Beranda > Finansial > Untuk Investasi, Ini Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominium

Untuk Investasi, Ini Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominium

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Untuk Investasi, Ini Perbedaan Rumah Susun, Apartemen dan Kondominiumwatermark

TUNAIKU.COM– Di kota-kota besar seperti Jakarta, hunian vertikal menjadi sangat populer dan banyak peminatnya. Lagipula, para pegiat properti juga lebih memilih untuk mengembangkan hunian vertikal daripada rumah biasa karena keterbatasan lahan.

 

Tak heran, rumah hunian vertikal menjadi tren pasar yang membawa keuntungan lebih. Apalagi kalau properti tersebut dijadikan barang investasi.

 

Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi rumah hunian vertikal tersebut, kira-kira mana yang akan kamu pilih? Rumah susun, apartemen, atau kondominium? Sebelum memutuskan mau berinvestasi di mana, kamu harus tau dulu perbedaan dari ketiganya. Simak ulasan berikut, yuk.

 

Rumah Susun

Istilah rumah susun ini disebutkan dalam Pasal 1 Ayat 1 Undang-undag no 20 tahun 2011 tentang Rumah Susun. Rumah susun didefinisikan sebagai bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian yang distrukturkan secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal, dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama.

 

Artikel Terkait: Cek Perabotan untuk Mengisi Rumahmu, yuk

  1. Baru Nikah? Ini Tips Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru
  2. Masih Bingung di Mana Mengisi Perlengkapan Rumah Tangga Kalian? 5 Pasar Ini Bisa Menjadi Pilihan!
  3. Buat Pasangan Muda, Mendingan Mengontrak Rumah atau Ambil KPR, Ya

 

Meskipun di Pasal tersebut nggak ada sebutan lain untuk rumah huniah vertikal lain selain rumah susun, tapi sebenarnya ada perbedaan antara rumah susun, apartemen dan kondominium, lho. Biasanya perbedaan rusun atau rumah susun dengan apartemen dan kondominium adalah terletak pada fasilitas yang ditawarkan.

 

Rumah susun hanya memiliki fasilitas dasar yang dapat digunakan bersama namun apartemen dan kondominium memiliki fasilitas penujang yang lebih lengkap seperti tempat parkir luas, kolam renang, fitness atau gym area, hingga fasilitas keamanan yang memadai.

 

Apartemen

Meskipun ngga terlalu ada perbedaan yang spesifik antara apartemen dan kondominum tapi kamu bisa membedakan keduanya dari segi penggunaan istilahnya. Apartemen sendiri berasal dari Amerika Serikat yang menggunakan kata tersebut untuk menyebut satuan hunian tertentu yang berada di dalam sebuah gedung. Dalam satu gedung biasanya terdapat puluhan hingga ratusan unit hunian atau apartemen. Kalau istilah di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran apartemen memiliki nama lain berupa flat.

 

Apartemen biasanya disewakan meski kini sudah banyak apartemen yang dapat dimiliki secara pribadi. Untuk penyewaannya sendiri apartemen terbagi menjadi dua yaitu apartemen servis dan apartemen sewa. Bedanya adalah apartemen servis kamu bisa menyewa apartemen tersebut lengkap dengan layanan harian. Sedangkan kalau apartemen sewa kamu hanya menyewa unit hunian tersebut tanpa adanya layanan harian.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminana, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, investasi properti, rumah susun. apartemen, kondominium

 

Kondominium

Istilah kondominium berasal dari sistem hukum Italia. Kondominium sendiri berasal dari kata con yang artinya bersama-sama dan dominium yang artinya kepemilikan bersama. Jadi secara definisi kondominium berarti rumah hunian dalam sebuah real estate yang bisa dimiliki secara pribadi unit dari hunian tersebut. Sedangkan akses dan fasilitas umum dimiliki secara hukum oleh pemiliki bangunan real estate secara keseluruhan.

 

Namun, meski begitu, pemilik kondominium berhak untuk menggunakan segala fasilitas yang ada di dalam real estate tersebut. Pemilik kondominium bisa menyewakan atau menjual kondominium miliknya kepada orang lain. Karena hunian tersebut secara hukum memiliki kepemilikan maka pemiliknya bebas melakukan apapun terhadap hunian yang telah dimiliki.

 

Artikel Terkait: Pilih – Pilih Tanaman untuk Rumah Kamu

  1. 5 Tanaman Obat Serba Guna yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
  2. 7 Tanaman Anti Stres yang Cocok ditanam di Rumah
  3. 5 Jenis Tanaman Rumah yang Bermanfaat Bahkan Bisa Dijadikan Bisnis

 

Status kepemilikan menjadi hal yang membedakan antara apartemen dan kondominium. Namun, karena kini apartemen pun sudah banyak yang bisa dimiliki secara pribadi, membuat keduanya nggak banyak memiliki perbedaan. Mungkin bisa dikatakan hampir sama. Tergantung pada istilah mana yang lebih kamu suka.

 

Sekarang sudah tahu penggunaan istilah antara rumah susun, apartemen dan kondiminium, bukan? Kalau disuruh memilih untuk berinvestasi di salah satu dari ketiganya, kamu akan pilih yang mana?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett