Semakin berkembangnya zaman, bisnismu pun perlu ikut berkembang. Ada banyak tools dan software untuk bisnis yang bisa kamu gunakan agar usahamu semakin maju.

 

Tidak peduli bisnis skala kecil ataupun skala besar, semuanya dapat terbantu dengan pemanfaatan software. Saat ini sudah banyak pengembang software yang menyediakan tools untuk membantu UMKM. 

 

Lalu, pertanyaannya, apakah software bisnis dapat membantu bisnis UMKM, atau malah menjadi beban tidak berguna yang malah mempersulit? Mari kita bedah.

 

Jenis-jenis software bisnis

 

Jenis-jenis software bisnis dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsional sebuah perusahaan. Mari kita bedah satu per satu.

 

1. Software akuntansi

 

Mengapa perlu software akuntansi? Tentu untuk mengetahui laba dan rugi perusahaan, mengetahui cash flow, hingga pencatatan aset dan kewajiban perusahaan.

 

Kamu tentu akan sangat terbantu dengan software akuntansi yang akan meringankan kerja pencatatan pembukuan di bisnismu.

 

2. Point of Sales (POS)

 

Software POS digunakan untuk melayani pelanggan secara langsung. Software ini biasa juga dikenal dengan nama software kasir. 

 

Selain fungsi kasir, POS juga dapat melakukan fungsi ordering, kitchen display, hingga kiosk self ordering system. Semua fungsi ini dibutuhkan untuk melayani pelanggan dengan lebih maksimal.

 

3. Inventory software

 

Nah, software inventory berfungsi untuk mencatat persediaan atau stok barang. Entah itu persediaan barang jadi atau barang mentah, semua dapat dicatat dengan software ini. 

 

Software inventory ini memiliki fungsi kartu stok serta dapat melacak pergerakan barang. Jadi dengan software ini, peluang barang untuk hilang jadi semakin kecil. Stok barang di bisnismu pun menjadi rapi dan tertata.

 

Keuntungan Menggunakan Software Bisnis

 

Ada banyak keuntungan yang kamu akan dapatkan jika menggunakan software bisnis dalam usahamu, seperti: 

 

1. Mempermudah aktivitas bisnis

 

Keuntungan yang paling utama tentunya adalah kemudahan dalam menjalankan setiap fungsi bisnis. Mulai dari keuangan, operasional, pemasaran, hingga sumber daya manusia. 

 

Karena, kamu tidak perlu lagi melakukan segala sesuatunya secara manual. Selain menghemat tenaga, software juga membantu kamu menghemat waktu. 

 

2. Data untuk mendukung strategi bisnis

 

Biasanya, software yang dipakai akan merekam data-data terkait dan memberikan analisa menyeluruh mengenai kondisi bisnismu, termasuk terhadap perilaku para customer

 

Analisa ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam pengambilan keputusan strategis. Jadi, kamu bisa mengambil keputusan bisnis yang sesuai dengan keadaan customer dan bisnismu, bukan keputusan yang diambil hanya berdasarkan asumsi tanpa dasar. 

 

Tanpa software, tentu data-data penting tersebut tersebut tidak dapat diolah jika hanya menggunakan pencatatan manual saja. 

 

Kekurangan Menggunakan Software Bisnis

 

Meskipun memiliki keuntungan, pemakaian software dalam berbisnis juga bisa mendatangkan beberapa kekurangan, seperti: 

 

1. Sulit digunakan oleh pemula

 

Salah satu kekurangan dari software adalah di tingkat kerumitannya, meskipun software saat ini sudah dibuat lebih user-friendly

 

Semakin canggih suatu software, maka akan semakin rumit cara untuk mengoperasikannya. Bagi sebagian pemilik UMKM, hal ini mungkin malah akan mempersulit proses bisnis. 

 

2. Biaya penggunaan dan pelatihan 

 

Kekurangan lain tentu ada pada biayanya. Kamu akan memerlukan biaya tambahan ketika menggunakan software

 

Belum lagi ada tambahan biaya pelatihan untuk karyawan agar mereka bisa menggunakan software tersebut. 

 

Walaupun, ada juga beberapa software yang harganya cukup murah. Tapi, ada juga yang lebih mahal dan mungkin akan memakan biaya besar bagi bisnis yang masih kecil. 

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

Contoh Software Bisnis yang Sering Dipakai

 

Nah, bagi yang berminat, ada beberapa software bisnis yang dapat kalian pakai, mari kita bedah satu per satu.

 

1. Klix Pos/Big Pos

 

Penyedia software Point of Sales (POS) ini merupakan pemain software POS yang relatif baru di Indonesia. 

 

Meski begitu pelayanan dan fitur yang diberikan cukup keren, lho. Mulai dari fitur dasar seperti cetak struk, antrian, pencatatan penjualan hingga fitur analytic dapat disediakan oleh KlixPos/BigPos. 

 

Software ini dapat diakses dari smartphone dan harganya relatif murah, sangat cocok untuk UMKM. 

 

Artikel Terkait: Memastikan Bisnis Tetap Untung

  1. 5 Cara Agar Bisnis Mendapat Keuntungan
  2. Memanfaatkan Teknologi untuk UMKM

 

2. Zahir

 

Zahir merupakan software akuntansi yang sudah banyak dipakai di perusahaan-perusahaan di Indonesia. 

 

Tampilannya cukup user friendly dan sangat mudah digunakan, meskipun operatornya tetap harus paham akuntansi.

 

3. Odoo

 

Odoo menyedia solusi lengkap untuk keseluruhan bisnis. Solusi lengkap ini biasa disebut ERP (Enterprise Resource Planning). 

 

Odoo dapat mengcover banyak fungsi, mulai dari point of sales, inventory, hingga akuntansi dalam satu software.

 

Harganya pun relatif tidak mahal untuk kelasnya. Fiturnya melimpah serta mudah digunakan. Jika membutuhkan software bisnis yang lengkap namun simpel, Odoo adalah pilihan yang tepat. 

 

Kamu bisa memilih software bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki, agar pemakaian software tidak malah merugikan bisnismu.