Beranda > Gaya Hidup > Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang pada Pasangan

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang pada Pasangan

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang pada Pasanganwatermark

TUNAIKU.COM–Utang telah lama menjadi penyebab konflik dalam hubungan asmara. Saya juga sempat hampir konflik besar-besaran ketika hendak meminjamkan uang pada pasangan. Saya sadar kalau uang memang menjadi isu yang sensitif. Kalau kamu ingin meminjamkan uang juga, lakukan tips-tips singkat dari saya biar tidak ada yang dirugikan.

 

1. Peka dengan Situasi dan Kondisi Sebenarnya

 

Tips ini patut diterapkan kalau kamu mau meminjamkan uang, terutama dalam jumlah yang besar. Pasanganmu juga manusia biasa sepertimu. Barangkali dia hanya kurang seberuntung kamu soal pekerjaan dan gaji bulanannya. Sementara keinginan lelaki juga tidak kalah tingginya dengan keinginan wanita.

 

Pahami, bahwa kepada siapa lagi dia akan meminjam kalau bukan pada orang yang sangat dipercayainya? Berikan kepercayaan balik padanya. Namun jangan terlalu sering. Soalnya status masih belum halal. Besar-kecilnya pinjaman jangan sampai dia yang menentukan. Wanita yang cerdas pasti akan melakukan survei masalah terlebih dahulu.

 

2. Pinjamkan Uang Semampumu

 

Jangan terlalu dipaksakan ketika meminjamkan uang padanya. Apalagi kamu sampai melibatkan orang tuamu. Jangan. Kalau pasanganmu memaksa ingin meminjam dana yang melebihi batas kemampuanmu lebih baik diam. Setelah itu katakan saja, kalau kamu hanya punya uang di bawa ekspektasinya.

 

Ketika kamu lebih memilih menunjukkan rasa kasihan terhadap logika, pasti kamu akan terjebak ke masalah berikutnya. Misalnya ketika dia ngutang dengan nilai Rp10 juta. Padahal kamu cuma punya Rp8 juta. Kalau kamu kasihan, pasti kamu akan utang ke lain pihak biar genap Rp10 juta. Dengan begitu, kamu berhasil masuk ke lubang hitam lainnya.

 

Artikel Terkait: Tips Hubungan Awet dengan Pasangan

  1. Miliki 4 Modal Ini Jamin Hubungan Awet Dengan Pasangan

  2. 12 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan Berdasarkan Zodiak

  3. Alasan Sulit Bicara Soal Uang dengan Pasangan dan Cara Mengatasinya

 

3. Katakan Jangan Terlalu Sering Meminjam

 

Berikan saja kesempatan meminjam uang sebanyak 3 kali. Angka itu sudah lebih dari cukup. Jangan sampai meminjamkan uang pada pasangan lebih dari 3 kali. Nanti dia akan menganggap utang sama dengan nikmat. Sementara kamu jadi ATM berjalan buat dia. Sewaktu-waktu dia bisa mengambil uangmu.

 

Ketika kamu membiarkan dia terus ngutang, sama dengan menciptakan lelaki yang tidak bertanggung jawab di masa depan. Untuk bukti, coba pinjami dia uang selama 10 tahun berturut-turut dengan asumsi 1 tahun sekali pinjam dengan nilai Rp3 juta Rupiah. Pada tahun ke-11 (setelah lama menikah), pasti dia akan menempatkan beban ekonomi di bahumu.

 

Artikel Terkait: Tips Menjalin Hubungan yang Sehat dan Membahagiakan

  1. Inspirasi Pasangan yang Bisa Jadi Relationship Goals Kamu

  2. Pasangan Belum Mapan dalam Keuangan,Putus Atau Pertahankan?Ini yang Harus Kamu Lakukan

  3. Single Ladies,Temukan Pasangan yang Miliki Sifat yang Cocok Berdasarkan Bulan Lahirmu!

4. Atur Tenggat Waktu Pelunasan Utang

 

Biar lebih aman, diskusikan tentang mekanisme pelunasan utangnya. Kalau toh memerlukan hitam di atas putih alias surat perjanjian, bikin saja. Dengan tanda tangan, maka hukum perjanjian jadi lebih resmi. Dia tidak bisa seenaknya sendiri dalam membayar utang. Sebagai pihak pemilik uang, tetaplah tawarkan simulasi yang penuh toleransi.

 

Jangan sampai menerapkan bunga seperti yang dilakukan oleh pihak bank. Apalagi bunga yang super mencekik macam rentenir. Apa pun cara melunasi utang yang dia terapkan, tetaplah diterima. Setelah mencapai kesepakatan, barulah uang milikmu dititipkan padanya. Setidaknya kamu sudah punya pegangan berupa ucapan maupun secara tertulis.

5. Pahami Karakter Pasanganmu

 

Mungkin tips ini lebih baik kalau ditempatkan di urutan awal. Memahami karakter pasangan juga sangat penting. Sebagai kekasih, seharusnya kamu berhasil menjadi satu-satunya orang yang memahami karakter pasangan secara totalitas. Apakah sifatnya kikir, dermawan, mudah umbar janji, atau teguh memegang janji. Sesuaikan jumlah utang berdasarkan karakternya.

 

Setelah menerapkan ke-5 hal di atas, maka akan tercapai kesimpulan yang sama-sama senang. Tidak ada yang dirugikan lagi. Kalau pasanganmu ternyata rutin melunasi utang, tidak ada salahnya kalau kamu meminjamkan uang pada pasangan sekali lagi dan sekali lagi. Apa pun cita-cita pasanganmu terus dukung. Kalau perlu, jalinlah kerja sama.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2

 

 

 

 


SWARA TUNAIKU

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett