Beranda > Gaya Hidup > 7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

dhandyDhandy
7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapiwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali. Rumah yang nyaman adalah idaman semua keluarga. Namun, sebenarnya apa sih yang membuat sebuah rumah menjadi nyaman?

 

Ada beberapa hal yang bisa membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali, antara lain kebersihan rumah, sirkulasi udara, sanitasi, konstruksi rumah, dan masih banyak lagi. Artinya, kenyamanan sebuah rumah bukan dilihat dari nilai harga ataupun ukuran dari sebuah rumah.

 

Salah satu yang membuat rumah menjadi nyaman adalah kerapian di dalam rumah tersebut. Sebuah rumah pasti terdiri dari banyak peralatan rumah tangga. Secara tidak sadar, manusia memiliki kebiasaan untuk membeli perabotan baru untuk keperluan rumahnya. Karenanya, semakin lama, isi rumah akan terasa lebih sempit.

 

Maka dari itu, untuk menyelesaikan masalah tersebut, kamu bisa merapikan perabotan rumah tersebut sekaligus mendesain ulang interior rumah agar terlihat lebih nyaman.

 

Artikel Terkait: Tips dan Trik Menata dan Merapikan Rumah!

  1. Trik Menata Ruang Makan di Rumah yang Sempit
  2. 10 Tips Merapikan Rumah dari Marie Kondo yang Wajib Kamu Simak
  3. 7 DIY Dekorasi Dinding Rumah yang Bisa Ubah Suasana Rumahmu Jadi Lebih Nyaman

 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu dalam merapikan perabotan rumah, sekaligus membuat rumah menjadi lebih nyaman.

 

1. Boks Mainan

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Sebagian dari anak-anak pasti memiliki hobi mengoleksi mainan. Apalagi kalau sedang diajak ke suatu tempat, dan kemudian mereka melihat penjual mainan, mereka akan merengek untuk membeli mainan tersebut. Secara tidak sadar, ternyata jumlah mainan anak-anak semakin menumpuk di dalam rumah.

 

Mainan yang menumpuk akan terlihat berantakan dan akan mengurangi kenyamanan di dalam rumah. Untuk itu, kamu bisa siasati dengan menggunakan boks mainan sebagai wadah untuk semua mainan tersebut. Jika boks mainan semakin bertambah, kamu juga bisa siasati boks tersebut dengan menyusunnya menjadi sebuah lemari besar.

 

Selain membuat rumah menjadi lebih rapi, kamu juga bisa mengajarkan anak-anak untuk merapikan mainannya setelah selesai bermain ke dalam boks tersebut.

2. Gantungan baju

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Untuk kamu yang memiliki rumah dengan desain minimalis dan tidak ingin rumah terlihat sempit, gantungan baju seperti ini sangat cocok untuk diaplikasikan di dalam rumahmu. Selain lebih simpel, gantungan baju seperti ini juga menambah nilai estetika di dalam rumahmu.

 

Namun, dengan syarat kamu harus mengelompokkan pakaianmu sesuai dengan kategorinya. Setiap kategori pakaian, kamu kelompokkan di sebuah gantungan yang sama. Kalau mau lebih bagus lagi, kamu juga bisa mengelompokkan pakaianmu sesuai warnanya. Pasti akan menghasilkan deretan baju dengan gradasi warna yang indah.

 

3. Kitchen set

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Jika kamu punya uang simpanan lebih, kamu bisa mencoba mengatur ulang dapurmu. Buat dapurmu memiliki banyak laci dan lemari untuk menyimpan berbagai hal. Ketika kamu memiliki dapur yang nyaman, kamu akan lebih betah saat beraktivitas di dapur.

 

Kamu nggak harus membeli sebuah kitchen set baru yang harganya terbilang mahal. Tapi, kamu bisa membuat kitchen set secara custom sesuai kebutuhan dan juga budgetmu. Kamu bisa datang ke tukang kayu dan konsultasikan apa yang kamu inginkan.

 

Kamu juga bisa mencicil satu persatu bagian dari dapurmu itu. Sembari berjalannya waktu, kamu juga akan menemukan konsep-konsep baru yang akan membuat dapurmu menjadi lebih nyaman.

 

Sebagai saran, tentukan satu warna sebagai warna utama dapurmu. Kemudian, kamu bisa mengeksplor dapurmu menggunakan warna tersebut beserta gradasinya. Sekaligus, semua perabotan dapurmu juga menggunakan warna yang senada. Pasti jadi lebih kece deh!

 

4. Walk in Closet

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Buat kamu yang masih memiliki ruang kosong di dalam rumahmu, mungkin kamu bisa gunakan ruangan itu menjadi sebuah walk in closet. Walk in closet adalah sebuah ruangan yang digunakan sebagai gudang pribadi. Biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian, tas, koper, meja rias, dan keperluan pribadi lainnya.

 

Dengan memiliki walk in closet, kamu tidak perlu menaruh banyak barang di dalam ruang tidurmu, sehingga ruang tidurmu akan terasa lebih luas. Selain itu, walk in closet juga bisa dijadikan sebagai ruang privasi untuk kamu yang menginginkan me time, wahh!

 

5. Stoples bumbu dapur

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Kamu punya hobi memasak? Pasti tidak asing dengan bumbu-bumbu dapur. Pada umumnya bumbu-bumbu dapur disimpan dalam sebuah wadah yang biasa dijual di toko-toko pada umumnya. Tapi, jika kamu menginginkan sesuatu hal yang baru dan unik, kamu bisa coba berkreasi dengan stoples kaca bekas.

Jika kamu memiliki stoples kaca yang sudah tak terpakai, jangan langsung dibuang! Bersihkan terlebih dahulu hingga bersih. Lalu, kamu bisa masukkan bumbu-bumbu dapur tersebut ke dalam stoples kaca tersebut.

Karena stoples tersebut berbahan kaca, sehingga kita bisa melihatnya dari luar. Kemudian, kamu bisa susun semua stoples yang sudah terisi bumbu dapur menjadi sebuah susunan yang menarik. Taraaa! Bumbu-bumbu dapurmu tidak sekadar menjadi bahan makanan, tapi juga bisa menjadi penghias dapurmu.

 

6. Rak peralatan mandi

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Setiap hari kamu pasti selalu mandi, kan? Untuk itu, kamar mandi menjadi salah satu ruangan favorit yang selalu didatangi setiap harinya. Tapi, apa jadinya kalau kamu melihat kamar mandi yang berantakan? Kamu pasti akan merasa tidak nyaman ketika kamu mandi.

 

Maka dari itu, cobalah kamu susun semua peralatan mandi ke dalam sebuah wadah seperti yang di atas. Kamu bisa menggunakan rak tersebut sebagai wadah peralatan mandi, selain itu rak tersebut juga akan memudahkan kamu dalam mencari peralatan mandi tanpa harus mengubek-ngubek di sebuah baskom.

 

Namun yang paling penting adalah, dengan menggunakan rak tersebut, kamar mandimu akan terlihat lebih rapi, nyaman dan memiliki nilai estetika. Mantap kan?

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Desain Interior Kekinian!

  1. 7 Akun Instagram Referensi Desain Interior Buat Rumahmu!
  2. 8 Gaya Desain Interior Kekinian yang Bisa Kamu Tiru
  3. Tren Warna 2019 untuk Interior Rumah Minimalis, Cek Rekomendasinya!

 

7. Laci kosmetik

 

7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

Apakah ada diantara kalian yang memiliki masalah dalam menyimpan peralatan kosmetik? Ini dia solusinya. Kamu bisa menyusun semua peralatan kosmetikmu ke dalam sebuah laci. Kamu bisa mengisi laci tersebut dengan kotak atau wadah sebagai pengelompok peralatan kosmetik sesuai dengan kategori yang sama.

 

Selain itu, dengan menyimpan peralatan kosmetik di dalam laci, tidak akan ada lagi peralatan kosmetik yang tercecer atau jatuh ke lantai hingga masuk ke dalam sela-sela lemari. Yang paling penting, peralatan kosmetikmu akan tersimpan dengan lebih rapi dan juga tidak tercemar udara luar.

 

Itu tadi adalah beberapa tips untuk merapikan rumah sekaligus membuat rumah menjadi lebih nyaman. Tanpa harus menggunakan atau membeli peralatan dan perlengkapan yang mahal, kamu juga bisa menggunakan barang-barang bekas yang sudah ada di dalam rumahmu sebagai solusi merapikan rumahmu. Jadi, selamat mencoba!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett