Beranda > Gaya Hidup > Supaya Anak Nggak Gampang Sakit di Musim Hujan Seperti Ini, Yuk Terapkan 5 Tips Praktis Berikut!

Supaya Anak Nggak Gampang Sakit di Musim Hujan Seperti Ini, Yuk Terapkan 5 Tips Praktis Berikut!

Supaya Anak Nggak Gampang Sakit di Musim Hujan Seperti Ini, Yuk Terapkan 5 Tips Praktis Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Kala musim hujan, anak-anak biasanya rentan jatuh sakit karena kuman lebih mudah berkembang biak dan kekebalan tubuh gampang menurun. Penyakit yang menyerang pun macam-macam, mulai dari radang tenggorokan, demam ringan, sampai yang cukup berat seperti demam berdarah. Duh, ngeri ya! Makanya, musim hujan begini kamu sebagai orang tua wajib memberikan perhatian ekstra kepada mereka.  

 

Nggak perlu khawatir berlebihan, Kawan Tunaiku. Menjaga kesehatan si kecil itu nggak ribet, kok. Sebagai permulaan, coba deh simak 5 tips praktis berikut ini!

 

Biasakan untuk memakai pakaian tebal dan hangat

Musim hujan pastilah identik dengan suhu yang rendah dengan angin cukup kencang. Mulai sekarang, pastikan di setiap aktivitasnya anak selalu mengenakan baju yang tertutup dan hangat, ya. Lebih baik lagi jika sesekali dibalur dengan minyak telon supaya hangat tubuhnya lebih terjaga.

 

Memperbanyak minum air putih

Walaupun nggak sehaus saat kemarau, bukan berarti di musim hujan tubuh membutuhkan lebih sedikit air putih. Selain menghindari dehidrasi, air putih juga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit, lho. Sebotol bekal air putih ukuran sedang membantu buah hatimu tetap segar selama jam sekolah. Cara ini juga bisa mengurangi keinginan mereka untuk jajan minuman dingin.

 

Ingatkan anak untuk makan tepat waktu

Keasyikan main biasanya bikin lupa makan. Padahal kalau perut keroncongan, jadi gampang masuk angin. Supaya sistem kekebalan tubuhnya terjaga, ingatkan anak agar makan tepat waktu. Selain itu, asupan buah-buahan pun sebaiknya ditambah terutama yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan pepaya.

 

Main itu boleh, tapi pastikan mereka cukup istirahat dan tidur siang

Nggak seperti orang dewasa yang lebih suka mager di musim hujan, anak-anak sih biasanya tetap aktif main di luar. Bahkan kalau musim hujan seringnya jadi hujan-hujanan di lapangan. Sesekali memang nggak apa-apa, tapi pastikan nggak keseringan supaya waktu istirahatnya tercukupi.    

 

Membiasakan cuci tangan supaya kebersihannya selalu terjaga

Musim hujan  itu berarti waktunya bibit penyakit mengancam mereka yang lalai menjaga kebersihan. Saat-saat seperti ini, kebersihan kuku kaki dan tangan haruslah diperhatikan karena risiko terkena diare ikut meningkat. Biasakan anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan setelah memegang hewan.

 

Gimana, nggak susah kan? Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, lho Kawan tunaiku. Makanya, sebisa mungkin terapkan segera, ya. Kalau kamu punya saran dan pengalaman saat si kecil sakit bagikan di kolom komentar, yuk!

 

Eits… Jangan kelewatan juga informasi pinjaman cepat mudah dari Tunaiku. Tunaiku adalah solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

Pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Yuk, langsung ajukan dan isi formulir berikut ini: Tunaiku. Hanya 15 menit saja!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett