Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Diet Sehat yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

5 Tips Diet Sehat yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Diet Sehat yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badanwatermark

TUNAIKU.COM-Liburan tahun baru telah usai. Dan karena berdekatan dengan akhir pekan, alhasil liburan tahun baru kali ini bisa berlangsung lebih lama. Salah satu hal yang wajib dilakukan selama liburan adalah wisata kuliner, atau setidaknya makan bersama.  Nah, yang namanya makan bareng-bareng seperti ini nih, yang kadang membuat kita tanpa sadar makan melebihi porsi sehari-hari. Karena biasanya, saat hari raya atau liburan, makanan yang disajikan cenderung lebih banyak variasinya dan pastinya lezat-lezat.

 

Khilaf dan nggak sadar ternyata membuat timbangan berat badan naik beberapa kilogram. Kamu bakal shock, karena setelah liburan berat badan jadi membengkak. Akhirnya, kamu harus mencari cara agar berat badan menjadi ideal kembali. Jangan gunakan cara instan dengan minum suplemen peluruh lemak. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping di masa tua nanti. Nah, berikut ada lima tips diet sehat agar berat badan kembali stabil.

 

1. Perhitungan kalori adalah kunci

Banyak yang salah mengartikan tentang diet. Banyak orang beranggapan kalau melakukan diet adalah nggak makan sama sekali dalam waktu tertentu. Padahal, pola yang seperti ini dapat membuat badanmu lemas dan nggak baik untuk kesehatanmu. Karena, badan kan tetap membutuhkan asupan nutrisi dari makanan.

 

Sebenarnya rumus diet sangat mudah. Kamu hanya perlu menghitung berapa jumlah kalori yang harus masuk ke dalam tubuh. Kalori lah yang dapat memengaruhi berat badanmu sehingga perhitungan asupan kalori menjadi sangat penting saat kamu sedang diet. Kamu bisa menghitung dulu berapa kalori yang kamu butuhkan setiap harinya. Saat ini sudah banyak aplikasi ponsel yang bisa membantumu menghitung kalori harian sehingga kamu bakal tahu berapa idealnya kalori yang bisa masuk ke dalam tubuhmu.

 

Artikel Terkait: Tips Menjalani Diet

  1. Antigagal, Ikuti Langkah Diet Sehat ala Seleb Dunia Ini
  2. Sedang Menjalani Diet Keto? Hati-Hati dengan Kesalahan Ini!
  3. Tips Diet Paling Mudah Untuk Kamu yang Selalu Sibuk!

 

2. Nggak perlu takut makan makanan kesukaan saat diet

Kalau kamu sudah tahu kebutuhan kalori harian, kamu bisa bernapas lega saat teman memberikan kue favorit yang sayang banget kalau nggak dimakan. Kamu nggak khawatir karena sudah memperhitungkan berapa kebutuhan kalori harian dan sudah berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuhmu seharian ini.

 

Kamu juga bisa mengakalinya dengan menyediakan ruang khusus untuk makanan yang mengandung banyak kalori. Kalau misalnya malam nanti temanmu mengundang untuk makan-makan, sebaiknya saat pagi dan siang hari kamu sedikit menahan kalori yang masuk agar saat ke acara makan nanti kamu bisa makan dengan tenang tanpa takut berat badan kembali naik.

 

3. Pahami berbagai macam jumlah kalori pada makanan

Semakin kamu menerapkan perhitungan kalori, lama kelamaan kamu akan hafal dengan jumlah kalori pada tiap makanan yang ada di depanmu. Pada awalnya kamu bisa mencari tahu dulu berapa jumlah kalori pada berbagai macam makanan seperti gulai ayam yang memiliki sekitar 165 kalori atau sate kambing yang memiliki 729 kalori.

 

Terbiasa menghitung kalori akan memudahkanmu memperkirakan berapa banyak lagi kalori yang masih cukup kamu toleransi untuk masuk ke dalam tubuhmu. Kalau kamu kelebihan kalori, kamu juga bisa membuangnya dengan cara berolahraga. Lakukan olahraga cardio berupa lari di treadmill selama 30 menit paling nggak tiga kali seminggu. Lari di treadmill selama 30 menit bisa membantumu membuang 200 kalori lebih lho!

 

4. Minuman berkalori lebih berbahaya untuk dietmu

Kalori nggak hanya ada di makanan tapi juga minuman. Celakanya, kadang kita nggak sadar sudah memasukan banyak kalori dalam tubuh dengan minuman. Padahal sebenarnya kita masih lapar dan ingin makan makanan berkalori sehingga kalori yang masuk berlebihan.

 

Minuman berkalori ada di minuman soda dan minuman manis yang mengandung gula. Gula ternyata bisa menambah lemak di perut karena meningkatkan insulin yang bisa memproduksi lemak.

 

Terus gimana dong kalau kita minum jus dari buah-buahan? Jus dan buah-buahan manis tetapi memiliki nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Jadi, meskipun ada kandungan gula yang masuk tapi kamu bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin yang baik dari tubuhmu. Biar nggak kelebihan gula sebaiknya kamu mulai membiasakan minum air putih, teh tawar, atau infused water.

 

Artikel Terkait: Tips Agar Badan Tetap Sehat

  1. 5 Life Hack Simple yang Membuatmu Tetap Sehat
  2. 6 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Hindari
  3. Pakai Aplikasi Ini untuk Cek Kesehatan, Mudah dan Pantau Tubuh Tetap Fit!

 

5. Lemak nggak selamanya buruk

Kadang saat diet orang-orang akan menghindari makanan yang berlemak, padahal tubuh kita tetap membutuhkan lemak lho. Lemak ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak nggak jenuh. Lemak jenuh sendiri memang sebaiknya kamu hindari karena dapat menyebabkan penyakit di kemudian hari kalau terlalu banyak ada di dalam tubuh. Lemak jenuh terdapat dalam makanan seperti daging merah, mentega, minyak kelapa, dan keju.

 

Sedangkan lemak nggak jenuh adalah lemak yang perlu kita konsumsi karena mengandung zat antioksidan dan bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Lemak nggak jenuh di antaranya ada pada salmon, tuna, makarel, alpukat, selai kacang, dan berbagai macam biji-bijian. Jadi, sekarang kamu nggak takut makan makanan mengandung lemak asal kamu sudah tahu mana lemak yang baik untuk dikonsumsi.

 

Itulah cara-cara diet sehat yang bisa kamu coba. Yuk, semangat buat mengawali tahun dengan badan sehat!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett