SWARA – Setelah makan besar, biasanya saya tutup dengan mencicipi yang penganan kecil manis alias dessert.  Salah satu dessert yang paling saya suka adalah yang berjenis pastry. Pasti sering dengar, kan?

 

Pastry atau yang biasa disebut patiseri merupakan sebuah pengetahuan dalam penyajian dan pengolahan makanan, khususnya kue. Patiseri sendiri berasal dari bahasa Prancis “pậtisserie” yang berarti kue. Pada umumnya, adonan pastry tidak kalis dan teksturnya lebih keras, crispy, dan kasar dari jenis kue lainnya.

 

Supaya daftar skill memasakmu makin panjang, yuk, kenal 9 macam pastry berikut!

 

Artikel Terkait: Hobi Jadi Bisnis Sampingan

  1. 5 Ide Bisnis Sampingan yang Nggak Mengganggu Pekerjaan Utama
  2. Tips Sukses Jadi Penerjemah Profesional yang Dapat Dilakukan
  3. 7 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Cocok Sebagai Bisnis Sampingan Para Karyawan

 

1. Filo Pastry

Dibuat dari tepung dengan kandungan gula tinggi, air, dan sedikit minyak,  Filo Pastry termasuk jenis pastry yang paling susah dibuat plus harus hati-hati. Kulitnya setipis kertas, rapuh, dan cepat mengering. Lapisan Filo Pastry yang sudah jadi harus diolesi minyak atau mentega cair sebelum dibentuk atau dimasak. Filo pastry banyak digunakan di Timur Tengah dan Eropa, misalnya untuk baklva, strudel, tyropita, dan umm ali.

 

2. Rough Puff Pastry

Gabungan antara puff dan flaky pastry. Cocok untuk disandingkan dengan sosis, crust pie gurih, atau tart. Dari segi pembuatan, lebih mudah dibandingkan puff pastry dan ringannya sama dengan flaky pastry.

 

3. Suet Crust Pastry

Pastry tradisional dari Inggris yang digunakan untuk puding kukus, dumpling, atau puding roly-poly (khas Afrika Selatan). Suet sendiri adalah lemak putih daging seperti gajih atau tetelan.

 

4. Puff Pastry

Seperti halnya shortcrust pastry, puff pastry tidak menggunakan ragi. Adonannya terdiri atas adonan dasar dan lemak roll-in (pelapis). Bentuknya mengembang,  berlapis-lapis, kulitnya renyah, crumb yang lembut, dan rasanya tidak terlalu manis.

 

Puff pastry kerap kali disamakan dengan phyllo dough, padahal mereka berbeda di bahan dasar dan cara pembuatannya.

 

5. Hot Water Crust Pastry

Pastry untuk kue yang berisikan daging, karakteristiknya kaya rasa dan garing. Bahan-bahannya berupa tepung terigu biasa, garam, putih telur dan lemak hewan yang direbus, kemudian diadon dan dibentuk selagi masih hangat. Adonan ini kelak digunakan untuk melapisi cetakan kue. Setelah selesai, adonan diisi, ditutupi, disegel dan dihias sebelum dipanggang.

 

6. Pate Sucree Pastry

Sesuai dengan namanya, sucree yang berarti gula dalam bahasa Prancis, pastry ini adalah pastry manis dengan bahan utama telur dan putih telur. Pastry jenis ini jika dimakan akan terasa meleleh di mulut karena bentuknya berupa lapisan tipis dan ringan.

 

7. Shortcrust Pastry

Jenis pastry yang tidak beragi dan paling serba guna, cocok sebagai bahan dasar untuk pai gurih, manis, tart bahkan flan. Bahan utamanya terdiri dari tepung terigu, mentega, lemak hewan yang dicampurkan dengan air dingin, plus tambahan atau telur jika ingin pastry yang lebih kaya rasa.

 

Artikel Terkait: Resep-resep untuk Kawan Tunaiku

  1. Resep Pencuci Mulut Kekinian yang Sederhana dan Murah, Yuk Bikin!
  2. Tanpa Oven dan Mixer, Ini Resep Mudah dan Murah Buat Keik Sendiri
  3. 5 Resep Kudapan Ringan yang Bakal Laris Dijual Jadi Bisnis Sampingan!

 

8. Choux Pastry

Choux adalah jenis pastry  dengan campuran yang simpel, mentega, air, tepung dan telur dan tanpa zat pengembang makanan. Teksturnya lembut dan kosong di bagian dalam sehingga dapat diisi vla dengan aneka rasa. Cocok digunakan untuk pembuatan eclair, profitelor, dan kue sus.

 

Membuat hidangan pencuci mulut, tentunya punya tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan sekadar membuat menu makan. Namun, kalau udah ahli, bolehlah pertimbangkan untuk buka usaha kuliner dessert. Selamat mencoba, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

1

Mobile Site CTAWINNY WITRA MAHARANI TUNAIKU   WINNY WITRA MAHARANI