Beranda > Gaya Hidup > 8 Tips Parenting & Cara Membesarkan Anak ala Michelle Obama

8 Tips Parenting & Cara Membesarkan Anak ala Michelle Obama

Tunaiku
8 Tips Parenting & Cara Membesarkan Anak ala Michelle Obamawatermark

TUNAIKU.COM – Istri dari Barack Obama ini selalu tampil sebagai pribadi yang kuat untuk anak-anaknya. Senggaknya itu berdasarkan pandangan saya. Banyak yang mengagumi pola asuh yang diterapkan oleh Michelle Obama ini. Nah, untuk para ibu maupun calon ibu yang ada, Michelle Obama punya tips parenting yang bisa dipraktikkan oleh siapa pun di belahan dunia mana pun. Simak di sini ya 8 tips hebatnya.

 

1. Jangan berlebihan dalam memproteksi anak-anak

Kadang-kadang kita memang merasa kalau anak-anak itu terlalu berharga. Sampai-sampai seharian penuh kita cemas saat si kecil pergi sekolah. Padahal mereka nggak selalu melakukan hal-hal yang buruk, lho. Lindungi anak-anakmu ketika mereka memang butuh perlindunganmu. Jangan selalu merasa jadi hero setiap saat. Biarkan mereka menjadi hero untuk diri mereka sendiri.

 

Artikel terkait: Tips parenting

  1. 8 Keterampilan Wirausaha Yang Bisa Kamu Ajarkan Pada Anak Sejak Dini
  2. 5 Cara Atasi Perbedaaan Pendapat Jika Kakek dan Nenek Ikut Mengasuh Anak
  3. Ajarkan Anak Cara Mengelola Uang dengan Baik Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini!

 

2. Jangan terlalu membedakan anak berdasarkan jenis kelamin

Setiap anak-anak memiliki posisi dan kontribusi yang sama. Jangan pernah membeda-bedakan mereka. Mayoritas di masyarakat kita lebih mementingkan kaum laki-laki. Padahal faktanya, kaum perempuan juga nggak kalah perannya dalam memberikan kontribusi di dunia. Baik dari segi ilmu, spiritual, dan juga dalam bidang lainnya.

 

3. Jangan membiarkan anak-anak membuat-buat alasan

Alasan yang dibuat-buat itu berbeda dengan alasan yang terlahir dari fakta. Setiap kali anak-anak membuat-buat alasan dan dibiarkan oleh orang tuanya maka mereka akan terus seperti itu hingga besar. Jelas itu bukan kebiasaan yang bagus untuk perkembangan mereka. Pancing dan latihlah anakmu agar selalu berkata jujur. Nggak pandang bulu.

 

4. Tanamkan perilaku dan kata-kata baik sejak bayi hingga besar

Banyak yang menyangka kalau mengajari anak itu dimulai setelah mereka “mengerti” saja, alias kalau mereka sudah dinilai sudah besar. Misalnya saja ketika mereka sudah sekolah. Padahal, sejak bayi sudah seharusny anak-aak ditanamkan perilaku dan kata-kata yang baik. Cara yang lebih efektif tentunya melalui contoh dari orang tuanya. Karena, anak-anak itu peniru yang hebat, bukan?

 

5. Berikan motivasi pada anak-anak di setiap kesempatan

Inilah tips parenting Michelle Obama yang harus rajin-rajin diterapkan. Seringkali anak-anak itu punya pengalaman buruk. Entah di sekolah maupun ketika bermain dengan teman-temannya. Ketika hati mereka tengah terluka, obati dengan motivasi yang meneduhkan. Ketika mereka melakukan kesalahan, tetap beri motivasi sekaligus teguran yang baik.

6. Anak-anak memiliki masa depannya sendiri

Ingat-ingat selalu, anak-anak itu bukanlah dirimu. Mereka nggak sepenuhnya menjadi pantulan dari bayanganmu. Mereka memiliki masa depan sendiri. Jadi jangan tentukan masa depan mereka mau jadi apa. Cukup arahkan dan rangsang untuk membangkitkan passion yang tertidur di dalam jiwa mereka.

 

Artikel terkait: Yuk, bikin waktu berkualitas bareng keluarga!

  1. 10 Ide Merayakan Libur Tahun Baru Seru Bareng Keluarga
  2. Ingin Liburan ke Yogyakarta? Ini Rekomendasi 7 Hotel Pilihan yang Pas untuk Keluarga!
  3. 5 Ide Kado Menarik Untuk Anak yang Menginjak Usia 1 Tahun

 

7. Berhenti membanding-bandingkan dengan anak lain

Siapa pun pasti nggak suka ketika dibanding-bandingkan dengan orang lain. Nggak hanya anak kecil, bahkan orang dewasa sekalipun. Kalau kamu saja nggak suka dibanding-bandingkan, mereka juga nggak suka. Alangkah lebih baik kalau kita justru melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan potensi mereka. Dengan membandingkan, sama artinya dengan kita menghancurkan harga diri mereka.

8. Perkenalkan mereka pada kesempatan dan kompetisi

Banyak sekali ajang perlombaan yang ada di masyarakat. Coba sekali-kali kamu pergi ke jantung kota. Nanti kamu akan menemukan banyak sekali variasi kompetisi yang digelar. Kompetisi bisa dengan mudah merangsang jiwa kreatif anak-anak. Manusia memang pada dasarnya baru maju ketika ada persaingan.

9. Sebisa mungkin asuhlah anak secara mandiri

Saran dari Michelle Obama ini perlu diikuti oleh ibu mana pun di dunia. Hanya seorang ibu yang mengerti betul kebutuhan anak-anaknya. Seringkali ketika ada orang yang dipasrahi mengasuh anak orang lain mereka nggak tahu harus berbuat apa. Soalnya mereka nggak merasakan bagaimana jerih-payahnya saat hamil dan melahirkan. Jadi sebisa mungkin asuh dan didik anakmu sendiri.

 

Wanita yang cerdas selalu memberikan pendidikan dan perhatian terbaik untuk anak-anaknya. Michelle Obama juga begitu. Meskipun dia sudah tua, namun nggak pernah berhenti belajar. Kemudian ilmu tersebut diturunkan untuk anak-anaknya. Luar biasa tips parenting dari Ibu Michelle Obama ini. Apakah kamu sudah siap mengikuti jejak hebatnya?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett