Beranda > Gaya Hidup > 7 Aplikasi Handphone yang Bisa Bantu Atasi Depresi

7 Aplikasi Handphone yang Bisa Bantu Atasi Depresi

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
7 Aplikasi Handphone yang Bisa Bantu Atasi Depresiwatermark

TUNAIKU. COM – Tuntutan pekerjaan, kuliah, dan beban-beban lainnya bisa membuatmu semakin tertekan dan akhirnya depresi. Hal seperti inilah yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan mentalmu. Untuk lepas dari depresi, kamu butuh waktu untuk menenangkan diri atau bisa juga dengan mengunjungi psikiater. Namun, bagaimana jika kamu nggak punya waktu untuk melakukan dua hal itu? Nggak perlu cemas, 7 aplikasi di bawah ini bisa membantu kamu dalam mengatasi depresi yang kamu alami. Yuk, langsung saja disimak!

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Bisa Lakukan Agar Tetap Sehat

  1. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!
  2. 5 Diet yang Cocok untuk Capricorn Bikin Hidup Makin Sehat
  3. Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!

 

1. Riliv


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh riliv – Curhat Online Psikolog (@riliv) pada

Aplikasi karya anak bangsa ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi depresi. Reliv menyediakan dua layanan, yakni layanan gratis, di mana 50 mahasiswa psikologi yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya akan menjadi teman yang bersedia mendengarkan ceritamu. Jika ingin mendapatkan saran medis, kamu bisa berlangganan layanan premium. Layanan ini menyediakan enam psikolog profesional yang akan membantumu dalam melewati permasalahanmu.

 

2. Operation Reach Out
Meskipun awalnya diciptakan sebagai platform yang berfungsi untuk menangani kasus depresi di kalangan militer, aplikasi ini tersedia secara gratis dan akan membantu kamu yang memiliki keinginan untuk bunuh diri. Aplikasi ini memiliki fitur GPS sehingga bisa melacak keberadaanmu dan menyediakan video-video yang akan mampu membuat kamu merasa lebih tenang.

 

3. SAM


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Liv (@a_snowy_sunflower) pada

SAM atau Self-help Anxiety Management adalah aplikasi yang awalnya diciptakan untuk menghasilkan sumber daya kesehatan mental yang praktis. Melalui aplikasi ini kamu dapat mengelola kecemasan dan mengidentifikasi pemicunya. Kamu juga bisa berbagi pengalaman melalui aplikasi ini.

 

4. Pacifica


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Glory Muñiz (@glorymunizcruz) pada

Aplikasi ini menyediakan alat-alat holistik yang didasarkan pada terapi perilaku kognitif (CBT), kesadaran, relaksasi, dan kesejahteraan fisik secara umum yang akan membantu kamu dalam mengatasi depresi yang sedang dialami. Aplikasi ini menyediakan buku harian yang bisa kamu gunakan untuk meluapkan perasaan. Selain itu, ada juga fitur untuk memberi skor suasana hatimu dan perubahannya.

 

5. Depression CBT
Aplikasi yang satu ini akan memantau suasana hati kamu melalui tes penilaian yang melacak tingkat keparahan mood depresif, juga memberikan sumber untuk mengajarkan tentang pola pikir negatif yang mampu memperburuk keadaan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur audio dan relaksasi yang akan membantu kamu.

 

6. Mood Tools


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh be bright, be bold (@projectpositivitytrain) pada

Aplikasi yang tersedia secara gratis ini dikembangkan untuk mengidentifikasi gejala episode manik atau depresi dan kuesioner untuk mengetahui tingkat keparahan mood depresif kamu. Terdapat juga fitur buku harian, video relaksasi maupun penyemangat dari TED Talks, dan aktivitas khusus berdasarkan terapi CBT.

 

Artikel Terkait: Pelajari Setiap Musim dan Karakternya

  1. Musim Pancaroba, Konsumsi 6 Buah Ini untuk Mengatasi Radang Tenggorokan!
  2. 5 Destinasi Wisata Musim Panas Terbaik di Asia, Yuk Rencanakan Liburan!
  3. Bunga yang Cocok untuk Pernikahan di Musim Semi

 

7. Mindshift


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sarah Ann Gabrielse (@gemmyginger) pada

Aplikasi ini membantu kamu untuk belajar dan mempraktikkan keterampilan dalam mengatasi kecemasan yang dialami. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam metode untuk mengatasi kecemasan dan fitur-fitur lainyang mampu membantu kamu dalam melewati masa-masa depresi.

 

Depresi bukanlah fase atau kondisi yang mudah. Penderitanya harus mendapatkan dukungan dari tenaga profesional maupun orang-orang terdekat. Aplikasi yang dibahas di sini memang bisa membantu atasi depresi, akan tetapi lebih penting lagi bila penderitanya mendapatkan dukungan yang cukup baik dari pihak luar maupun dirinya sendiri. Semoga cepat sembuh, Kawan. Kamu nggak sendiri!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett