Beranda > Finansial > Yuk, Terapkan 10 Trik Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berumur 30 Berikut!

Yuk, Terapkan 10 Trik Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berumur 30 Berikut!

Yuk, Terapkan 10 Trik Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berumur 30 Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Apabila usia 20-an identik dengan passion yang menggebu-gebu, usia 30-an seseorang cenderung menjadi lebih kalem dan tenang.  Di tahap ini, kamu seharusnya menjadi lebih bijak dan bertanggung jawab karena banyak keputusan besar yang harus diambil.

Menjelang 30, biasanya sih kamu baru sadar bahwa ada banyak hal yang seharusnya sudah dilakukan, terutama mengenai manajemen finansial. Apalagi di usia 30-an kelak umumnya kamu sudah berada di posisi karir yang cukup tinggi. Nggak mau kan keteteran?  

Sebagai pengingat, yuk simak 10 trik keuangan yang harus kamu lakukan sebelum berumur 30 berikut ini.  

  1. Membaca buku mengenai pengelolaan keuangan
    Belajar adalah proses tanpa henti, apalagi yang namanya belajar mengola keuangan. Karena memang nggak ikut pelajaran formal, kamu bisa kan belajar melalui buku-buku ringan seputar mengelola keuangan pribadi?

    Coba, deh, intip buku berjudul “Untuk Indonesia yang Kuat: 100 Langkah untuk Tidak Miskin”oleh Ligwina Hananto atau buku “Make It Happen, Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi” karangan Prita H Ghozie.  Dijamin bikin kamu terinspirasi!

    2. Sudah mengerti prinsip auto-debet
    Auto-debet artinya kamu sudah mengeset rekeningmu untuk langsung memotong sepersekian dari gaji untuk disimpan. Jadi enggak perlu khawatir terlupa atau repot-repot setoran ke bank. Auto-debet nggak hanya untuk tabungan, tapi juga bisa untuk mengirim ke orang tua.  

    3. Tahu cara menyeimbangkan gaya hidup dan kemampuan
    Sesungguhnya yang mahal itu adalah gaya hidup, bukan kebutuhan hidup. Supaya nggak kebawa terus sampai usia 30 kelak, mulai sekarang kamu sudah harus cerdas membatasi konsumsi atas hal-hal yang nggak perlu-perlu amat.

    4. Berani negoisasi gaji
    Di kantor pertamamu, mungkin kamu masih takut-takut minta gaji lebih. Tapi, kalau masa kerjamu sudah berjalan lebih dari 3 tahun, seharusnya udah mulai lihat negoisasi. Ketahui dengan baik seberapa baik kemampuanmu, dan berapa harga yang pantas kamu terima.

    5. Asuransi disesuaikan dengan kebutuhan
    Asuransi itu langkah yang bijak untuk melindungi diri dan orang-orang yang kamu cintai. Di artikel ini,  Tunaiku udah pernah menjelaskan 4 jenis asuransi yang harus kamu miliki di usia 20-an, lho. Udah pada punya?

    6. Prioritas membayar hutang supaya tagihan nggak menumpuk
    Semakin besar nilai hutang, biasanya bunganya pun semakin besar. Makanya, prioritas untuk membayar hutang dengan nilai terbesar, supaya nilainya nggak dobel gara-gara bunga. Setelah itu, baru lunasi yang kecil-kecil.

    7. Membuat anggaran bulanan dan benar-benar mematuhinya
    Sejauh ini mungkin anggaran bulanan hanya jadi sekadar coretan di buku agenda. Sedikit demi sedikit, mulai berjanji dan konsisten untuk mengikuti rencana yang kamu buat. Kemudian evaluasi apakah sudah sesuai dengan harapan atau belum.

    8. Mulai mempersiapkan dana pensiun
    Setahun dua tahun berlalu, nggak kerasa kamu udah di ambang dunia pensiun. Supaya nggak merepotkan anak-anakmu kelak, mulai rancang kehidupan pensiun seperti apa yang kamu inginkan.

    9. Memiliki tabungan darurat
    Untuk nominalnya, beberapa ahli menyarankan untuk memiliki tabungan darurat yang setara dengan biaya hidupmu selama enam bulan. Kalau di Jakarta, berarti kira-kira sebesar Rp 18 juta, ya. Tapi, lebih besar lebih baik, kok, untuk mengantisipasi keadaan darurat jika kamu mendadak dipecat atau sakit berat.

    10. Memperkirakan rencana-rencana berdana besar yang akan terjadi
    Misalnya, kamu harus memasukkan rencana pernikahan, rumah, kuliah si adik, memberangkatkan orangtua haji, dan lain-lain. Apabila kamu sudah memasukkan rencana ini di hidupmu, pasti deh dengan sendirinya kamu akan menyesuaikan gaya hidupmu demi mewujudkannya.

Tuh, setelah  dilihat-lihat, nggak sulit kan untuk melaksanakannya, Kawan Tunaiku? Yuk, mulai bersiap dari sekarang dengan dengan mengikuti 10 trik keuangan yang harus kamu lakukan sebelum berumur 30 di atas. Selamat mencoba!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett