Beranda > Gaya Hidup > 8 Persiapan Mudik Lebaran 2018 dengan Kendaraan Pribadi

8 Persiapan Mudik Lebaran 2018 dengan Kendaraan Pribadi

TUNAIKU
8 Persiapan Mudik Lebaran 2018 dengan Kendaraan Pribadiwatermark

TUNAIKU.COM – Wah, sebentar lagi bulan Lebaran yang artinya sebentar lagi musim mudik. Sudahkah kamu mempersiapkan segala keperluan mudik? Belum, ya? Kalau saya sedang siap-siap. Rencananya, saya akan membawa kendaraan pribadi saja, lebih enak. Kamu nggak harus menunggu kereta, kapal, ataupun pesawat terbang berangkat. Nah, tapi tentunya mudik dengan kendaraan pribadi membutuhkan persiapan, ya. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mudik dengan kendaraan pribadi?

 

Artikel terkait: wisata seru di Surabaya

  1. 7 Tempat Bermain Seru di Surabaya, Yuk Habiskan Waktu Akhir Pekan Bersama Anak
  2. Pantai Terfavorit di Surabaya untuk Lepas Penatmu
  3. Yuk, Kunjungi Wisata Alam Tersembunyi Surabaya Berikut!

 

1. Kelengkapan surat penting kendaraan

Selain mobil, harap selalu diingat untuk bawa surat penting, misalnya saja STNK. Kalau rute yang dilalui itu jauh dari jalan raya besar sih enggak terlalu bermasalah. Bakal beda kasusnya ketika mudiknya dari Jakarta ke Purwokerto. Bawa keluarga pula. Saya yakin kalau kamu bukan tipe orang yang mau membahayakan keluarga sendiri.

 

2. Siapkan barang-barang kebutuhan pribadi

Barang-barang seperti kasur lipat, tikar, peralatan mandi, alat makan, dan lain-lain juga wajib dibawa. Memang sih kalau diamat-amati dari durasi perjalanannya butuh waktu 15 jam. Namun, masa sih kamu sanggup menyetir mobil selama itu non-stop? Beruntung kalau di dalam mobil ada yang bisa menyetir. Jadi bisa gantian. Kalau enggak? Sesekali istirahatlah.

 

3. Aktifkan fitur GPS di ponsel pintarmu

Orang yang merantau itu macam-macam. Ada yang sendirian, ada yang bawa keluarga, ada pula yang bawa teman. Kalau bawa keluarga, serahkan saja ponsel pintarmu ke dia. Kemudian minta untuk memandu perjalanan berdasarkan rutenya. Terutama buat kamu yang baru pertama kali mudik menggunakan mobil pribadi.

 

4. Packing Barangnya Serapi Mungkin

Barang yang dipak secara rapi bukan hanya bagus dari tampilan, tapi juga bisa menghemat ruang dalam mobil. Apalagi kalau di mobilmu ada banyak orang. Kan sayang kalau ada yang sampai himpit-himpitan dengan barang-barang. Persiapan mudik Lebaran 2018 ini sudah saya rencanakan sejak beberapa hari yang lalu. Kebetulan jelang puasa mau mudik.

 

5. Periksa kampas rem mobilmu

Kampas rem punya andil besar dalam momen mudik tahunan jelang Hari Raya Idul Fitri. Ausnya kampas rem bisa bikin rem enggak peka. Keadaan ini bisa gawat kalau sampai kamu melajukan mobil lebih dari kecepatan normal. Sedangkan di depan, samping, dan belakang banyak mobil yang masih berjalan. Kemudian di depan ada belokan. Bagaimana selanjutnya?

 

6. Cek lampu utama mobil

Di Indonesia sudah ada peraturannya, bahwa dalam perjalanan apa pun, lampu harus menyala. Bahkan ketika siang hari dan masih panas-panasnya. Kalau enggak menyala bakal kena tilang. Demi kebaikanmu, cek kondisi lampu utama mobilmu. Bisa menyala atau enggak. Kemudian lampu sign-nya juga. Jangan sampai di perjalanan malam justru mati.

 

7. Jaga stamina agar tetap optimal

Perjalanan mudik biasanya merupakan perjalanan yang panjang. Jarak tempuhnya bisa beratus kilometer jauhnya. Sehari sebelum berangkat, cukupkan tidur, makan, dan olahraga. Pada waktu hampir berangkat, persiapkan pula cairan penambah stamina. Soalnya kalau sampai kelelahan dan mengantuk selama berkendara tak hanya merepotkan tapi juga bisa membahayakan.

 

Artikel terkait: panduan backpacker ke wisata populer Indonesia

  1. Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Raja Ampat, Praktis dan Seru!
  2. Intip Panduan Lengkap Jadi Backpacker ke Lombok di Sini
  3. Tips Praktis Jadi Backpacker di Bali, Intip Panduan Lengkapnya!

 

8. Ganti oli rem dan mesin

Enggak perlu menunggu sesuai jadwal, khusus untuk mudik Lebaran langsung ganti saja oli mesin dan oli remnya. Hal ini mengantisipasi agar mobilmu bisa jalan mulus-mulus saja selama mudik. Tak hanya itu, mengganti oli rem dan oli mesin juga bisa berpegaruh pada keselamatan berkendaramu.

 

Nah, mumpung masih ada waktu, jangan lupa persiapkan keprimaan kendaraanmu menjelang Lebaran, ya.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett