Beranda > Gaya Hidup > Pilih Beli Rumah Sebelum atau Setelah Menikah?

Pilih Beli Rumah Sebelum atau Setelah Menikah?

Pilih Beli Rumah Sebelum atau Setelah Menikah?watermark

TUNAIKU.COM – Melihat beberapa teman yang sudah menempati rumah sendiri sebelum menikah, saya jadi sedikit iri. Rumah, merupakan salah satu kebutuhan primer yang menurut saya wajib dimiliki saat menikah nanti. Mengingat harganya yang terus melambung, saya jadi agak waswas jika mesti menunda beli rumah untuk biaya menikah.

 

Namun, mengingat ada juga teman yang benar-benar memulai dari nol saat menikah dan kini sudah memiliki rumah pribadi, saya jadi punya harapan untuk membeli rumah setelah menikah saja. Tentunya, kegalauan semacam ini pasti nggak cuma saya yang mengalami. Bisa jadi, kamu juga merasakan hal yang sama.

 

Lantas, mana yang lebih baik, beli rumah sebelum atau setelah menikah? Nah, setelah mencari tahu, berikut adalah beberapa pertimbangan akan masing-masing pilihan, berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

 

Beli rumah sebelum menikah

Buat kamu yang masih berusia muda, belum dikejar target menikah, dan memiliki penghasilan yang mencukupi buat beli rumah, kayaknya nggak perlu menunda untuk punya rumah sendiri, deh. Daripada uangmu habis digunakan untuk foya-foya a la bujangan, bukankah sebaiknya berinvestasi untuk masa depan?

 

Nah, rumah adalah salah satu investasi masa depan yang menguntungkan. Nilainya bisa berlipat ganda dalam beberapa tahun, terutama hunian rumah tapak. Kalaupun nanti rumah tersebut nggak lagi mampu memenuhi kebutuhanmu, misalnya karena ruangan yang kian terbatas atau lokasi yang kurang strategis, kamu bisa menjualnya kembali dan membeli rumah baru yang lebih strategis.

 

Poin lain, “nilaimu” sebagai calon menantu tentu bakalan naik di mata mertua. Kekurangannya, ini berarti kamu harus berjuang sendiri untuk membeli rumah tersebut. Mulai dari mengumpulkan uang untuk DP, hingga menyisihkan sebagian penghasilan untuk cicilan tiap bulannya. Apalagi kalau gajimu nggak besar. Mungkin agak sukar mencapai rasio utang yang ideal untuk mengambil KPR.

 

Nah, jika kamu belum memiliki gambaran hunian macam apa yang diinginkan, bisa membeli tanah kaveling sebagai alternatif. Bangun rumahnya nanti saja, kalau sudah ada calonnya.

 

Artikel terkait: Properti Sebagai Investasi

  1. Membeli Rumah di Pinggiran Kota Itu Menguntungkan, Lho!
  2. Berani Berbisnis Properti Tanpa Modal Lewat 5 Tips Ini!
  3. Sebelum Harganya Kian Selangit, Yuk Lakukan Investasi Properti di Tahun Ini!

 

Beli rumah setelah menikah

Agaknya saya termasuk kelompok yang memilih untuk membeli rumah setelah menikah. Beberapa pertimbangannya, usia yang sudah cukup matang untuk berkeluarga dan sudah ada calon pendamping yang siap untuk naik ke jenjang hubungan selanjutnya.

 

Jika ingin menikah dulu sebelum membeli rumah, perlu ada konsensus dan komunikasi yang terbuka antara kamu dan pasangan. Misalnya, bagaimana pernikahan akan dilangsungkan, berapa utang dan aset yang dimiliki masing-masing pihak, serta bagaimana mengatur rencana membeli rumah dengan segera.

 

Biar lebih cepat memiliki rumah, tentu lebih baik jika kamu mengadakan resepsi pernikahan yang sederhana. Jadi, sisa tabungan dan sumbangan dari undangan bisa kalian alokasikan untuk modal membeli rumah.

 

Kelebihan membeli rumah setelah menikah, antara lain kamu bisa mengelola keuangan lebih baik dengan dua kepala. Misalnya, berinvestasi emas atau reksa dana, membuat tabungan khusus, dan sebagainya. Jika pasanganmu juga bekerja, penghasilan kalian bisa disatukan untuk mencicil beli rumah. Begini tentu lebih ringan daripada mesti berjuang sendirian, kan?

 

kedua, kamu dan pasangan bisa memutuskan rumah seperti apa yang cocok untuk kalian berdua. Pilihan ini mempertimbangkan lokasi rumah ke tempat kerja, desain, dan ukuran. Jadi, rumah yang nantinya kalian tempati bakal menjadi rumah pertama yang ideal buat kalian berdua.

 

Sampai kalian memiliki hunian milik sendiri, ada beberapa alternatif tempat tinggal yang bisa kamu manfaatkan, misalnya indekos pasutri, mengontrak rumah, atau sewa apartemen. Tentunya, ini cuma bersifat sementara. Tetap fokus untuk membeli rumah pertama, ya.

 

Artikel terkait: Simak Ini Dulu Sebelum Membeli Rumah

  1. Ketahui Hal-Hal Ini Bila Hendak Beli Rumah di Jakarta!
  2. 5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murah
  3. Buat Kamu yang Berencana Mengajukan KPR, Simak 5 Mitos KPR Berikut Ini!

 

Itulah sejumlah pertimbangan untuk membeli rumah sebelum atau setelah menikah. Pada dasarnya, pilihan di atas kembali lagi kepada kondisi keuangan dan prioritasmu. Nah, kira-kira kamu pilih yang mana?

 

3

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett