Beranda > Gaya Hidup > 7 Ide Desain Rumah Tipe 36 Agar Tampak Lapang dan Fungsional

7 Ide Desain Rumah Tipe 36 Agar Tampak Lapang dan Fungsional

TUNAIKU
7 Ide Desain Rumah Tipe 36 Agar Tampak Lapang dan Fungsionalwatermark

TUNAIKU.COM-Rumah tipe 36 merupakan hunian idaman murah dan cukup lapang kalau dihuni untuk keluarga kecil. Namun, kalau kamu membeli rumah tipe ini dari developer, biasanya belum dalam keadaan 100% jadi. Alias, masih ada beberapa bagian yang harus kamu renovasi bahkan buat dari awal. Pastinya, membutuhkan waktu dan biaya ya. Memang sih, sekarang sudah ada dana pinjaman online. Namun, agar efektif, tetap pertimbangkan 7 ide desain rumah berikut ini ya.

 

Artikel terkait: ini dia ide apartemen studio yang bikin hati makin nyaman

  1. Sontek, 9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Hunian Apartemen Studio
  2. 10 Ide Dekorasi Tema Rustic yang Cocok untuk Apartemen Studio
  3. 5 Ide Dekorasi Apartemen Studio yang Bikin Hunian Makin Nyaman

 

1. Buat gambar rancang bangun terlebih dahulu.

Berhubung rumah tipe 36 memiliki luas bangunan 6×6 meter, tentu lebih mudah apabila kamu buat gambar rancang bagunnya terlebih dahulu. Gambarkan dari atas atau buat layoutnya. Buat gambar dengan cermat mulai dari penataan ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, garasi, dan lain-lain. Kalau perlu, buat juga perencanaan peletakan furnitur. Gambar yang dibuat secara cermat akan menghindarkanmu dari lay out rumah yang kurang efektif.

 

2. Desain teras

Saya mulai dari depan dulu. Sebuah teras itu bisa dimaksimalkan dengan penataan yang pas. Misalnya warna dan motif keramiknya. Minimal bisa menjadi representasi rumah bagian dalam. Kemudian cocokkan juga bagian dinding dengan aksesori seperti pot, sangkar burung, atau bahkan taman buatan kamu di depan rumah.

 

3. Desain ruang tamu

Untuk ruang tamunya, perlu ditata dengan rapi dan teratur. Meskipun terasa sempit, kan bisa dibikin longgar. Terutama jalur masuk pintu depan yang terhubung dengan ruangan-ruangan lain. Soalnya bakal menjadi perhatian utama ketika tamu masuk. Kalau bagian teras itu mencirikan karakter rumahmu, maka ruang tamu itu mencirikan karaktermu.

 

Misalnya kamu suka yang serba bersih, lapang, dan bebas. Maka pada bagian dindingnya pilih warna cat biru muda atau hijau pupus. Bisa dikombinasikan dengan lukisan alam yang menyegarkan mata. Kemudian warna lantainya juga dibikin harmonis dengan ruangan. Pada langit-langitnya, pakai plafon yang mengikuti alur genting biar tampak lebih luas lagi.

 

4. Desain ruang tidur

Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti untuk kamar tidur. Karena kamar ini area pribadi, biasanya ruang ini yang paling jarang dilihat oleh tamu. Kalau kamu nggak mau buat senada dengan ruang tamu, boleh-boleh saja. Oleh karena itu, ekspresikan dengan tatanan yang kamu suka. Biar ketika ada yang rusak, soal biaya renovasi rumah enggak terlalu dipikirkan.

 

5. Desain dapur

Bisakah dapur dibikin minimalis? Tentu bisa. Kamu bisa menggunakan nakas dan juga peralatan dapur yang kekinian. Kalau kamu kekurangan dana untuk membeli itu semua, kamu bisa mengunakan pinjaman online Tunaiku. Agar dapur nggak tampak kotor, gunakan peralatan dapur stainless stell agar tampak kinclong.

 

6. Desain kamar mandi

Ruang kamar mandi pun bisa dibuat minimalis layaknya di hotel-hotel atau mal-mal kenamaan. Biasanya sih tata letak closet dan shower sudah tidak bisa diutak-atik lagi, ya. Nah, kamu bisa akali dengan penggunaan keramik dinding dan lantai yang sesuai dengan seleramu. Kamu juga bisa menambahkan wastafel di ujung ruangan.

 

7. Pesiapkan desain untuk lantai dua

Persiapan, siapa tahu suatu hari nanti kamu ada dana untuk membangun lantai dua maka sejak sekarang kamu harus buat perencanaannya. Kalau mau dicicil, kamu bisa untuk sementara gunakan lantai dua sebagai gudang. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuat terlalu detail dan tanpa finishing yang membutuhkan biaya besar.

 

Artikel terkait: cara menata dapur apartemen yang tepat agar kelihatan rapi

  1. Sontek, 9 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Hunian Apartemen Studio
  2. 5 Inspirasi Menata Dapur Mungil di Apartemen
  3. Perabotan Dapur yang Tanpa Kamu Tahu Banyak Kumannya, Ini Cara Atasinya!

 

Biaya renovasi rumah dengan Tunaiku

Setelah rumah tipe 36 selesai dibangun dan dihuni dalam waktu lama, tentu perlu renovasi. Biasanya yang paling mudah mengalami kerusakan ada pada genting dan cat dinding. Sedangkan untuk lain-lainnya mungkin soal perabotnya. Jadi biaya renovasi rumah tersebut bisa sekalian di cover dengan dana pinjaman online dari Tunaiku.

 

Di antara nasabah Tunaiku juga cukup banyak yang mengajukan pinjaman untuk biaya renovasi. Tunaiku memberikan pinjaman ringan antara Rp2—20 juta. Tenornya pun lebih longgar daripada tempat lain, yakni bisa sampai 20 bulan. Pas, kan? Kamu jadi bisa mencicil lebih ringan tiap bulannya.

 

Itulah beberapa ide desain rumah tipe 36. Jangan lupa untuk menjaga hati para penghuninya, ya. Biar nyamannya 100%.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett