Beranda > Finansial > Untuk Sagitarius, Ini 5 Langkah Menabung yang Tepat

Untuk Sagitarius, Ini 5 Langkah Menabung yang Tepat

PAULUS RISANGPaulus Risang
Untuk Sagitarius, Ini 5 Langkah Menabung yang Tepatwatermark

TUNAIKU.COM – Sagitarius terkenal sebagai zodiak yang boros. Ketika Sagitarius memiliki uang, mereka akan langsung membelanjakannya, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Salah satu kegemaran Sagitarius adalah jalan-jalan, termasuk jalan-jalan ke mal.

 

Di sisi lain, Sagitarius selalu mendapat keberuntungan soal uang. Ada saja rejeki tambahan yang datang untuk mereka. Oleh karena itu, Sagitarius jarang mengalami masalah keuangan.

 

Sagitarius harus memahami bahwa uang bisa habis sewaktu-waktu. Mereka perlu menyisihkan uang untuk masa depan. Jangan selalu berharap uang akan datang setiap saat. Percuma saja kalau pendapatanmu banyak, tapi pengeluaranmu juga banyak, akhirnya uangmu nggak pernah tersisa. Sagitarius perlu mengendalikan diri terhadap uang. Nah, berikut langkah yang tepat untuk menabung!

 

Artikel Terkait: Alasan Kamu Wajib Punya Tabungan

  1. 5 Alasan Wajib punya Tabungan di Usia 20 an, Ini Sebabnya!
  2. Serba-serbi Tabungan Deposito yang Perlu Kamu Ketahui
  3. 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Tabungan Rencana

 

1. Berikan pinjaman uang pada orang yang membutuhkan saja

Sagitarius terkenal sebagai zodiak yang dermawan. Jika ada teman yang membutuhkan uang, mereka nggak segan-segan untuk memberikan bantuan. Saking baiknya, mereka kadang lupa apakah pernah meminjamkan uang pada orang lain.

 

Sebaiknya, Sagitarius mulai memperhitungkan sebelum memberikan uang pada orang lain. Pastikan bahwa ia adalah orang yang benar-benar dalam kondisi darurat dan pantas untuk diberikan bantuan. Jangan terlalu mudah memercayai orang lain.

 

2. Mengatur keuangan ketika awal bulan

Sagitarius si zodiak yang selalu hoki wajib untuk mengatur keuangan. Atur keuangan ketika awal bulan setelah gajian. Sisihkan uang untuk tabungan di awal bulan, jangan menunggu di akhir bulan karena di akhir bulan kamu akan merasa kekurangan uang. Akhirnya, nggak jadi nabung lagi, deh!

 

Alangkah baiknya jika uang yang dimiliki digunakan sesuai kebutuhan. Ada banyak referensi yang bisa digunakan Sagitarius untuk mengatur keuangan. Salah satunya dengan menggunakan pola 50:30:20. Sebanyak 50% dari gaji digunakan untuk membayar seluruh kebutuhan sehari-hari, 30% untuk membayar cicilan, dan 20% untuk menabung.

 

3. Menentukan skala prioritas

Kamu harus menentukan prioritas, mana kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Jangan sampai uang habis untuk hal-hal yang nggak berguna.

 

Ketika ada uang, langsung alokasikan untuk biaya kebutuhan sehari-hari, cicilan, dan tabungan. Hitung dulu biaya makan, transportasi, uang indekos. Setelah kebutuhan sehari-hari terpenuhi, alokasikan juga untuk biaya hiburan dan traveling.

 

Hindari penggunaan kartu kredit agar kamu nggak masuk lingkaran setan. Ketika mendapatkan bonus tahunan, jangan langsung dihabiskan. Masukkan uang tersebut ke rekening tabungan atau investasikan dalam bentuk saham. Jangan lupa, sediakan uang darurat ketika sewaktu-waktu membutuhkan.

 

4. Menyewa konsultan keuangan

Konsultan keuangan diperlukan ketika Sagitarius sudah kelewat batas dalam mengelola keuangan. Pentingnya memiliki konsultan agar ada orang yang mengawasi keuangan Sagitarius.

 

Seorang konsultan keuangan pasti tahu bagaimana cara mengelola keuangan dan hitung-hitungan soal persentase uang yang harus keluar. Dengan begitu, Sagitarius akan berpikir dua kali ketika memiliki uang, karena sudah diawasi oleh konsultan keuangan.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Menarik untuk Zodiak Sagitarius

  1. 10 Kesalahan dalam Menjalin Hubungan yang Sering Dilakukan Sagitarius
  2. Ungkap Arti Sukses Bagi Zodiak, Bukan Melulu Soal Uang dan Materi
  3. Cara Masing-masing Zodiak untuk Mengatasi Stres

 

5. Gunakan aplikasi pengelola keuangan

Kini, banyak sekali aplikasi di smartphone yang bisa kamu unduh untuk membantu mengontrol keuangan. Kamu hanya perlu mencatat pendapatanmu di awal bulan, lalu setiap malam sebelum tidur ingat kembali apa saja yang kamu bayar hari ini.

 

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui ke mana saja uangmu telah habis digunakan. Apakah untuk makan, membeli gadget, berbelanja implusif, atau membeli skin care? Terkadang, kita nggak sadar kalau ada biaya-biaya sepele yang kalau dilakukan setiap hari ternyata membuat uang cepat habis. Jadi semakin tahu, kita sebenarnya boros atau tidak?

 

Cara-cara ini bisa kalian terapkan wahai Sagitarius. Kendalikan pengeluaranmu agar nggak mengalami kesulitan keuangan di masa depan, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett