Beranda > Gaya Hidup > Dear Dad, Ini 8 Langkah Jitu untuk Mendukung Ibu Menyusui

Dear Dad, Ini 8 Langkah Jitu untuk Mendukung Ibu Menyusui

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Dear Dad, Ini 8 Langkah Jitu untuk Mendukung Ibu Menyusuiwatermark

TUNAIKU.COM – Menjadi ibu menyusui atau busui memang nggak mudah. Ada banyak tantangan di depan mata. Beberapa kendala yang ditemui seperti tuntutan bekerja atau masuk kantor, tiba-tiba ASI nggak keluar, buah hati rewel tapi posisi masih di tempat umum atau bahkan menghadiri acara, dan lain sebagainya. Saking beratnya, harus ada dukungan dari orang sekitar terutama suami.

 

Artikel terkait: Menjaga hubungan suami istri

  1. Bagaimana Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga untuk Suami Istri yang Bekerja?
  2. 6 Alasan Harus Bangga Menjadi Bapak Rumah Tangga
  3. Pasangan Masih Membiayai Orang Tua? Begini Cara Atur Keuangan Rumah Tanggamu!

 

Bagaimana pun tantangannya, memberikan ASI tetap harus maksimal. Pasalnya ASI ekslusif sangat penting untuk perkembangan buah hati. Sebagai suami, kamu punya peran penting dalam mendukung pasangan saat menjadi busui. Beberapa di antaranya adalah :  

 

1. Memenuhi semua kebutuhan istri

Cara mendukung istri menyusui adalah dengan memenuhi semua kebutuhannya. Sebagai contoh, istri membutuhkan alat untuk memeras ASI, atau sekadar bantuan kecil-kecilan agar nggak terlalu repot. Pada dasarnya, terkadang istri hanya butuh ditemani untuk mengobrol saja. Jadilah suami pengertian yang mendengarkan segala keluh kesah istri, terutama hal-hal yang berkaitan dengan menyusui.

 

2. Menyemangati istri dan membuatnya bahagia

Memberikan semangat juga menjadi salah satu trik jitu agar ibu menyusui bahagia. Menyusui itu berat. Tantangannya pun nggak bisa dipandang sebelah mata. Pastilah istri butuh support. Jangan lupa juga untuk menghibur istri agar selalu merasa bahagia. Rasa senang ini bisa memacu hormon prolaktin dan oksitosin sehingga melancarkan produksi ASI, lho.

 

3. Memuji istri

Salah satu cara untuk menyemangati dan membuat istri bahagia adalah dengan memuji istri. Kamu bisa mengatakan, “Wah sejak melahirkan istriku makin cantik,” dan pujian-pujian lainnya yang sekiranya bisa membuat istri bahagia.

 

Artikel terkait: Hal yang bisa dilakukan untuk membahagiakan pasangan

  1. Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!
  2. Agar Pengeluaran Bulananmu Tetap Terjaga, Ini 5 Tips Kencan Hemat Bareng Pasangan!
  3. Lagu Teromantis Sepanjang Masa Penambah Nuansa Manis di Pernikahan

 

4. Menghibur agar tidak bosan

Dalam menyusui pastilah ada rasa bosan bagi istri. Hiburlah istri agar nggak mudah bosan. Caranya adalah dengan menemani dan membantunya mempersiapkan segala sesuatu.  

CTABARU3

Mobile Site CTA

5. Membantu tugas domestik

Pada dasarnya bantuan terhadap pekerjaan rumah tangga sudah sangat membuat istri bahagia dan meringankan bebannya. Kamu bisa membantunya menjemur pakaian, menyetrika, mencuci piring, bahkan memasak.

 

6. Pijat

Menyusui tentu bukan hal yang mudah. Menyusui bisa membuat ibu kelelahan dan mudah capek. Kamu bisa memberikan pijatan lembut pada istri. Pijatan lembut bisa memacu hormon yang melancarkan ASI, lho.

 

7. Mengatur stok ASI

Untuk memenuhi kebutuhan ASI, pastilah busui akan menyediakan ASI Perahan (ASIP). Nah, bantulah dengan turut mengatur stok ASIP. Kamu bisa melabeli dengan tanggal, hasil, dan jam perahan ASIP.

 

8. Membuatnya nyaman

Zaman sekarang nggak jarang ada bayi masih menyusui diajak ke kondangan. Tentu bukan hal yang nyaman jika busui menyusui di dalam pesta pernikahan. Namun jika nggak makan dalam acara tersebut ya bisa lemas juga. Jadilah suami yang bertanggungjawab. Carikan posisi di luar gedung yang nyaman untuk menyusui lalu bawakan makanan dari dalam gedung.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan sebagai pasangan dalam memberikan dukungan pada istri. Pastikan istrimu selalu nyaman dalam setiap kegiatannya menyusui buah hati, ya.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett