Saat kamu hendak membeli smartphone baru, kamu perlu selektif agar tepat dalam memilih. Berbagai pertimbangan beli HP baru perlu kamu pikirkan, supaya tidak salah beli. 

 

Pertimbangan bisa dilakukan dengan memperhatikan deskripsi dari spesifikasi dan tampilan smartphone yang kamu sukai. 

 

Kamu bisa melihatnya di internet terlebih dahulu sebelum membeli smartphone tersebut secara offline maupun online

 

Pertimbangan beli HP baru

 

Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal supaya HP yang dibeli tepat sasaran. Berikut adalah pertimbangan beli hp yang perlu kamu pikirkan terlebih dahulu:

 

1. Menentukan budget kamu dan cek harga

 

Pertimbangan beli hp yang pertama adalah mengetahui berapa budget yang tersedia. Jika HP impian terlalu mahal, maka mulailah menabung sejak awal per bulannya. 

 

Jangan terburu-buru untuk melakukan pembelian di toko. Cek di beberapa toko dan kamu akan mengetahui mana penawaran terbaik secara harga dan bonus dari penjual. 

 

Pertimbangkan juga garansi yang diberikan oleh toko agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu masih bisa membetulkan hp kamu dengan gratis.

 

2. Menentukan fitur hp sesuai prioritas

 

Fitur hp saat ini kian menjadi banyak dan unik dan menjadi pertimbangan beli hp yang selanjutnya. Apapun pilihanmu, pastikan kamu bisa menggunakan fitur yang disediakan dengan maksimal.

 

Jika kamu hobi melakukan fotografi, kamu boleh memilih HP dengan kamera yang mempunyai hasil jernih dan tajam. 

 

Apalagi jika kamu memang memiliki sampingan sebagai fotografer lepas yang mengambil gambar pemandangan dan momen sehari-hari. 

 

Bagi kamu yang memiliki hobi bermain game untuk melepas penat, tidak salah jika kamu mengambil HP dengan spesifikasi lebih tinggi sehingga kamu bisa bermain dengan lancar. 

 

3. Pertimbangkan berapa lama akan menggunakan hp tersebut

 

HP adalah salah satu produk yang biasanya digunakan dengan intensif dan umurnya biasa bervariasi. Namun, percaya atau tidak, umur HP berbanding lurus dengan harganya.

 

Pertimbangan beli hp selanjutnya adalah berapa lama kamu akan menggunakan HP tersebut. 

 

Jika kamu sudah memperhitungkan bahwa kamu akan mengganti HP kamu dalam rentan waktu 2-3 tahun, hp dengan budget 3-4 jutaan cukup tepat untuk kamu pilih. 

 

Tapi kalau kamu memperkirakan umur hp kamu selama 4-5 tahun ke atas, biasanya harga hp yang beli akan lebih mahal berkisar 5 juta ke atas pula. 

 

4. Sisihkan uang per bulan untuk mengganti gadget di periode tertentu

 

Ada beberapa orang yang memang memiliki hobi untuk mengganti gadget karena ingin merasakan menggunakan fitur HP terbaru. 

 

Jika kamu termasuk dalam golongan orang ini, kamu bisa melakukan perencanaan dengan menyisihkan uang secara berkala di tabungan terpisah dari tabungan yang biasa kamu gunakan.

 

Kamu juga bisa menggunakan instrumen investasi konservatif seperti reksa dana pasar uang jika periode waktu pengumpulan dananya selama 1-2 tahun atau reksadana pendapatan tetap jika periode waktu pengumpulan dananya selama 3-4 tahun. 

 

Itu akan membantu uang kamu untuk bertumbuh sedikit dan mungkin hasil investasinya bisa kamu gunakan untuk membeli aksesoris penunjang gadget kamu.

 

Demikian beberapa pertimbangan beli HP baru yang perlu kamu perhatikan. Pesan saya, kamu boleh membeli HP baru asalkan memang berguna, bukan hanya untuk gengsi. 

 

Jika kamu berniat membeli karena kegunaannya, kamu juga bisa memperbanyak referensi sebelum membeli smartphone, terutama dari review orang-orang yang pernah membelinya.