempat Trekking di Pulau Sumatera yang Harus Kamu Kunjungi

Ini Dia 5 Tempat Trekking di Pulau Sumatera yang Harus Kamu Kunjungi

Tunaiku
Ini Dia 5 Tempat Trekking di Pulau Sumatera yang Harus Kamu Kunjungiwatermark

TUNAIKU.COM-Hiking dan trekking menjadi salah satu hobi sekaligus cara mengisi liburan yang kekinian. Selain menghilangkan stres, dua kegiatan ini bisa dijadikan ajang berpetualang. Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, banyak tempat trekking di Sumatera yang bias kamu jadikan pilihan. Contohnya, lima tempat yang sengaja saya rangkum dalam ulasan berikut.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Wisata

  1. 7 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits
  2. 5 Destinasi Kece di Kepulauan Seribu untuk Akhir Pekanmu!
  3. Liburan Sambil relaksasi, Yuk Kunjungi 4 Destinasi Wisata Yoga Ini!

 

1. Gunung Geureudong

Gunung ini sangat cocok untuk dijadikan tempat trekking. Terletak di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi NAD (Nanggroe Aceh Darussalam), Gunung Geureudong berada di ketinggian 2.885 mdpl dan bisa dibilang masih perawan karena masih jarang pendakinya.

 

Tidak heran kalau informasi terkait jalur pendakiannya masih sangat terbatas. Namun, untuk start pendakian, kamu bisa mulai dari Desa Bukit Mulie. Jangan heran dan takut kalau sesekali kamu melihat gajah ya, karena kawasan ini memang menjadi habitat hidup Gajah Sumatera yang jumlahnya mulai berkurang.

 

2. Gunung Kerinci

Terletak di Jambi, gunung berapi aktif tertinggi se-Indonesia dan Asia ini berada di ketinggain 3.805 mdpl. Meskipun cukup popular dan banyak pendaki yang mendatangi gunung ini, tapi tujuan trekking yang satu ini masih tetap alami karena wilayahnya memang masih benar-benar terjaga.

 

Enggak heran kalau gunung ini juga menjadi habitat asli untuk hewan-hewan yang hampir punah, contohnya dua hewan endemik Sumatera seperti Harimau Sumatera dan Gajah Sumatera. Kamu juga akan dihadiahi pemandangan menyejukkan dari perkebunan teh selama perjalanan trekking, bahkan bisa istirahat dan mencicipi teh khas Kerinci.

 

3. Gunung Talamau

Talamau juga cocok buat kamu jadikan tempat trekking mengingat kawasan hutannya masih perawan. Gunung di Sumatera Barat ini berada di ketinggian 2.982 mdpl dan termasuk dalam katogori gunung berapi meski sudah tidak aktif lagi.

 

Banyak hal menarik yang kamu temuai selama perjalanan, seperti kicauan burung yang tidak kunjung henti, seakan-akan berusaha memompa semangatmu untuk sampai di puncaknya. Enggak lupa dengan telaga yang jumlahnya belasan dan tentunya dengan pemandangan menakjubkan yang tidak akan bisa kamu temui di kota.

 

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara dan NAD ini juga sangat direkomendasikan buat tujuan trekking karena menjadi salah satu area pelestarian alam sehingga cukup mendukung untuk kegiatan trekking bagi kamu yang masih menginginkan alam yang masih asli dan perawan. Beranekaragam flora dan fauna bisa kamu temukan selama perjalanan.

 

Bahkan, kalau berhasil mencapai puncak, kamu bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan dari gunung-gunung sekitarnya dan kesibukan jalanan di kaki gunungnya. Selain memuaskan hobi trekking, kamu bisa merasa nyaman dan rileks di sini karena lokasinya memang jauh dari kota.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Wisata Eksotis dan Keren

  1. Di Mana Wisata Alam Eksotis yang Dekat dari Jakarta? Berikut Daftarnya!
  2. Yuk, Liburan ke Lokasi-lokasi Keren yang Sesuai dengan Zodiakmu
  3. 4 Rekomendasi Tempat Hits untuk Liburan Glamping di Sekitar Bali

 

5. Bukit Lawang

Bukit ini letaknya 80 kilometer dari Kota Medan dan masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Tempat trekking yang satu ini menawarkan pemandangan memukau dari pepohonan yang menghijau dan udara yang sangat sejuk karena jauh dari polusi.

 

Selain trekking, ada beberapa area yang bisa kamu gunakan untuk mencoba kegiatan tubing, menyaksikan uniknya perilaku dan aksi orang utan di alam bebas, dan lainnya. Kemudian, di sini juga ada penginapan sehingga kamu bisa trekking sampai puas dan melanjutkan liburan dalam waktu yang lebih lama di sini.

 

Masih banyak tempat trekking di Sumatera yang bisa kamu jadikan pilihan. Pastikan saja perlengkapan yang kamu bawa memang memadai untuk melakukan kegiatan yang lebih berisiko dari hiking ini. Jangan lupa memakai sepatu anti air, baju dan jaket, peta lokasi dan kompas, persediaan air, P3K, makanan, serta minuman.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett