Dewasa ini, literasi keuangan semakin meningkat dan semakin banyak pula orang yang berusaha mengatur keuangannya lebih baik. Berbagai metode dilakukan, namun yang paling memudahkan di era teknologi saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan di smartphone yang bisa membantu kita mengatur dan melacak keuangan kita.

 

Manfaat memiliki aplikasi keuangan

Seiring perkembangan zaman, aplikasi keuangan saat ini semakin canggih. Mulai dari melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan biasa, ada pula aplikasi yang bahkan bisa mengatur uang kita karena dikeluarkan oleh salah satu institusi perbankan, bahkan ada yang bisa memberitahu kesehatan keuangan kamu.

 

Berikut adalah beberapa aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa mencatat keuangan kamu dengan lebih baik

 

1. Aplikasi pencatatan keuangan terbaik, Senyumku

Senyumku adalah aplikasi keuangan sekaligus digital banking dari Amar Bank yang memungkinkan kamu untuk mengatur keuangan dengan praktis. Pencatatan keuangan menggunakan Senyumku bisa dilakukan secara otomatis dengan mendaftarkan bank yang kamu gunakan atau e-wallet yang kamu miliki.

 

Senyumku juga memungkinkan kamu untuk memonitor kondisi keuangan kamu terlebih saat kamu semakin rajin mencatat keuangan kamu. 

 

 

Nggak hanya itu, Senyumku juga bantu kamu untuk menabung demi mencapai tujuan keuangan, seperti membeli mobil, rumah atau jalan-jalan liburan dengan memasukkan target nominal uang dan periode waktu yang diinginkan. Lebih dari itu, Senyumku bisa memberikan Bunga 5.5% per tahun untuk membantumu mencapai tujuan keuangan kamu dengan lebih cepat.

 

Jika kamu punya dana lebih, kamu juga bisa membuka deposito dengan bunga yang besar hingga 9% per tahun, dimana kamu bisa mulai menabung hanya dari 100 ribu rupiah. Senyumku juga memungkinkan kamu untuk mengambil pinjaman uang saat kamu membutuhkannya lewat platform pinjaman yang sudah diawasi oleh OJK, yaitu Tunaiku.

 

Baca juga: 10 Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi dan Manfaatnya

 

2. Monefy

Aplikasi keuangan satu ini dilengkapi fitur kustomisasi agar aplikasi dapat diubah sesuai kebutuhan kamu. Kamu juga bisa membuat lebih dari 1 akun yang catatan tiap akunnya akan disampaikan secara terpisah.

 

Selain itu, Monefy juga mempunyai fitur yang memungkinkan kamu untuk mengelompokkan pengeluaran kamu dalam berbagai kategori agar lebih mudah diurus. Monefy juga menghitung secara otomatis persentase pengeluaran tiap kategori dalam beberapa periode, mulai dari harian, hingga tahunan.

 

Terdapat pula versi berbayar dari aplikasi keuangan ini yang akan membebaskan kamu dari iklan yang mengganggu dan batasan kategori yang bisa kamu pakai.

 

3. Wallet

Aplikasi Wallet memiliki fitur yang bisa menghubungkan transaksi kamu dan saldo bank yang kamu gunakan. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah aplikasi bisa menerima transaksi dengan banyak mata uang dan bisa mengekspor data dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync.

 

Selain itu, terdapat fitur berbagi rekening yang memperbolehkan kamu untuk berbagi rekening dengan user lain sehingga bisa mempermudah hidup kamu.

 

4. Money Lover

Money Lover juga adalah salah satu aplikasi keuangan yang memberi kemudahan dalam kamu mengatur uang agar lebih praktis. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membantu mengatur pengeluaran selama sebulan, mulai dari makanan hingga liburan.

 

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah Budget, Savings, Event. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menulis segala pengeluaran dan pemasukan kamu di kertas.

 

5. UangKu

UangKu adalah aplikasi keuangan yang cocok untuk pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang. Fiturnya cukup terperinci, terstruktur dan dikemas dengan sederhana sehingga  para pemula tidak kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini.

 

Aplikasi ini akan meminta kamu untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan, lalu aplikasi ini secara otomatis akan menganjurkan berapa batas uang yang bisa kamu keluarkan setiap harinya untuk mencapai target yang kamu ingin capai. 

 

Pengeluaran dan pemasukan yang tercatat di dalam aplikasi bisa kamu kelompokkan dalam berbagai kategori sehingga kamu bisa melacak uang kamu keluar dan masuk secara lebih tepat sasaran.

 

6. Level Money

Aplikasi pengatur keuangan yang selanjutnya adalah Level Money untuk iOS yang bisa terhubung dengan rekening bank kamu. Aplikasi keuangan ini juga bisa membantu kamu mengatur uang yang masuk dan keluar baik pada kartu kredit dan rekening bank.

 

Dengan fitur seperti ini, kamu tidak perlu takut kecolongan karena aplikasi ini akan terus memberi tahu berapa jumlah uang yang telah dihabiskan. Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah keamanannya terjamin dan kemudahan dalam menggunakannya.

 

7. Penny

Penny adalah aplikasi keuangan untuk iOS yang bisa diajak menilai situasi keuangan kamu. Dengan pengaturan yang tepat, aplikasi ini akan menjawab segala masalah keuanganmu dengan tepat.

 

Lewat aplikasi Penny, kamu bisa mengetahui berbagai informasi seperti Informasi berapa banyak uang yang telah dihabiskan, tagihan apa saja yang harus dibayar, dan mengenai tagihan apa saja yang naik tarifnya.

 

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan berbayar jika kamu menginginkan fitur penambahan lainnya.

 

Baca juga: Ini Alasan Kamu Perlu Memiliki Aplikasi Bank Digital

 

8. TemanBisnis

Jika kamu memiliki bisnis, jangan gunakan aplikasi keuangan yang umum digunakan untuk mengatur keuangan sehari-hari. Aplikasi yang satu ini bisa mengakomodasi kebutuhan kamu dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

 

Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber. Setiap sumbernya bisa kamu kategorikan ke dalam kelompok yang berbeda-beda supaya kamu bisa dengan mudah melacak transaksi.

 

Kamu juga bisa mencatat utang dan kredit dari bisnis kamu dengan aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa menghitung sejumlah laporan seperti laba/rugi, utang/piutang, dan pertumbuhan kas per periodiknya secara otomatis.

 

Demikian adalah aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu mengatur keuangan kamu. Mengatur pengeluaran memang habit yang harus dibentuk dan tidak mudah untuk melakukannya.

 

Teruslah mencatat keuangan kamu walaupun kamu lupa melakukan pencatatan sewaktu-waktu. Dari bulan ke bulan kamu bisa melakukan evaluasi sehingga kamu tahu kondisi keuangan kamu dan mengatur hidup kamu lebih baik lagi.