Beranda > Gaya Hidup > Birokrasi Nikah Secara Islam dan 9 Rekomendasi Tempat Ibadah Umat Muslim Terfavorit

Birokrasi Nikah Secara Islam dan 9 Rekomendasi Tempat Ibadah Umat Muslim Terfavorit

Artikel ini ditulis oleh:
Birokrasi Nikah Secara Islam dan 9 Rekomendasi Tempat Ibadah Umat Muslim Terfavoritwatermark

TUNAIKU.COM – Pernikahan Islam cenderung mudah dilakukan kalau ditinjau dari segi pembiayaan. Beberapa urusan yang perlu disiapkan adalah mengurus surat nikah. Jika akad nikah berlangsung di kediaman calon pengantin wanita maka pihak calon pengantin pria wajib membuat surat numpang nikah. Begitu pula sebaliknya. 

Untuk mengurus hal ini keduanya wajib mengurus ke kantor urusan agama (KUA) di wilayah kecamatan masing-masing. Usahakan untuk mengurusnya satu bulan lebih dulu sebelum acara akad nikah berlangsung. Saya dulu menghabiskan biaya sekitar Rp10juta. Itu sudah termasuk biaya seserahan, properti, dan lain-lain. Syukur sekali istri saya bukan tipe gadis yang neko-neko.

Bahkan dengan sisa biaya nikah, kami masih bisa menyempatkan diri untuk foto-foto di beberapa masjid terindah yang direkomendasikan ini.

 

Artikel terkait: Persiapan untuk menikah yang bisa kamu lakukan!

  1. 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyiapkan Pernikahan dengan Modal Gaji Rp 3 Juta
  2. Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Menikah Tanpa Menunggu Mapan!
  3. Merealisasikan Pernikahan sesuai Kemampuan

 

1. Masjid Islamic Center Samarinda

Lokasi masjid ini berada di Telok Lerong Ulu. Rupanya Masjid Islamic Center merupakan yang terbesar kedua se-Asia Tenggara. Luar biasa. Desain arsitekturnya juga sangat khas. Dulunya memang terinspirasi dari menara-menara masjid di Nabawi (Madinah). Adapun kubahnya juga terinspirasi dari Timur Tengah, tepatnya Masjid Haghia Sophia di Istanbul.

 

2. Masjid Istiqlal, Jakarta

Siapa pula yang tidak kenal dengan masjid ini? Setiap ada acara besar, seperti perayaan Idul Adha maupun Idul Fitri, pesona masjid ini selalu diliput media mainstream. Berdasarkan sejarahnya, masjid ini dibangun pada tahun 1951 yang lalu oleh Presiden Ir. Soekarno. Keindahannya berasal dari lantai dan dinding berlapis marmer.

 

3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid megah asal Aceh ini semakin terkenal ketika pada waktu tsunami tidak ikut hancur. Masya Allah! Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1612, tepatnya pada masa Kesultanan Aceh. Sedangkan gaya arsitekturnya mengikuti gaya Moghul di India. Bagus sekali kalau buat foto-foto demi merayakan pernikahanmu.

 

4. Masjid Agung Sumenep

Masjid ini juga terkenal dengan nama Masjid Jamik Sumenep. Saya dan istri pun dibikin takjub atas kekayaan sejarah di dalamnya. Maklum saja, bangunan ini dibangun pada tahun 1779 sih. Gaya arsitekturnya menganut kebudayaan Tiongkok. Tidak heran kalau auranya mirip dengan kelenteng-kelenteng gitu.

 

5. Masjid Agung Tuban

Meskipun lahir sudah lama, yakni tahun 1894, bangunannya masih kukuh hingga sekarang. Cocok sekali untuk foto-foto demi momen pernikahan Islam di masjid terindah seperti yang saya dambakan. Keunikan bangunan ini berasal dari ornamen di sepanjang dinding. Keindahan bangunan masjid ini lebih terasa begitu matahari sudah terbenam.

 

6. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid terindah versi saya ini berada di Bandung. Memang masih cukup baru dibandingkan dengan masjid yang disebutkan sebelumnya. Tapi dari segi arsitekturnya cukup memikat. Terutama adanya 99 lampu kotak bertuliskan nama ALLAH. Hebatnya, masjid ini pernah mendapat penghargaan dari FuturArc Green Leadership Award di tahun yang sama.

 

7. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Banyak yang menjuluki masjid ini dengan nama Taj Mahal Riau berhubung lokasinya persis berada di Pekanbaru. Masjid ini pertama kali dibangun tahun 1963 yang lalu. Terdapat 3 lantai dan di lantai bawahnya ada 4 pintu. Sedangkan bagian atasnya ada 13 buah pintu. Saya suka sekali foto-foto di bagian atas karena bisa melihat banyak pemandangan indah.

 

8. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Siapa pun yang mengagumi Gus Dur, pasti tahu dengan Masjid yang berlokasi di Surabaya ini. Bangunan masjid ini berdiri sejak tahun 2000 yang lalu. Ada 2 lantai dengan tinggi menara hingga 99 meter. Kalau kita berada di lantai atas, pemandangan kota Surabaya, Bangkalan, dan Sidoarjo akan tampak.

 

Artikel terkait: Kehidupan setelah menikah yang bahagia, simak tipsnya!

  1. 5 Cara Logis yang Membuktikan Bahwa Pintu Rezeki Terbuka Lebar Setelah Menikah
  2. Inilah 4 Alasan Logis Menunda Punya Momongan Setelah Menikah
  3. Ini Dia 5 Hal yang Hanya Dipahami Pasangan yang Sudah Menikah!

 

9. Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Banyak yang menyebut masjid ini dengan nama Masjid Kubah Emas. Soalnya memang ada lapisan emas yang berada di atasnya. Sedangkan di dalamnya ada lampu kristal yang memiliki berat 8 ton dan berasal dari Italia. Keindahannya akan kamu rasakan ketika berada persis di tengah-tengah ruangan.

Cara kami menikmati momen pernikahan Islam dengan berkunjung ke masjid terindah memang sudah direncana jauh-jauh hari. Tujuannya untuk memperkaya pengetahuan kami dengan jelajah budaya Islam lewat Rumah Allah. Nah, kira-kira kalian pilih untuk berkunjung ke masjid yang mana?

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett