Di tengah tren meningkatnya harga-harga barang elektronik, menemukan laptop 5 jutaan dengan spesifikasi mumpuni bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika kamu kurang familiar dengan dunia komputer.

 

Penerapan pembatasan sosial dalam periode pandemi saat ini membuat laptop menjadi barang kebutuhan primer untuk bekerja maupun sekolah.

 

Namun, di sisi lain, pandemi membuatmu harus berhemat karena ada beberapa penghasilanmu yang berkurang. Kondisi ini membuat anggaran untuk membeli laptop menjadi terbatas.

 

Kamu tidak perlu khawatir, kami telah merangkum 7 rekomendasi laptop 5 juta berkualitas, dengan kapasitas random access memory (RAM) mumpuni, dan prosesor tangguh di generasi terbaru.

 

Rekomendasi laptop 5 jutaan

 

Berikut 7 rekomendasi laptop dengan spesifikasi mumpuni yang pada akhir Februari 2022 memiliki harga di kisaran Rp5 juta.

 

1. Acer Aspire E5-475G

 

laptop acer

 

Dilihat dari beberapa e-commerce dan situs resmi Acer, harga laptop ini di akhir Februari 2022 berada di kisaran Rp5.689.000-Rp5.850.000.

 

Laptop dengan berat 2,1 kg ini telah didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce® 940MX dengan sistem operasi Windows 10 Home.

 

Kapasitas RAM 4 GB, hard disk drive (HDD) 1 TB, dengan processor Intel Core i3-66U pada laptop ini lebih cukup untuk menopang kebutuhanmu untuk sekolah online maupun work from home (WFH).

Artikel terkait: Aplikasi Keuangan Terbaik dan Gratis Untuk Mencatat Pengeluaran

 

2. Asus Vivobook A509FA

 

 

Laptop 5 juta ini cukup istimewa karena dengan harga mulai Rp5.809.000 kamu bisa mendapatkan sistem penyimpanan solid state drive (SSD) 512 GB dengan RAM 4GB.

 

Laptop dengan dimensi layar 15,6 inch ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home kinerja bertenaga dan visual imersif yang akan membuatmu nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas.

 

3. HP Notebook 15-DB0009AU

 

laptop hp 5 juta

 

Meski masuk dalam golongan laptop 5 juta, spesifikasi laptop ini sangat mendukung kebutuhan desain grafis karena dukungan kartu grafik dan AMD Radeon™ Vega 3 Graphics dan HDD 1 TB 5400 rpm SATA.

 

Sokongan prosesor AMD Ryzen 3 2200U generasi Raven Ridge sudah lebih dari cukup untuk menangani kebutuhan komputasi baik untuk bekerja maupun sekolah.

 

Kalau kita lihat di beberapa e-commerce, harga laptop ini mencapai Rp5.649.000.

 

4. Lenovo V14 IIL 1005G1

 

laptop 5 juta lenovo

 

Cukup dengan harga Rp5.695.000 kamu bisa memiliki laptop dengan processor Intel Core i3, dengan kapasitas RAM 4GB dan penyimpanan HDD 1TB. 

 

Layar HD sebesar 14 inch dengan anti-glare akan membuat matamu nyaman berlama-lama melihat laptop 5 juta ini.

 

Salah satu kelebihan dari laptop ini adalah kejernihan suaranya karena dilengkapi dengan sistem High Definition (HD) Audio. 

 

Sayangnya. laptop ini belum dilengkapi dengan sistem operasi windows sehingga kamu perlu membelinya secara terpisah.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli HP Baru

 

5. Lenovo IdeaPad C340-14

 

 

Ini adalah jenis laptop hybrid murah yang berkualitas. Bobotnya yang cuma 1,65 kg cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi. Meski ringan, laptop ini dilengkapi RAM 8GB dengan SSD NVMe 256GB.

 

Di berbagai marketplace, laptop enteng ini dihargai di kisaran Rp 5,3 juta – Rp 5,8 juta.

 

Karena sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk operasi laptop 5 juta ini.

6. Dell Latitude 15 3510

 

 

Meski di beberapa marketplace harga laptop ini menembus Rp6 juta, di beberapa toko online masih laptop ini masih berharga 5 jutaan. 

 

Laptop ini berjalan dengan prosesor Core i3 dengan RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan SSD 256GB.

7. HP Pavilion 15 Pentium Gold 6405U

 

Sama seperti laptop Dell sebelumnya, di sejumlah marketplace harga laptop ini juga ada yang menembus Rp6 juta. 

 

Akan tetapi jika sabar dan jeli, kamu masih dapat menemukan toko yang menjual laptop ini di kisaran 5 jutaan.

 

Laptop dengan prosesor core i5 ini dilengkapi dengan RAM 8GB DDR4 dengan SSD 128GB. Laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10.

 

Artikel terkait: Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik agar Pengeluaran Terkendali

Tips memilih laptop 5 jutaan

 

Untuk memilih laptop 5 juta, kamu perlu memastikan sistem operasi serta kapasitas penyimpanan tetap mumpuni untuk digunakan secara multitasking.

 

Jika kamu perhatikan laptop 5 juta di atas, seluruhnya memiliki sistem operasi generasi terkini, minimal core i3 atau AMD Ryzen 3.

 

Dengan jenis prosesor tersebut, maka agar laptop bisa berjalan optimal minimal kamu perlu menggunakan RAM sebesar 4GB dengan SSD 256 GB atau HDD 500GB.

 

Di luar itu, alangkah lebih baiknya jika kamu juga mengecek fitur umum sebelum memutuskan untuk membeli laptop 5 juta.

 

Contoh fitur yang tidak boleh kamu lewatkan untuk membeli laptop tentunya adalah USB port 2.0 dan pastinya wifi.

 

Artikel terkait: Butuh Membeli Tablet? Ikuti Tips Hemat Beli Tablet Ini

Tempat-tempat terpercaya untuk membeli laptop 5 jutaan

 

Toko-toko paling terpercaya untuk membeli laptop pilihanmu tentunya adalah toko resmi dari merk laptop tersebut. 

 

Saat ini, distributor merk-merk laptop di Indonesia juga telah menjualnya produk mereka secara online.

 

Jika kamu memilih untuk membeli laptop 5 juta secara online di marketplace, maka kamu harus memastikan toko online tersebut telah mendapatkan review positif dari pembeli-pembeli sebelum kamu.

 

Selain itu, kamu juga perlu memastikan layanan after service atau garansi setelah kamu membeli laptop 5 jutaan pilihanmu. 

 

Ini perlu dilakukan untuk memitigasi kalau-kalau terjadi kerusakan pada laptop yang baru kamu beli. Selamat memilih laptop!